Kamis, 05 Oktober 2017

Kandungan Gizi Daging Ayam dan Telur Membuat Sehat dan Cerdas

Telur ayam dan daging ayam adalah makanan favorit kami sekeluarga. Khusus untuk telur ayam, ketersediannya selalu ada di rumah alasannya karena telur  solusi cepat untuk keadaan darurat lapar karena bangun kesiangan - sementara anak – anak dan Ayahnya  harus sarapan sebelum pergi ke sekolah dan kantor - atau tengah malam lapar karena keasikan begadang.   

TELUR
stok telur di rumah 
Kebiasaan menyetok telur ini saya tiru dari Ibu. Dan saya selalu ingat nasehatnya,”Minimal anak – anak dikasih makan telur dan sayur hijau bening, jangan cuma kerupuk dan kecap, tidak ada gizinya.” Kalau diingat – ingat itu juga yang terjadi pada kami saat kecil, kalaupun keuangan keluarga sedang menipis lauknya tetap telur, walaupun satu telor untuk berdua.

Untuk ukuran orang yang tinggal diperkampungan dengan lingkungan menengah ke bawah secara ekonomi dan status sosial, pengetahuan Ibu soal pemenuhan gizi keluarga saya acungi jempol dan itu saya sadari setelah dewasa dan memiliki anak – anak. Saya pun jadi tahu alasan Ibu memilih telor, karena kandungan gizi telur cukup lengkap, mengandung beragam vitamin, mineral dan proteinnya sangat bagus untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak - anak. Mungkin itu salah satu faktor yang membuat kelima anak Ibu tumbuh sehat dan cerdas.





Alhamdulillah saya sekeluarga penyuka telur terutama telur ayam, apalagi anak – anak. Walaupun sama – sama suka telur kami mempunyai olahan telur favorit berbeda.

Tiga alasan  saya memilih telur ayam sebagai stok yang harus selalu ada  di dapur  untuk solusi darurat lapar atau menu harian;

Mudah didapat dan harganya  murah  
Telur ayam lebih mudah didapat dan hampir semua warung kelontong menjualnya. Sedangkan telur unggas lain seperti telur bebek dan telur burung puyuh walaupun bisa dikonsumsi dan kaya kandungan gizinya, ketersediannya  hanya di pasar – pasar.

Saat blog post ini ditulis harga telur di warung tetangga tempat biasa saya beli perempatnya Rp.6000.- isi 4 butir telur. Kalau beli di pasar lebih murah. Jika dirata – ratakan harga sebutir telur Rp 1500.- . Ini termasuk murah lho karena harga kerupuk saja sudah 1000 , jajanan anak – anak seperti snack chiki atau wafer kisaran  1000 sampai 2000.

Berdasarkan data survey pemerintah konsumsi masyarakat Indonesia hanya 100 butir per orang pertahun, sedangkan konsumsi rokok mencapai lebih dari 1.100 batang per orang per tahun. Fakta yang cukup membuat miris ya padahal kandungan gizi telur dibutuhkan tubuh, terlebih untuk anak – anak  agar tumbuh sehat dan cerdas.

Disinilah perlunya turut serta menyebarkan edukasi pada sekitar betapa sebutir telur akan lebih berharga bagi seorang anak daripada sebatang rokok yang dihisap Bapaknya. Seperti cerita dalam video yang bisa ditonton di sini 

Rasanya enak,  pengolahan praktis dan dapat dikonsumsi semua anggota keluarga
Telur memiliki citarasa enak dan gurih. Jika dijadikan campuran dalam olahan menambah cita rasa. Coba saja misalnya kita membuat agar - agar, satu adonan ditambah telur, satu adonan tanpa telur, citarasanya jauh berbeda. Yang memakai telur lebih enak dan gurih.

Karena rasanya yang enak dan gurih ini hampir semua orang suka terlebih anak – anak. Kalau ada anak – anak yang tidak suka telur mungkin harus dicoba cara  pengolahan dan penyajiannya yang cocok dengan selera mereka. Telur mudah diolah dengan beragam kreasi yang mudah dan  praktis. Telur orek, ceplok mata sapi, bumbu balado, telur dadar dengan irisan cabe rawit dan daun bawang, disemur atau telur dadar tahu dengan bumbu kacang, ehm mantap sedap.



Telur baik dikonsumsi semua level usia, namun untuk bayi yang tengah MPASI pemberian telur harus diperhatikan untuk mengetahui adanya tidak alergi, penjelasannya ada di paragraf berikutnya.

Kandungan gizi tinggi
Telur disebut juga makanan super karena kandungan gizinya yang lengkap. Telur mengandung protein, lemak, air,  mineral dan vitamin (kecuali vitamin C). Telur merupakan sumber protein dengan kualitas prima. Kualitas protein suatu  bahan makanan ditentukan oleh komposisi asam amino dan kemudahannya dicerna. Protein telur sangat mudah dicerna dan komposisi asam aminonya sangat dibutuhkan tubuh.

Kuning telur lebih sarat dan lengkap kandungan zat gizinya walaupun begitu sebaiknya telur konsumsi bagian putih dan kuningnya. Bagian putih telur hampir murni protein.

Kandungan gizi telur dan manfaatnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini;

 
Knadungan gzi telur dan fungsinya 
Kandungan gizi telur dan fungsinya


Mitos dan  Fakta Seputar Telur
Makan telur kan bisa  kolesterol, bisulan, pemicu alergi pada anak, menyebabkan penyakit jantung dan sederet efek negative lainnya yang kerap kita dengar. Pada saat bersamaan kita juga sering mendengar,”Makan telur biar sehat dan pintar.” Semua pernyataan  itu fakta atau hanya mitos?

Makan telur membuat pintar dan sehat, mitos atau fakta?
Telur mengandung banyak zat gizi yang berperan penting dalam pembentukan  dan perkembangan sel saraf dan sel otak, diantaranya asam folat, protein, kholin dan sejumlah vitamin mineral. Seperti kita ketahui perkembangan sel otak pada manusia terjadi sejak pembuahan hingga berusia kurang lebih 3 tahun. Tak heran jika Ibu hamil/menyusui dan anak – anak yang tidak alergi sangat disarankan mengkonsumsi telur karena kandungan gizi telur bagus untuk pembentukan dan perkembangan sel – sel otak janin dan anak - anak.

Sedangkan protein berperan dalam pembentukan jaringan baru dalam tubuh.

Faktanya makan telur memang membuat sehat dan pintar.

Kebanyakan makan telur menyebabkan bisul, mitos atau fakta?
Alergi telur terjadi karena sistem kekebalan tubuh menganggap protein telur sebagai benda berbahaya bagi tubuh sehingga antibodi merespon dengan melepaskan senyawa histamine atau senyawa kimia lain. Respon inilah yang memunculkan gejala alergi telur seperti ruam kemerahan di kulit, mual atau sakit kepala.

Bisul adalah peradangan pada kulit, nanah yang dihasilkan bisul merupakan hasil ‘pertempuran’ antara sel darah putih dengan bakteri penyebab bisul. Jadi bisul yang selama ini dianggap karena makan telur kemungkinan karena infeksi yang terjadi pada ruam (karena alergi telur) akibat masuknya bakteri asing melalui garukan tangan.

Faktanya makan telur tidak menyebabkan bisul.


Kebanyakan makan telur menyebabkan jantung dan kolesterol, mitos atau fakta?
Dari sebuah artikel di media massa yang pernah saya baca, konsumsi telur orang Jepang sangat tinggi, sekitar 328 telur perorang pertahun, tapi kadar kolesterol orang Jepang cenderung rendah. Ini karena lemak jenuh pada telur sangat sedikit sehingga sehat dikonsumsi.

Kelebihan kolesterol dalam darah disebabkan  berlebihnya konsumsi lemak jenuh yang didapat saat mengkonsumsi gorengan, junk food atau penggunaan minyak goreng berkali – kali dan pola yang hidup yang tidak sehat. Seperti jarang mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan dan tidak rutin berolahraga.

Faktanya telur bukan penyebab penyakit jantung dan kolesterol.


Telur memicu alergi pada bayi dan anak – anak, mitos atau fakta?
Seorang bayi yang alergi pada telur dan diberi ASI Eksklusif anak menunjukkan gejala alergi saat Ibunya mengkonsumsi telur. Jadi jika saat ASI eksklusif Ibu mengkonsumsi telur dan si kecil tidak menunjukkan gejala alergi, kemungkinan anak tidak akan alergi.

Namun begitu, untuk kehati – hatian jika saat MPASI diberi telur, lihat reaksi setelah beberapa jam si kecil diberi telur, timbul gejala alergi telur atau tidak? Jika timbul gejala alergi telur seperti ruam dikulit dan muntah (gejala yang paling sering adalah ruam di kulit),  jangan diberi telur hingga jangka waktu tertentu. Ini berlaku bukan hanya untuk telur juga makanan lain seperti seafood.

Alergi telur pada anak  umumnya akan berkurang hingga hilang seiring bertambahnya usia hal ini karena sistem pencernaan dan  daya tahan tubuh anak sudah terbentuk sempurna. Jadi jika saat si kecil berusia 1 tahun alergi telur, dicoba lagi makan telur di usia 2 tahun, begitu seterusnya untuk mengetahui apakah alergi sudah sembuh atau belum.

Faktanya tidak semua anak alergi pada telur dan alergi telur umumnya akan sembuh sebelum anak masuk usia remaja.

 AYAM
Olahan daging ayam favoritnya saya Ayam Woku khas Menado, aroma rempah dan cita rasa gurih, asam dan pedasnya bikin nambah nasi lagi dan lagi. Kalau anak – anak diolah apapun suka asalkan tidak pedas.

ayam woku

Resep Ayam woku bisa lihat di blog masakan saya di Resep Ayam Woku

Hampir semua orang suka makan daging ayam, salah satunya karena rasanya yang enak. Tekstur dagingnya pun relatif lunak jadi saat memasaknya tidak perlu waktu lama agar empuk. Karena teksturnya yang lunak, daging ayam mudah diolah menjadi beragam kreasi rumahan seperti baso atau chicken nugget. Tak perlu penggilingan khusus untuk menghaluskannya cukup diblender.

Olahan daging ayam menjadi baso atau chicken nugget juga menjadi salah satu favort kami di rumah. Biasanya saya membuat dalam jumlah agak banyak untuk disimpan sebagai stok di freezer.

Mengapa daging ayam penting dikonsumsi? Tentunya bukan  sekedar rasanya enak, lebih dari itu daging ayam mengandung protein berkualitas tinggi. Ukuran protein berkualitas tinggi karena mudah dicerna dan mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.

Zat gizi lain yang dikandung ayam adalah lemak, vitamin, mineral dan air. Beberapa vitamin dan mineral yang di kandung daging ayam ada yang sama dengan telur seperti zat besi, vitamin A dan vitamin B1. Zat gizi lain yang dikandung ayam adalah lemak, vitamin, mineral dan air. Kadar protein daging ayam kurang lebih sekitar 18%. Salah satu vitamin yang terdapat dalam daging ayam tapi tidak terdapat dalam telur adalah vitamin C. Vitamin C berperan penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daging ayam mengandung senyawa kimia yang disebut niacin yang mampu mencegah kanker dan menghindari kerusakan sel – sel DNA pencetus kanker. 

Harga daging ayam memang tidak semurah telur tapi saya punya trik yang saya contek dari Ibu, bagaimana mengolah daging ayam yang tidak sampai satu kilo  bisa dinikmati semua anggota keluarga dengan penuh sukacita dan menyehatkan. Salah satunya dibuat sayur sop atau soto.

Boleh baca resep soto ayam

Mitos dan fakta seputar daging ayam

Daging ayam banyak disuntik hormon, mitos atau fakta?
Saya termasuk yang beranggapan ayam  broiler cepat besar karena disuntik hormon ternyata tidak benar karena harga satu dosis hormon untuk satu kali suntik rp 65.000,- sedangkan harga jual ayam di peternak kisaran 20 ribuan/ekor. Jadi tidak logis jika peternak menyuntik ayamnya dengan hormon. 


Proses pertumbuhan ayam pedaging (broiler) yang cepat adalah hasil persilangan dengan kaidah ilmu genetika sehingga dihasilkan dengan mutu genetik bagus. Persilangan genetika unuk menghasilkan produk dengan kualitas baik terjadi juga pada produk komoditi pertanian seperti padi, jagung dan kedelai. 


Faktanya ayam broiler adalah hasil silangan genetika 

Daging ayam mengandung banyak lemak, mitos atau fakta?
Tubuh membutuhkan lemak sebagai sumber energi (selain dari karbohidrat), lemak juga bermanfaat melarutkan vitamin yang tidak larut dalam air seperti vitamin A, D, E dan K. Lemak membantu dalam proses pembentukan jaringan dalam tubuh dan berfungsi sebagai bantalan bagi organ-organ tertentu. 

Yang berbahaya adalah jika lemak dalam tubuh sudah berlebih. Kadar lemak dalam daging ayam sekitar 25% dan itu banyak terdapat pada kulit ayam, hati dan ampela. Jadi jika sudah merasa lemak dalam tubuh berlebih (pasti tahu lah ya dari timbangan badan hehehe) saat makan ayam jangan makan kulit dan jeroannya, pengolahannya pun sebaiknya tidak digoreng dengan minyak yang sudah berkali – kali di pakai.

Faktanya lemak dalam daging ayam memang tinggi tapi pengaruhnya pada kesehatan kita tergantung mengolahan, bagian yang dimakan (jeroan dan kulit yg mengandung banyak lemak) dan tentu saja  gaya hidup. Makan harus diimbang dengan sayur dan buah dan jangan lupa olahraga.

Daging ayam beku kurang berkualitas, mitos atau fakta?
Beberapa tahun lalu saya sempat ragu beli ayam beku karena karena kesannya tidak segar, karena dari waktu potong ke waktu konsumsi jauh. Tapi setelah tahu dan paham istilah ayam dingin segar saya jadi tahu justru ayam beku terjaga kualitasnya selama penyimpanan karena tidak ada bakteri yang menempel.

Ayam yang sudah dipotong dan tidak langsung dikonsumsi sebaiknya disimpan dalam suhu dingin. Lalu bagaimana jika membeli ayam di pasar tradisional yang tidak memiliki pengatur suhu seperti  di supermarket? Saran saya jika membeli ayam dipasar sebaiknya pagi hari karena biasanya ayam dipotong pagi sekitar pukul 3.

Faktanya keadaan beku menjaga kualitas ayam dan terhindar dari bakteri.

Tips memilih dan menyimpan telur dan daging ayam
Pilih telur yang pada kulitnya tidak banyak menempel kotoran ayamnya. Kulit telur berwarna cerah dan tidak berbau.

Sebaiknya membeli daging ayam dalam keadaan dingin segar (ayam yang disimpan dalam suhu dingin), jika membeli di pasar sebaiknya pagi hari karena ayam biasanya dipotong pagi sekitar jam 3 malam.

penampakan ayam segar


Jika ayam yang dibeli tidak akan langsung digunakan, simpan dalam chiler atau freezer. Penyimpana ayam dalam keadaan beku akan mempertahan kualitas gizi yang terkandung dalam daging ayam.

Hari Ayam dan Telur Nasional atau HATN
Jujur saya baru tahu kalau ada Hari Ayam dan Telur Nasional baru baru ini, padahal HATN sudah dicanangkan sejak tahun 2011 dan gagasan World Egg Day (WED) dicanangkan sejak tahun 1996. Peringatan HATN tahun 2017 ini mengangkat tema ‘Ayam dan Telur Makanan Kita Semua,’ tak lain mengajak masyarakat luas untuk mengkonsumsi daging ayam dan telur karena kandungan gizinya sangat bagus dan harganya  terjangkau. Meluruskan mitos – mitos seputar daging ayam dan telur yang selama ini beredar di masyarakat.

Setelah tahu mana fakta dan mana mitos, tidak ragu lagi kan untuk makan daging ayam dan telur? 

Kendali gaya hidup sehat sebenarnya ada pada diri kita, makan makanan bergizi seimbang lengkap dengan sayur dan buah disertai olahraga. Tapi menjalaninya tidak semudah yang diucapkan hehehe banyak godaan dan alasan untuk tidak olahraga, begitupula makan junk food yang tidak sehat tapi enak. Yang pasti jangan takut makan daging ayam dan telur karena studi ilmiah membuktikan kandungan gizi keduanya sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan.



Referensi tulisan
www.pinsarindonesia.com
www.internationalegg.com
Makanan untuk tumbuh kembang otak Penerbit Gaya Favorit Press 2003
www.thinkegg.com/index.php/25-2
www.khasiat.co.id








18 komentar:

  1. Kami peternak ayam kampung skala rumahan. Kalau induknya bertelur, telurnya suka saya curi sebagian. Hahaha jadi yang dierami sebagian, kami makan sebagian...

    Sukses ya lombanya. Saya mah gak keburu nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaknya punya piaraan ayam sendiri telor tinggal ambil hehehe.
      makasih .

      Hapus
  2. Everyday ayam dan telur gak pernah bosan

    BalasHapus
  3. sekeluarga suka telur dan ayam heheheh

    BalasHapus
  4. Ayam woku nya tampak enak. Telur harus selalu ada di kulkasku, soalnya paling gampang dimasak dan dikreasikan. Ayam ungkep juga, menu wajib di rumah :)

    BalasHapus
  5. Di rumah telur dan ayam ini hampir selalu ada. Emang yang paling murah dan gampang diolah ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telur pas untuk keadaan darurat bangun kesiangan heheh

      Hapus
  6. Tadi sore menunya telur orak arik. Besok kayaknya mau bikin ayam gireng

    BalasHapus
  7. Suami saya kan diet makan sehat tinggi protein, jd telur harus selalu ada di rumah. Bener sih saat kepepet kalau sedia telur kyknya mau masak apa aja beres hehhhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba apalagi kalau bangun kesiangan hehe

      Hapus
  8. Makanan yang tak pernah bosan, dari kecil mungkin ini alasan ibu kasih aku makan sama telur, ya karena kandungan gizinya banyak..
    Nice share..

    Dulu di rumah ada peliharaan ayam, dan tiap pagi suka ambil gitu kalau udah bertelur, tapi semakain kesini makin berkurang.he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kandungan gizi tinggi harga murah ya

      Hapus
  9. sama mba, anak2 saya juga suka telur dan ayam. stok telur di rumah itu penting, karena telur mudah diolah

    BalasHapus
  10. Anakku lagi suka banget telur ceplok, td pagi aku beli 1 kilo 20.500

    BalasHapus
  11. Aku kalau masak sendiri palings ering ya telur sama ayam ini mba, ikan jarang. Suka banget sama ayam dan telor pokoknya. Hebat euy bisa masak ayam woku, kapan2 ditiru ah resepnya :)

    BalasHapus
  12. Ayam dan telur selalu jadi andalanku mbak. Biasanya aku stok telur. Ayam juga, biasanya langsung aku olah dan disimpan di kulkas

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...