Kamis, 21 September 2017

Transpulmin, Redakan Lelah dan Gejala Influenza si Anak Aktif

Anak - anak di usia aktif 
Selfie sebelum pulang. 

smile
Wajah Kaka langsung sumringah begitu diajak selfie setelah sebelumnya terduduk lemas di samping setelah meneguk bekal minumnya hingga tandas. Saya bisa membayangkan kelelahannya karena kegiatan kepanduan yang baru diikutinya dilakukan di lapangan di tengah panas terik. Kasian tapi itu salah satu cara anak – anak keluar dari zona nyaman dan belajar banyak hal.

Kalau biasanya Kaka diantar jemputan sekolah, setiap hari jumat Mama yang harus jemput karena supir jemputan  keberatan jika hanya menjemput satu orang,  karena siswa  lainnya pulang jam setengah dua belas. Walaupun awalnya bete  (karena jam menjemput sama dengan jam tidur siang Adik yang artinya saya bisa me time) setelah dijalani bersyukur karena bisa melihat momen Kaka berkegiatan,   Adikpun senang karena tidak tidur siang dan kita bisa jajan di kantin sekolah kaka hehehe.

Di sekolah Kaka hari jumat adalah hari ektra kulikuler (ekskul), jam belajar hanya sampai  9.30 selanjutnya  ekskul sampai  jam 11.15. Siwa  kelas 4 sampai 6 dilanjutkan dengan ekskul kepanduan, yang merupakan ekskul wajib, setelah sebelumnya diselingi acara ishoma. Sementara anak lelaki jumatan, perempuan keputrian.

Redakan lelah dengan Transpulmin
Tak heran setiap hari jumat, begitu sampai di rumah Kaka langsung menghempaskan diri ke sofa, lalu meminta saya menggosok punggungnya dengan balsam Transpulmin. Sejak saya kenalkan dengan balsam Transpulmin Kaka jadi punya kebiasaan baru, kalau kecapean minta Mama gosok punggungnya dengan Transpulmin. Mama tidak mau kalah donk, kalau pagi habis mencuci Mama juga minta Kaka gosok punggung Mama dengan balsam Transpulmin. Jadi gantian hehehe.

redakan lelah
"Enak Mah, hangat, wanginya juga enak, seger,"komentar Kaka. Kandungan Chamomile pada Transpulmin memberi efek rileksasi dan anti-inflami, cocok untuk anak - anak yang sepanjang hari beraktivitas. Rasa hangatnya berasal dari kandungan camphor,

Kaka latihan Marching Band
Bisa dibilang hari jumat adalah hari paling melelahkan secara fisik untuk Kaka. Dan itu belum berakhir karena hari sabtunya Kaka ikut ekskul marching band. Sebagian ekskul memang diadakan hari sabtu mengingat keterbatasan tempat seperti ekskul marching band, marawis, sepak bola, semapur dan robotik.

Apa tidak kasian anak ikut ekskul ini itu? Untuk urusan ekskul saya menyerahkan sepenuhnya  pada Kaka, termasuk memilih ekskul apa. Hampir tiap semester Kaka ganti ekskul, bela diri, bulu tangkis, menggambar,  marawis dan semester ini menari dan marching band.   Semua ekskul atas pilihannya kalau kami tidak pernah memaksakan satu jenis ekskul untuk ditekuni lama karena kami  pikir itulah caranya  Kaka mencari minat dan hobinya, mencoba ini itu untuk mencari mana yang benar-benar disukainya dan membuatnya enjoy.

Kami hanya suka mengingatkan kalau sudah memilih ekskul apapun harus dijalani dengan serius, dicoba jangan pernah bilang tidak bisa.
“Memangnya kenapa?”
“Supaya Kaka menemukan hobi, sesuatu yang disukai banget.”
“Memangnya kenapa harus punya hobi?”
“Karena mempunyai hobi itu membuat kita senang dan tidak bingung, mau ngerjain apa.”
“Ehm, aku hobinya apa ya, Ma?”
“Dicari dan dicoba. Boleh suka menggambar, nari…
“Kalau hobinya main boleh ga, Ma?”
“??%#@”

Karena Kaka tipe anak yang aktif, tidak bisa duduk manis lama – lama (pecicilan melulu, kalau istilah Mamah saya), senang berteman, jadi ikut ekskul ini – itu sepertinya membuat dia happy.  Adik bukannya tidak aktif hanya lebih bisa tahan lama duduk diam dengan serius mengerjakan sesuatu, tahan terbata – bata membaca beberapa lembar buku atau menggambar berlembar – lembar.

Yang pasti mereka memasuki masa anak yang sedang aktif – aktifnya,   mengeksplorasi, melakukan kegitan  dan mencoba banyak hal.  Masa yang menurut saya harus diarahkan dan didukung agar kreatifitas mereka  terasah, menemukan minat dan bakatnya.  


Apa saya sudah melihat bakat dan minat anak – anak? Sejauh ini baru melihat kecenderungannya. Kaka terlihat sudah memiliki minat besar pada menggambar, Adik senang dengan angka - angka. 

Dukungan lain yang tidak kalah penting adalah menjaga  kesehatan mereka dan kami sendiri sebagai orangtua. Yap, bukan hanya anak – anak yang harus fit, juga kita sebagai orangtuanya.  Jika salah satu sakit semua kegiatan rasanya berjalan pincang. Dan kalau anak – anak yang sakit rasanya lebih repot apalagi kalau dibarengi tidak mau makan, kepala rasanya pening.

Influenza, gangguan kesehatan yang sering menyerang anak – anak
Gangguan kesehatan yang kerap menyerang anak seusia mereka adalah influenza, virus ini ada di mana – mana  dan mudah ditularkan. Saat anak – anak aktif dan kelelahan, daya tahan tubuh mereka menurun, disitulah biasanya virus dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Influenza ditandai dengan gejala; batuk, pilek, demam, hidung tersumbat dan lain – lain. Gejala influenza termasuk ke dalam kelompok penyakit yang bisa sembuh sendiri, dipengaruhi daya tahan tubuh penderita. Tapi walaupun influenza penyakit ringan dan bisa sembuh sendiri membuat kondisi anak - anak drop. Sulit tidur karena batuk, hidung tersumbat atau demam. Kadang disertai tidak mau makan. Dan kalau anak - anak sakit pekerjaan rumah rasanya bertambah dua kali lipat. 

Beberapa kebiasaan yang saya terapkan agar anak – anak  tidak mudah lelah dan memiliki daya tahan tubuh kuat diantaranya;  

Selalu sarapan
Sarapan adalah sumber energi untuk memulai aktivitas. Dari membaca beberapa artikel disebutkan jika sarapan, menurut hasil sebuah penelitian, membuat badan lebih sehat, otak lebih cerdas, mudah berkonsentrasi dan tidak mudah terserang penyakit.

Istirahat cukup
Saya tidak membiasakan anak – anak tidur malam, sebaliknya membiasakan mereka bangun pagi. Istirahat tidur siang bagi anak – anak berpengaruh pada pertumbuhan badan dan perkembangan otaknya. Karena Kaka setiap hari pulang sekolah sore, saya sarankan dia untuk tidur saat di mobil jemputan. 

Makan teratur, bergizi dan minum air putih cukup
Makanan bergizi tidak identik dengan makanan mewah atau mahal lho, terlebih harga sayuran terhitung murah. Sumber protein selain dari daging (ayam/sapi) bisa dari ikan, telur, tahu dan tempe.


Sentuhan hangat yang menenangkan
Kedua anak saya punya kebiasaan diusap – usap punggung sebelum tidur, kebiasaan yang dibentuk sejak bayi, niatnya menenangkan supaya cepat tidur eh jadi keterusan hingga sekarang. Tapi untunglah seiring usia setelah saya beri  pengertian kalau Mama tidak bisa mengusap punggung keduanya sampai tertidur, karena harus gantian Kaka dan Adik, dan Mamanya juga pegal, jadi usap punggungnya hanya berupa  pijatan beberapa kali.

Sejak kenal Transpulmin, saya usapkan balsam Transpulmin saat mengusap punggung mereka sebelum tidur. Kandungan sage oil pada Transpulmin memberikan efek aromateraphy yang merelaksasi tubuh. Tidak heran jika sudah diusap Transpulmin anak - anak tidur lebih lelap. Karena tidur mereka lelap, saat bangun badan mereka bugar. Dan yang membuat anak - anak suka dengan balsam transpulmin karena bentuk creamnya tidak lengket dan tidak berminyak di kulit.

Transpulmin redakan gejala influenza
Jika anak - anak terkena gejala influenza balsam Transpulmin bisa jadi pertolongan pertama lho, karena kandungan Eucalyptol nya mampu melegakan gangguan pernafasan seperti batuk dan pilek. Sedangkan metholnya meringankan gejala pilek. Caranya oleskan 1-4 cmTranspulmin pada dada, punggung dan leher, lalu gosok - gosok dengan menekannya secara halus dan merata.

Dua hari sehabis magrib, Adik tiba -tiba mengeluh sakit perut tapi bukan mau pup, dugaan saya masuk angin. Saya coba mengusap perutnya dengan Transpulmin alhamdululillah dengan ijin Allah sembuh, anginnya keluar lewat buang angin yang cukup kencang hehehe. Jadi Transpulmin cocok banget untuk dibawa  traveling karena banyak manfaatnya.

Sentuhan = Bonding
Saling mengusap/memijit  menggunakan Transpulmin dengan anak - anak sesaat sebelum tidur malam, bukan hanya membuat tubuh sama - sama nyaman dan hangat, saat kulit kita bersentuhan, bonding juga terbangun. Obrolan biasanya jadi lebih intens, anak - anak akan bercerita tentang kejadian di sekolah tanpa diminta, lalu obrolan terhenti dengan sendirinya karena mereka terkantuk - kantuk lalu tertidur.

Hal - hal kecil yang menambah energi untuk  tetap tersenyum dan bersemangat menyambut besok pagi. 

Ada yang belum tahu apa itu  Transpulmin balsam?
Transpulmin balsam adalah balsam yang diformulasikan untuk meredakan gejala influenza atau menghangatkan dan memberikan rasa rilex pada tubuh. Ada dua macam balsam Transpulmin yaitu Transpulmin BB atau Transpulmin baby balsam dan Transpulmin balsam keluarga.

Transpulmin kapan dan dimana saja
Keduanya memiliki perbedaan kompisisi karena disesuaikan dengan peruntukan usianya. Transpulmin baby balsam merupakan balsam yang diformulasi untuk anak usia 2 tahun ke bawah dan sudah direkomendasikan oleh banyak dokter anak selama kurang lebih 30 tahun. Sedangkan Transpulmin Balsam keluarga adalah balsam yang diformulasikan untuk digunakan setiap anggota keluarga yang usianya diatas 2 tahun.

Transpulmin Baby Balsam

Tidak mengandung camphor dan methol sesuai untuk kulit bayi yang sensitif sehingga tidak menyebabkan alergi. Seperti halnya balsam Transpulmin keluarga, Transpulmin BB dapat digunakan untuk meredakan gejala influenza, menghangatkan tubuh bayu dan meredakan nyeri, karena kandungan Eucalyptus oil sedangkan ekstrak chamomile nya memberikan efek relaksasi, melegakan pernafasan, dan menghangatkan badan.

Cara pemakaian digosokkan pada dada, punggung dan leher, dengan pemakaian sehari 2 - 4 kali. 

Manfaat Transpulmin BB

Komposisi dan cara kerja Transpulmin BB

Transpulmin Balsam Keluarga 

Dapat digunakan untuk seluruh anggota keluarga, seperti yang kami gunakan. Oh ya jangan gunalan Transpulmin dengan cara menghirupnya langsung di bawang lubang hidung. Untuk melegakan hidung tersumbat campur Transpulmin beberapa cm dengan 1L air panas dan hirup uangnya. 


Transpulmin cocok untuk anak - anak aktif

Meredakan kelelahan si kecil yang aktif 

  Teman - teman memiliki momen kehangatan juga Transpulmin balsam? Yuk dishare

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition Transpulmin Kehangatan Ibu





3 komentar:

  1. Andalan saya ini untuk kehangatan keluarga :)

    BalasHapus
  2. apalagi anak2 kalau beraktivitas gesitd an aktif , eh malamnya baru terasa pegal2 ya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...