Jumat, 08 September 2017

Pisang Cavendish Sunpride Teman Aktivitas Harianku

Semangkuk semangat di pagi hari
Saya percaya memulai hari dengan baik, positif dan terencana akan memudahkan semua urusan, walaupun urusannya tidak  jauh - jauh dari pekerjaan rumah tangga seperti yang biasa saya lakukan. Pagi memasak untuk sarapan dan bekal sekolah anak –anak ,  mengantar Adik ke sekolah (sementara Kaka dijemput mobil jemputan sekolah), kegiatan selanjutnya tergantung jadwal kadang rapat komite sekolah Adik, ikut kelas tahsin di sekolah Kaka, ke supermarket atau pulang untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Akh urusan sepele, hanya rutinitas Ibu rumah tangga. Sepele tapi bisa jadi hal luar biasa lho karena bagaimana seorang Ibu melakukan rutinitas untuk keluarganya menentukan keadaan dan moody keluarga secara keseluruhan termasuk membentuk attitude anak – anak.

Contoh kecil, apa jadinya jika seorang Ibu setiap saat mengeluh dan mengomel karena capek dst. Mengeluh dan mengomel sebenarnya hal wajar dan manusiawi tapi kalau dilakukan sepanjang hari dan setiap saat?

Seorang Ibu jangan sampai stres dan kecapean karena pekerjaan rumah. Jangan sampai juga pekerjaan rumah tangga membuat seorang Ibu merasa terkurung karena tidak bisa melakukan hal lain selain urusan sumur, kasur dan dapur. Efek jika Ibu stres dan kecapean bisa macam – macam, dari lalai mengawasi anak – anak, tidak harmonis dengan suami sampai hal membahayakan. Benar banget istilah happy mom happy kids happy family.

Akh kuncinya supaya tidak stres kan hanya dua yaitu  sabar dan ikhlas. Kalau sabar dan ikhlas mudah dihadirkan semudah membalikkan telapak tangan tak akan ada  kasus, seorang Ibu melakukan tindakan berbahaya untuk keluarganya terutama anak - anaknya. Tidak perlu saya bahas lah ya kasus – kasusnya. Sabar dan ikhlas harus dihadirkan dengan usaha.

Agar mood baik terjaga sepanjang hari disertai rasa sabar dan ikhlas, saya melakukan dua hal berikut;
Bersyukur. Saya selalu ingat pesannya Mamah (Ibu saya), cara paling mudah bersyukur lihat keadaan orang di bawah kita. Ingat nikmatnya makan saat lapar, ingat kesehatan yang diberikan yang kuasa, dan segala kemudahan yang kita miliki. Maka nikmat manakah yang kau dustakan?
Ciptakan moodboaster. Senyum anak – anak, film favorit yang akan di tonton saat anak-anak sekolah, banyak hal kecil yang bisa jadi moodboaster termasuk makanan, seperti semangkuk semangat dipagi hari ini;

semangkuk semangat
Semangkuk pisang dan teman – temannya sebagai pelengkap sarapan. Selain semangkuk buah –buahan ini saya sarapan makanan berat karena cadangan lemak ditubuh sedikit jadi tidak kuat jika hanya sarapan buah hehehe *melirik tumpukan setrikaan dan lantai rumah yang belum dipel*.

Saya suka hampir semua jenis buah – buahan termasuk pisang. Kesukaan saya pada pisang saya tularkan pada anak – anak selain karena kandungan manfaatnya, pisang termasuk jenis buah – buahan yang selalu ada, tidak kenal musim, bandingkan misalnya dengan buah mangga, yang harus menunggu musimnya jika ingin menikmati dengan sering dan harga terjangkau. 

Pisang Pasti Sunpride donk. Siapa tidak tahu  Pisang Cavendish Sunpride. Pisang yang menampakan kulitnya kuning mulus dengan sedikit gurat hijau. Daging buahnya putih kekuningan dan bersih, rasanya manis agak asam dan lunak. Tapi jika kulit pisangnya sudah berbintik hitam, rasanya manis dan lebih lembut. Pertama kali melihat pisang ini dicsupermarket bertahun – tahun lalu, saya mengira pisang import.

struk pembelian pisang
cavendish sunpride

Ternyata dugaan saya salah, pisang Cavendish  Sunpride 100% buah lokal, ditanam di perkebunan di Lampung. Kulit pisang Cavendish Sunpride mulus karena dilakukan perawatan khusus,lengkapnya bisa lihat di sini.  Karena 100% buah lokal jika kita mengkonsumsinya berarti turut memberdayakan dan memajukan petani lokal.

Pisang Cavendish Sunpride baik dikonsumsi saat sarapan karena mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi. Menurut penelitian satu buah pisang mengandung 3 gram serat, mengkonsumsinya di pagi hari membantu proses pencernaan tetap lancar sepanjang hari.

Pisang dengan ukuran sedang mengandung 400 mg kalium dan potasium. Potasium dalam pisang  bermanfaat untuk saraf yang baik, fungsi otot serta menjaga keseimbagan cairan dalam tubuh.


Energi untuk tetap produktif di siang hari
Kegiatan saya di siang hari bisa dibilang fleksibel. Menemani Adik bermain dan belajar kalau dia tidak mau tidur siang (walaupun udah dikeloni tetap tidak tidur),disambi pekerjaan rumah remeh temah dan baca buku. Kalau Adik tidur siang artinya saya bisa me time; ngeblog, mencoba resep baru sekalian memotretnya untuk belajar motret dan bahan blog post. Jika sedang banyak pesanan bunga, saya packing dan melakukan pencatatan.

Jualan bunga secara online, ngeblog, sesekali mengirimkan tulisan ke media massa adalah pekerjaan sampingan  selain jadi art. Pekerjaan sampingan yang diawali dari  hobi. Karena hobi saya melakukannya dengan senang hati.

Boleh baca Pengalaman Pertama Mengikuti Pameran Bunga

Menurut artikel yang pernah saya baca (tapi lupa sumbernya) seorang Ibu yang melakukan hobi disela aktivitas rutinnya sebagai ibu rumah tangga lebih bahagia dan tidak mudah stres. Salah satu sebabnya karena saat kita melakukan sesuatu yang disukai tubuh mengeluarkan  hormon endorphin, hormon yang berperan dalam mencetuskan perasaan bahagia. Satu  lagi, bonus dari hobi bisa mendatangkan penghasilan tambahan lho.

Karena kegiatan saya cukup padat tapi santai perlu dukungan fisik yang bugar. Asupan camilan jadi keharusan. Agar  ngemil tapi sehat saya memilih pisang sebagai camilan.

Ngemil pisang Cavendish? Tidak takut gemuk? Banyak orang menduga mengkonsumsi pisang sebagai camilan dapat menyebabkan gemuk padahal menurut sebuah penelitian pisang hanya mengandung 110 kalori. Masih lebih banyak kalori satu buah gorengan atau sebungkus wafer/coklat. 

Ngemil sehat 
Pisang juga mengandung vitamin C yang cukup banyak lho. satu buah pisang kandungan vitamin C nya 10mg atau 15% dari jumlah harian yang disarankan. Fungsi vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi seperti besi.

Pisang juga merupakan sumber zat mangan sebanyak 3 mg, yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh. Sejumlah kecil vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, zat besi, magnesium, fosfor, folat, karoten, kolin dan sejumlah asam amino.

Daging pisang yang halus dan empuk menjadikannya mudah dicerna jadi jika kita terkena gangguan pencernaan pisang tetap bisa dikonsumsi. Pisang juga secara alami bebas lemak dan kolesterol.

Terbukti kan kalau  ngemil pisang itu menyehatkan!

Semanis dan sehangat kebersamaan di sore hari
Jarum jam di dinding menunjuk diangka 15.30, si sulung baru pulang sekolah. Biasanya dia langsung menghempaskan diri di sofa karena kelelahan. Adik kegirangan melihat Kakanya datang. Biasanya mereka langsung kompak menyalakan TV untuk menonton film kartun.

“Sholat dulu ya baru nonton,” saya mengingatkan.
Mereka menurut karena tahu andaipun tidak menurut, saya akan mematikan TV dan melarang menyalakan lagi sebelum mereka selesai sholat.

Usai sholat camilan  kecil sudah saya siapkan untuk kami nikmati bersama. Pisang panggang coklat keju.  

sepiring kehangatan keluarga 
Camilan  untuk men charge  energy. Pisang merupakan sumber vitamin B-6 (pyridoxine). Satu buah pisang mengandung sekitar 35% kebutuhan harian vitamin B-6. Vitamin ini digunakan tubuh untuk memproduksi sel baru.

pisang untuk nutrisi tumbuh kembang si kecil

Jam 16.00, sementara anak – anak menonton film kartun kesayangannya,  saya mengurus tanaman, menyiram (kalau tidak hujan), memberi pupuk, mindahin anakan anggrek, pokoknya hal – hal ‘remeh’ yang berhubungan dengan bunga, koleksi sekaligus barang dagangan hehehe. Kalau anak - anak sedang ingin main air biasanya mereka langsung membantu menyiram bunga.


Teman punya cerita dengan Pisang Cavendish juga?

Referensi tulisan ;
 www.sunpride.co.id
www.sunpride.co.id/2012/11/13/10-manfaat-pisang-untuk-kesehatan/



14 komentar:

  1. Pisang itu disukai anak2ku kalau ga diumpetin bisa sesisir sehari -__-

    BalasHapus
  2. Aku baru tahu kalo pisang cavendish enak juga dibikin pisang panggang. Noted, next time bakal meniru resepnya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak mba karena pisang cavendish udah manis dan empuk

      Hapus
  3. Nice post. Saya juga suka banget pisang, apalagi kalau dicampur sama buah lainnya, makin sehat pastinya. Tapi saya malah gak suka kalo ada pisang bakar ditambah meses ditambah susu kental, rasanya terlalu manis,yang ada malah diabetes, hahaha

    Salam kenal ya. BTW saya juga ikutan loh, kuylah berkunjung sejenak ke blog Ndeso saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi diabeters kalau keseringan hehehe...biar ga diabetes harusmakan makanan seimbang donk dan jangan lupa olahraga

      Hapus
  4. Wah asyik ya pisang tuh selain bergizi tinggi juga lezat diapa apain :)

    BalasHapus
  5. dan pisang bisa divariasikan macam2 ya

    BalasHapus
  6. Sarapannya enak banget. Pisang dan susu. Yummy..

    BalasHapus
  7. Pisang ini kesukaanku juga neh, enaaak

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...