Sabtu, 16 September 2017

5 Tempat Wisata Sejarah di Kota Denpasar

Salah satu destinasi wisata impian saya adalah Bali, walaupun sudah pernah ke Bali dua kali tapi karena acara dari kantor (waktu jaman saya masih ngantor 4 tahun lalu)  rasanya beda karena bareng teman –mteman kantor bukan dengan keluarga. Yang ngagenin dari Bali selain keindahan alam dan budayanya adalah oleh – olehnya yang bikin kalap karena harganya bersahabat.   Semoga suatu saat bisa ke Bali bareng keluarga  dan berikut tempat wisata sejarah yang ingin saya kunjungi di kota Denpasar.

Sebagai jantung utama Provinsi Bali, Kota Denpasar ibarat wajah yang menggambarkan keindahan alam dan budaya pulau dewata. Nyatanya, Denpasar memang memiliki beragam wisata sejarah dan edukasi, yang dijamin mampu membuka jendela pengetahuan Anda terkait budaya dan kehidupan masyarakat Bali.
Apa saja? Berikut beberapa tempat wisata edukasi dan sejarah di Kota Denpasar yang wajob dikunjungi.

1. Museum Bali


Sumber : bali-indonesia.com



Museum yang berlokasi di Jl. Mayor Wisnu No.1 ini, merupakan pusat kebudayaan Bali dengan segala aspek kehidupan masyarakatnya. Mulai dari zaman prasejarah, zaman kerajaan, hingga masa penjajahan Belanda. Bahkan, konsep pembangunan museum ini pun berlandaskan lontar asta kosali dan aspek keagamaan umat Hindu Bali. Tak heran, jika arsitektur bangunan museum merupakan perpaduan antara unsur Pura (tempat sembahyang) dan Puri (istana raja).

Di lahan seluar 2.600 meter persegi, bangunan museum dibagi menjadi 3 halaman yang dibatasi dengan tembok dan gapura. Di sini, Anda bisa mengunjungi Balai Bengong yang merupakan tempat peristirahatan keluarga raja, Beji (pemandian untuk keluarga raja), dan 3 gedung yang menyimpan berbagai koleksi antik dan unik.

2. Lapangan Renon dan Monumen Bajra Sandhi
Lapangan Renon adalah ruang terbuka hijau di tengah Kota Denpasar, dan diperuntukkan bagi mereka yang ingin bersantai sembari berolahraga. Uniknya, di sini Anda pun bisa berwisata edukasi, sebab terdapat sebuah monumen perjuangan rakyat Bali yang dikenal dengan sebutan Bajra Sandhi. Anda pun bisa naik ke puncak monumen, dan menikmati pemandangan sekeliling dari ketinggian.

3. Taman Puputan
Taman yang satu ini dibangun untuk memperingati peristiwa heroik masyarakat Bali. Tentu, kita pernah mendengar sejarah Perang Puputan, bukan? Sebuah perang yang dilakukan masyarakat Bali untuk melawan imperialisme Belanda. Di taman ini, dibangun pula sebuah monumen sebagai simbol perjuangan tersebut.
Lebih dari itu, di taman ini juga terdapat titik nol (0) km kota Denpasar dan lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Museum Bali dan Pura Agung Jaganatha.

4. Werdhi Budaya Art Center
Taman budaya yang berlokasi di Jl. Nusa Indah No.1 ini, awalnya dibangun sebagai proyek pengembangan dan pelestarian budaya Bali, dan kini difungsikan juga sebagai tempat pementasan dan pengembangan bakat seni masyarakat Bali. Bahkan, acara parade seni tahunan yang dikenal dengan sebutan Bali Art Festival selalu diselenggarakan di tempat ini. Di acara bergengsi ini, Anda bisa menyaksikan beragam seni dan budaya dari masing-masing kabupaten yang ada di Pulau Bali.

5. Desa Budaya Kertalangu
Kawasan pedesaan yang berlokasi di jalan by pass Ngurah Rai No.88x ini, menawarkan pesona alam yang ramah, mendidik, dan menawan. Di lahan seluas 80 hektare ini, terdapat beragam pilihan wisata edukatif yang bisa Anda pilih. Di antaranya Sasana Budaya, Ganesha Park, Ganesha ArtScience, area outbond, area pertanian, pacuan kuda, kolam pancing, dan taman Kertalangu.

Di tengah kawasan yang hijau ini juga terdapat sebuah tugu perdamaian dunia, yang dikelilingi oleh patung tokoh-tokoh perdamaian. Jadi, berwisata ke kawasan ini, Anda tidak hanya akan belajar tentang kebudayaan dan lingkungan, namun juga akan dibuat sadar tentang pentingnya perdamaian.
Nah, Denpasar Bali memang menawarkan sejuta pesona, bukan?

Jika tertarik untuk berwisata ke Kota Denpasar, Anda tak perlu memusingkan soal penginapan yang mahal. Anda bisa mendapatkan hotel di Bali dengan menggunakan jasa layanan Airy Rooms. Sebuah jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia.



Cukup dengan melakukan pemesanan melalui website atau aplikasi yang diunduh di smartphone, Anda telah bisa mendapatkan kamar yang nyaman tanpa harus menguras kantong. Fasilitasnya pun dijamin yang terbaik, seperti AC, TV LCD, Wifi, dan perlengkapan mandi lengkap dengan shower air hangat.
Kalau Anda ingin mendapatkan harga hotel Airy yang lebih murah lagi, Anda bisa pakai kupon untuk dapat diskon 30%, gunakan kode kupon di bawah ini :

Kode kupon : AHM30

Periode bookingnya sampai 30 September 2017, dan periode menginapnya kapan saja. Jangan sampai kehabisan ya!

Soal pembayaran, Anda bisa memilih jenis pembayaran via transfer, kartu kredit, ataupun melalui pembayaran langsung di gerai Indomaret terdekat. Jadi, tunggu apa lagi?

2 komentar:

  1. 6 bulan tinggal di Denpasar kayaknya baru ngunjungin museum aja deh dr 5 tempat wisata di atas.

    BalasHapus
  2. Bali oh Bali, mana sih sudut yang ngga indah kalau di Bali. Semuanya bagusssss ya.

    Btw ak baru tau loh Airy ini konsepnya hanya kamarnya saja, jadi dia bisa berada di berbagai tempat ya. Keren idenya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...