Senin, 17 Juli 2017

Semur dan Capcay Ayam So Good

Hari – hari pertama anak – anak kembali sekolah setelah libur panjang. Rasanya jadi lebih sibuk kalau anak – anak sekolah, benar ga sih?  Menyiapkan sarapan, bekal sekolah, antar jemput dan tentu saja menemaninya belajar. Bukan hanya saya pastinya yang mengalami ini, hampir semua mama yang anaknya sudah sekolah mengalami hal serupa.

Bisa bernafas lega begitu anak – anak sudah di sekolah tapi pekerjaan rumah lain menanti, ada setumpuk pakaian yang harus dicuci, rumah yang minta dipel karena lantainya sudah terasa lengket, beres – beres, masak, kesibukan khas irt banget pokoknya hahaha. Tapi dibawa santai saja, hiburannya lihat foto-foto kece di IG, nonton dvd atau film download an sambil nyetrika (itulah sebabnya saya nyetrika), motret masakan, ngeblog dan berkebun.

Kerjaan rumah dilakoni, hobi harus tetap jalan yes karena itu salah satu hal yang membuat bahagia karena katanya saat kita melakukan hal yang disukai hormone akan keluar, hormone inilah yang mengatur emosi bahagia. Aih jadi curcol. Sebenarnya mau share resep masakan yang bisa buat bekal makan siang si kecil ke sekolah. Si sulung saya sekolah sampai sore dan tidak langganan catering (selain dengan alasan hemat juga karena dia masih pilih – pilih sayuran yang disukainya).

Ini lho olahan ayam yang mau saya share resepnya; semur ayam dan capcay ayam suwir.






Ayamnya saya gunakan ayam potong So Good karena halal, higienis, praktis – tinggal olah tidak perlu dipotong dan dicuci. Walaupun dijual dalam bentuk potongan beku citarasanya ayam segar karena dibekukan dengan teknologi IQF  (individual quick frozen) dengan mengunci 4 kualitas ayam segar yaitu SEGAR, GIZI, RASA dan BERSIH.

Ayam potong So Good berasal dari bibit ayam pilihan yang dipelihara dengan baik di peternakan modern. Ayam So Good tumbuh sehat tanpa suntikan hormon.

Karena ayam potong So Good dijual dalam bentuk beku jadi sebelum diolah harus dikembalikan ke dalam suhu ruangan di mana keadaan ayam tidak beku.

Ada 3 cara untuk mendefrost ayam potong So Good
  1. Simpan dalam chiller selama 6-4 jam, jika cara ini terlalu lama coba cari kedua.
  2. Bungkus rapat ayam potong So Good dengan plastic (jangan buka kemasan), rendam dalam air selama kurang lebih 1 jam.
  3. Simpan dalam suhu ruang selama kurang lebih 4 jam, lalu defrost dengan microwave.
Sebelum diolah,  untuk menghilangkan lemak dan darah ayam yang membeku, saya kukus dulu selama 15 menit.  

Semur Ayam
Bahan
Satu Kemasan Ayam Potong So Good 250 gram
bawang Bombay, iris tipis
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ sdt  merica butir
¼ potong pala
Garam, gulgar
1 sdm sauri
4 sdm kecap manis
300 ml air
1 ruas jahe, keprek
1 batang serai
1 lembar daun jeruk

Cara Membuat
Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, dan pala.
Tumis bawang Bombay dan bumbu halus sampai wangi, masukkan air, jahe, serai, daun jeruk. Biarkan air mendidih, lalu masukkan ayam, saus tiram dan kecap. Ungkep hingga air tinggal setengahnya. Tambahkan garam, koreksi rasa.

Capsay ayam suwir

Bahan
1 buah bawang Bombay
2 siung bawang putih
garam
merica
1 sdm saus tiram
1 potong ayam potong So Good
1 bongkol sawi hijau
3 lembar sawi putih
100 mL air rebusan ayam. 

Cara membuat
Kukus atau rebus satu potong ayam So Good. Suwir-suwir dagingnya. 
Iris bawang putih dan bawang Bombay
potong semua sayuran.


Tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga harum, masukkan suwiran ayam, sayuran, aduk, masukkan air, saus tiram, merica, masak hingga sayuran matang, tambahkan garam, koreksi rasa. Angkat, sajikan hangat. 

Punya kreasi dengan ayam potong So Good atau So Good siap masak? Yuk ikutan lombanya, hadiahnya keren. Info lengkap bisa lihat di sini 

4 komentar:

  1. Ayam Semurnya dahsyat, aku suka bangeeet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. main sini mba nanti saya suguhi ayam semur hehehe

      Hapus
  2. bumbu kecap seperti semur ayam diatas, adalah favorit suami dan anak2 saya mba, dan capcay adalah kesukaan saya hehehe

    BalasHapus
  3. bumbu semur itu selera Indonesia banget ya ..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...