Rabu, 12 Juli 2017

Sebab Ibu Hamil Rentan Anyang - anyangan

Ada yang pernah Anyang-anyangan? Kebanyakan perempuan pernah mengalami anyang-anyangan, minimal sekali dalam hidupnya.

Yang belum pernah merasakan Anyang-anyangan mungkin bertanya, apa sih Anyang-anyangan? Anyang-anyangan adalah gejala awal infeksi saluran kemih yang ditandai dengan sakit buang air kecil dan buang air kecil keluar sedikit-sedikit padahal rasanya mau mengeluarkan banyak. Jika sudah parah, buang air disertai darah dan demam. Infeksi ini terjadi karena masuknya bakteri E.Coli ke dalam saluran kemih.

Apa benar kebanyakan perempuan pernah mengalami Anyang-anyangan? Faktanya survey 5 dari 10 perempuan pernah mengalami anyang-anyangan.

Berikut hal yang membuat perempuan lebih rentan terkena Anyang-anyangan dibanding lelaki,; saluran kencingnya lebih pendek dari laki-laki, penggunaan kontrasepsi dan pada saat menopause karena berkurangnya kadar estrogen.


Jadi bukan berarti lelaki tidak beresiko kena Anyang-anyangan hanya kemungkinanya lebih  kecil dibanding perempuan.

Perempuan Hamil Rentan Anyang - anyangan
Selain itu, ada beberapa keadaan yang membuat perempuan rentan terkena Anyang-anyangan yaitu perempuan hamil. Yang pernah hamil pasti tahu donk rasanya ingin buang air kecil terus atau beser, istilah ilmiahnya inkontinensia (tidak bisa menahan hasrat buang air kecil). Biasanya ini terjadi di trimester ketiga kehamilan. Tapi ada juga yang mengalaminya sejak trimester pertama seperti yang saya alami.

Karena dari beberapa artikel yang pernah saya baca dan obrolan teman yang pernah hamil, beser ini biasanya dialami di trimester ketiga kehamilan, saya jadi was-was saat mengalaminya di trimester pertama. Jangan – jangan ada yang salah nih, kok baru usia kehamilan 8 minggu udah beser. Selain takut ada apa – apa saya juga merasa risih harus bolak balik kamar mandi jika di kantor. Waktu itu saya masih kerja kantoran.

Saat memeriksakan kandungan ke dokter, saya mengeluhkan soal beser itu, katanya dokternya itu wajar dan jangan sampai karena tidak mau beser mengurangi minum air putih.

“Jangan di tahan lho Bu kalau mau pipis atau malah mengurangi minum air putih biar ga beser.”
Dokter sedikit bercerita jika ada beberapa pasiennya yang terkena Anyang – anyangan karena menahan pipis atau mengurangi minum air putih dengan alasan biar tidak beser. Dan jangan anggap remeh Anyang-anyangan jika terkena pada Ibu hamil karena dampaknya cukup serius.



Kenapa Ibu Hamil Inkontinensia?
Ada beberapa hal yang menyebabkan wanita hamil mengalami  diantaranya karena adanya tekanan pada kandung kemih yang disebabkan oleh  rahim yang membesar karena perkembangan janin.
Hal lain yang dapat menyebabkan Anyang-anyangan selain menahan pipis dan kurang air minum adalah tertulari E. Coli dari toilet umum (seperti kita tahu bakteri E. Coli adalah bakteri yang hidupnya di tempat – tepat kotor seperti toilet dan solokan).

Catatan pentingnya, jika pipis di toilet umum, jangan lupa bersihkan sebelum digunakan caranya, bilas toilet . Jika  toilet duduk, lap dengan tisu antiseptic sebelum digunakan.

Kalau bu –ibu yang sudah punya anak biasanya selalu bawa perlengkapan tisu basah  karena banyak banget gunanya. Selain itu menjaga kebersihan toilet yang akan digunakan, menjaga kebersihan daerah vagina untuk mencegah Anyang – anyangan tidak kalah penting.

Tips menjaga kesehatan daerah wanita bisa baca di  Cegah dan Atasi Anyang – Anyangan dengan Uri-cran.

Kabar baiknya kini ada suplemen khusus untuk mencegah dan mengobati Anyang – Anyangan yiatu Prive Uri-cran.



Uri-cran adalah suplemen makanan yang mengandung ekstrak buah cranberry yang salah satu antioksidannya yaitu proanthocyaidis,  terbukti secara klinis efektif mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih dan memiliki sifat anti-adhesi yaitu membuat bakteri tidak menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Hasil penelitian ilmu pengetahuan modern menemukan buah cranberry kaya vitamin C, mengandung mineral, serat makanan dan senyawa flavonoid dan anti oksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Kini Uri-Cran tidak hanya tersedia dalam bentuk ekstrak cranberry kapsul juga Uri-Cran plus Vitamin C & Probiotic berupa serbuk seduh, rasa dan penampakannya seperti jus. Saya biasanya menyimpan Uri-Cran di dalam lemari pendingin setelah diseduh, rasaya jadi  lebih segar saat diminum.

Uri-cran, yang diproduksi oleh PT Combiphar, sebuah perusahaan obat yang terpercaya. Uri-cran dapat diminum kapan dan di manapun, cukup1-2 kapsul/sachet perhari






1 komentar:

  1. Aku ngalamin isk pas kuliah dulu. Krn sibuk, trs lbh suka nahan pipis dan jrg minum pula. Ga enak bgt lah rasanya... Setelah sembuh, ga pgn lg mba nahan2 pipis apalagi sengaja ngurangin minum air putih . Dipaksain sehari minimal hrs 2 liter, dan ga mau nahan2 kalo pgn pipis.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...