Kamis, 18 Mei 2017

Cegah dan Atasi Anyang-anyangan dengan Prive Uri-cran

Perempuan dan Anyang-anyangan
Keluhan paling familiar bagi seorang perempuan selain pms (post menstruasi syndrome) adalah Anyang-anyangan. Bedanya pms datang rutin sebulan sekali, Anyang-anyangan mungkin sekali dua kali dalam hidup tapi membekas rasanya. Rasa tidak enaknya, maksudnya hehehe. Faktanya,  berdasarakan  survey 5 dari 10 perempuan pernah mengalami Anyang-anyangan.

Dibeberapa daerah Anyang-anyangan disebut dengan istilah lain, contoh kalau orang sunda bilangnya, jeungjeuriheun

Anyang-anyangan adalah gejala awal infeksi saluran kemih yang ditandai dengan sakit buang air kecil dan buang air kecil keluar sedikit-sedikit padahal rasanya mau mengeluarkan banyak. Jika sudah parah, buang air disertai darah dan demam. 80% penyebab sakit buang air kecil ini karena masuknya bakteri E.Coli ke dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

Kok bisa bakteri E.Coli masuk ke saluran kemih? Bakteri E.Coli masuk melalui vagina karena beberapa hal berikut seperti; dari toilet yang kita pakai tidak bersih, sering menahan pipis, air yang digunakan untuk membasuh setelah buang air kecil tidak bersih, arah membasuh yang salah setelah BAB.

Ada beberapa penyebab yang membuat perempuan lebih rentan terkena Anyang-anyangan dibanding lelaki, diantaranya; saluran kencingnya lebih pendek dari laki-laki, penggunaan kontrasepsi dan pada saat menopause karena berkurangnya kadar estrogen.

Jadi bukan berarti lelaki tidak beresiko terkena Anyang-anyangan hanya kemungkinannya kecil dibanding perempuan.

Satu lagi, Anyangan-anyangan menyerang tak kenal usia. Saya ingat saat nenek kena Anyang-anyangan, nenek saya masih menyebutnya jeungjeuriheun. Anak-anak pun bisa kena lho. Dan siapa sangka  ini terjadi pada si sulung saya dua tahun lalu, saat itu usianya 7 tahun. Awalnya saya kira masuk angin karena dia mengeluh sakit perut. Saat akan mengolesi perutnya dengan minyak kayu putih, dia berkata,”Sebelah sini, Ma,” sambil menunjuk bagian bawah perut. 

“Kok sebelah sini sakitnya?” Tanya saya heran. Saya belum ngeh dia terkena Anyang-anyangan sampai dia mengeluh sakit buang air kecil. Saya mencoba mengatasinya dengan meminta Kaka minum banyak air putih efeknya beser (sering  buang air kecil) dan  merengek setiap buang air kecil karena perih. Karena pernah merasakan anyang-anyangan, saya tahu rasanya sering ingin buang air kecil tapi keluar sedikit-sedikit, rasanya menggantung dan perih. Ngilu.

Papanya langsung ngomel waktu tahu Kaka Anyang-anyangan dan saya tidak segera memeriksakannya ke dokter.

“Kita orang dewasa bisa menahan sakit tanpa merengek. Lha anak-anak? Kenapa menunda ke dokter sih? Apalagi area sensitif bagi perempuan. Kalau ada apa-apa gimana?” Yang membuat enggan ke dokter itu tidak tahan sama antriannya  itu lho. Antri daftar, anti bayar dan antri obat, belum lagi kalau dokternya datang telat. Tapi akhirnya ke dokter.

“Kalau sudah sampai infeksi memang tidak cukup dengan minum air putih banyak, Bu,” kata dokternya.

Untuk memastikan infeksi tidak masuk ke ginjal, Kaka tes urine. Saya jadi dejavu, ingat pengalaman anyang-anyangan yang pernah saya alami dulu dan pernah ditulis di blog ini.


Si Kaka kena Anyang-anyangan  kemungkinan karena kurang minum air putih atau menahan buang air kecil sepertinya tidak mungkin, karena sejak insiden buang air kecil di mobil Kaka tidak pernah nahannya. Insiden yang kemudian saya  tulis dan dimuat di rubrik gado gado femina.

Boleh baca ; Pipis 

Soal minum air putih, saya cerewet hingga anak-anak terbiasa kemana-mana bawa botol minum dan kalau di rumah rajin minum.

Hati-hati dengan Toilet Umum
Kalau bukan karena menahan pipis dan kurang minum air putih,  Anyang-anyangan pada anak kecil menurut dokter karena cara membilas setelah pipis yang tidak benar atau terpapar bakteri E. Coli dari  toilet umum. Toilet sekolah mungkin, jelas Dokter.  Toilet umum di mall atau  restoran dan yang nampaknya bersih bukan berarti bebas kuman, apalagi digunakan banyak orang yang belum tentu menjaga kebersihan toilet seperti kita.

saat traveling bekal Uri-cran
Yap, adakalanya kita memang tidak bisa menghindari menggunakan toilet umum  terutama saat bepergian.  Kalau diperjalanan jauh, pasti mampirnya ke toilet umum di pom bensin atau rest area.

Sampai di rumah saya  memberi wejangan pada Kaka mengenai cara membilas yang benar setelah buang air kecil/besar dan membersihkan toilet di tempat umum sebelum digunakan.

Siram toilet sebelum digunakan. Hindari pembilas daerah V dengan air dari bak atau ember, sebaiknya dari kran yang setelah beberapa detik dibuang airnya. Kalau memungkinkan sebaiknya gunakan air mineral untuk membilasnya. Jika toiletnya duduk, lap dengan tisu antiseptik sebelum kita gunakan.

Tapi kini,  untuk orang dewasa ada lho suplemen kesehatan yang fungsinya mencegah dan mengobati Anyang-anyangan. Cocok dibawa  saat bepergian atau traveling,  karena jika bepergian buang air kecil di toilet umum tidak bisa dihindari. Yang lebaran ini mudik ke luar kota, bisa bawa Uri-cran.


Alhamdulillah saya tidak pernah mengalami lagi Anyang-anyangan. Berikut lima langkah bebas Anyang-anyangan yang saya lakukan dan saya wanti-wanti juga untuk dilakukan si sulung termasuk mengkonsumsi Uri-Cran tapi tentu saja jika dia sudah dewasa hehehe.

5 langkah cegah Anyang-anyangan

Menjaga kebersihan dan kesehatan daerah V
Menjaga kebersihan dan kesehatan daerah V diantaranya;
Tidak mengenakan celana dalam ketat.
Memastikan daerah V tidak lembab dengan cara melap setiap kali habis membilas setelah buang air kecil  atau buang air besar.
Jika sedang haid ganti pembalut jika dirasa banyak dan basah.
Gunakan pantyliner hanya jika perlu,  sering menggunakan akan membuat arena V lembab karena tidak ada sirkulasi udara. Lebih baik sering ganti celana dalam (jika basah atau keputihan) daripada menggunakan pantyliner sepanjang hari.

Membilas daerah V setelah buang air kecil/besar dengan benar; Gerakan membasuhnya dari depan ke belakang. Jika dilakukan dengan arah sebaliknya,  ada kemungkinan bakteri E.Coli sisa buang air besar dari anus masuk ke saluran kemih melalui vagina. Bisa juga karena daerah V  dibasuh tidak bersih.

Tidak menahan buang air kecil 
Suka menahan buang air kecil dengan alasan tanggung sedang mengerjakan sesuatu atau saat diperjalanan dengan alasan tanggung sebentar lagi sampai tujuan? Sebaiknya hindari. 

Menahan buang air kecil akan menyebabkan air dari kandung kemih yang harusnya keluar akan naik kembali ke saluran kemih, karena urine mengandung bakteri, otomatis bakteri akan terbawa ke saluran kemih, terjadilah infeksi di saluran kemih.  

Kebersihan Toilet Umum
Siram, lap dengan antiseptik, gunakan lalu siram lagi.
Toilet duduk yang nampang mengkilap di toilet mall atau perkantoran, belum tentu bersih dari bakteri lho.  Sebelum digunakan saya melapnya dengan tisu basah antiseptik atau alasi dengan tisu bagian toilet yang akan kita  duduki sebelum digunakan. Itu sebabnya saya selalu sedia tisu basah dan antiseptik di dalam tas, banyak gunanya terlebih jika pergi sama anak-anak, tisu sepertinya jadi barang yang harus dibawa.

Minum air putih 2L perhari
Dehidrasi dapat menyebabkan Anyang-anyangan tapi biasanya anyang-anyangan yang disebabkan     dehidrasi akan sembuh saat minum air banyak. Mulai membiasakan minum air putih 2L perhari.
           
Cegah dan atasi Anyang-anyangan dengan Uri-Cran
Untuk mencegah dan mengatasi Anyang-anyangan datang kembali konsumsi  Uri-cran. Prive Uri-cran adalah suplemen makanan yang mengandung ekstrak buah cranberry yang salah satu antioksidannya yaitu proanthocyaidis,  terbukti secara klinis efektif mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih dan memiliki sifat anti-adhesi yaitu membuat bakteri tidak menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

konsumsi Uri-cran
Hasil penelitian ilmu pengetahuan modern menemukan buah cranberry kaya vitamin C, mengandung mineral, serat makanan dan senyawa flavonoid dan anti oksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Kini Uri-cran tidak hanya tersedia dalam bentuk ekstrak cranberry kapsul juga Uri-cran plus Vitamin C & Probiotic berupa serbuk seduh, rasa dan penampakannya seperti jus. Saya biasanya menyimpan Uri-cran di dalam lemari pendingin setelah diseduh, rasaya jadi  lebih segar saat diminum.

Apa sih keunggulan Uri-cran plus Vitamin C dan Probiotic?
Seperti kita ketahui salah satu fungsi dari vitamin C adalah memperkuat daya tahan tubuh, dengan mengkonsumsi Uri-cran plus, otomatis daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit bertambah.

Lalu probiotiknya? Bukankah probiotik untuk kesehatan saluran cerna? Selama ini kita mengenal dan tahu probiotik untuk kesehatan saluran cerna tapi ternyata manfaat probiotik bukan hanya itu juga berperan dalam sintesis vitamin, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat kesembuhan dari infeksi jamur dan infeksi saluran kemih. 

Jadi jangan heran jika sudah mengkonsumsi Uri-cran secara rutin 1-2kapsul/sachet seharu, badan terasa lebih segar. Dan tentu saja menghindari dan mengobati Anyang-anyangan. 

Berikut komposisi Uri-cran plus vitamin C dan probiotic;
Ekstrak cranberry 375 mg
Vitamin C               60 mg
Bifiodobacterium bifidium 0.1 mg
Lactobacillus acidophhilus 0.1 mg
Fructo Oligo Saccharides 0.1 mg
Calcium lactate glukonate 1 mg

Dari komposisi terlihat ada empat macam probiotic dalam Uri-cran yang tentunya setiap probiotic memiliki peran dan fungsi baik untuk tubuh.

Bagaimana Uri-cran bekerja mengatasi Anyang-anyangan?




Uri-cran diproduksi oleh PT Combiphar, sebuah perusahaan farmasi terpercaya. Dapat diminum kapan dan dimanapun  1-2 kapsul/sachet sehari. 

Yuk jaga kesehatan daerah V dan cegah dan atasi Anyang-anyangan dengan mengkonsumsi secara rutin Uri-cran. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...