Rabu, 08 Februari 2017

Bermain di Taman Kaulinan Bogor

Banyak yang berubah begitu saya menginjakkan kaki ke kota Bogor terhitung sejak saya pindah dari kota ini tiga tahun lalu. Perubahan yang membuat saya berdecak kagum karena menjadi rapih, tertata dan teratur. Tapi kami sempat bingung karena beberapa ruas jalan dua jalur kini menjadi satu jalur. Untuk sesaat kami harus berputar arah kesana kemari. Perubahan lain yang membuat saya terkesima adalah  gapura ke daerah pecinan kota Bogor yaitu Surya Kencana. Ehm, jadi ingat masa – masa tinggal di Bogor, kuliner di sini bareng teman kantor saat jam makan siang hari jumat. Melewati Istana Bogor, teringat saat hampir tiap akhir pekan kemari untuk memberi makan rusa bersama kedua si kecil saya, kini trotoarnya jadi lebih lebar, makin nyaman untuk mengajak anak-anak melihat dan memberi makan rusa-rusa.

Bogor
Hari minggu lalu saya kembali menjejakkan kaki di Kota Bogor, jalan-jalan plus melihat langsung peresmian sebuah taman bermain untuk anak-anak yang  di Lapangan Sempur, Taman Kaulinan. 


Lapangan Sempur
Taman dan Oksigen Jiwa
Saya dan keluarga sampai di Lapangan Sempur sekitar pukul 6.30 setelah mengalami kepadatan jalan di daerah Jembatan Merah. Pengunjung sudah sangat membludak. Ehm, apa karena ini acara peresmian Taman oleh pak walikota sehingga ramai, pikir saya. Setelah saya bertemu dan berbincang dengan teman yang tinggal di Bogor, katanya memang hampir setiap weekend suasana di sekitar Lapangan Sempur seperti ini, dipadati pengunjung untuk berolahraga atau sekedar santai di taman. Yap, seperti yang saya lihat beberapa pengunjung tidak nampak berolahraga atau terlihat akan berolahraga, namun sekedar ‘berwisata’, menghabiskan waktu bersama keluarga. Nampak juga beberapa komunitas hobi. Indikasi bahwa setiap orang membutuhkan ruang publik untuk bersosialisasi, menghabiskan waktu bersama keluarga, teman atau sekedar melepas penat.

Tepat seperti yang dikatakan Pak Walikota Bogor, Bima Arya, Taman adalah oksigen jiwa dan tujuan pembangunan taman kota tidak hanya dipandang sebagai penambahan ruang terbuka hijau, tetapi pada saat yang sama sebagai tempat membangun karakter warga. “Mimpi kita menjadikan Kota Bogor sebagai kota keluarga, sabtu dan minggu warga berbondong-bondong ke Taman untuk bercengkrama dan menghabiskan waktu bersama keluarga.”

Kota Bogor memiliki beberapa taman tematik yang dibangun atau direvitalisasi yakni Taman Bogor, Taman Corat-coret, Taman  Skatepark, Taman Air Mancur, Taman Heulang, Taman Ekspresi, Taman Kencana, Taman Peranginan, Hutan Kota dan Taman Malabar.

Taman Kaulinan 
Nama Kaulinan berasal dari bahasa sunda yang berarti permainan, nama ini dipilih karena kota Bogor memiliki latar belakang sejarah Sunda yang sangat kental. Taman Kaulinan merupakan ruang publik yang dirancang secara modern namun dengan konsep menggusung kebudayaan daerah hal ini terlihat dari adanya beberapa permainan tradisional yang ada di sini seperti tapak gunung, engrang dan ular tangga.

Dengan dikelilingi beberapa pohon besar area Taman Kaulinan menjadi nyaman dan sejuk. Disisi lain Taman Kaulinan berbatasan dengan sungai yang cukup lebar, sirkulasi angin dan udara menjadi lebih terbuka. Nyaman dan adem.

Kedua si kecil saya langsung antusias begitu melihat papan ular tangga raksasa di  dan  langsung meminta saya memutar 'dadu'. 

Di sisi lain taman nampak pentas seni dihadirkan sebagai bagian dari acara pembuka peresmian Taman Kaulinan oleh Walikota Bogor, Bima Arya. 

Bersiap-siap

Sekitar pukul delapan, Walikota Bogor menandatangi prasasti peresmian yang dilanjutkan dengan mencoba permaina Flyng Fox.

Peresmian Taman Kaulinan
(foto pinjaman dari mba Winny)

Mengenakan perlengkapan untuk mencoba Flyng Fox

Salah satu tujuan dibuat taman bermain ini adalah menyediakan ruang bermain untuk anak-anak di alam terbuka agar anak tidak selalu berkutat dengan permanainan di gadget dengan begitu kemampuan motorik anak terlatih.



Engrang Statis

Rumah Pohon

Ular Tangga



Taman Kaulinan dibuat dengan memenuhi standar keamanan untuk anak-anak  dilengkapi gazebo untuk orang tua menemani dan mendampingi anak bermain serta rumah pohon yang tentunya  sangat disukai anak-anak.

Menurut Solihin, Corporate Affair SAT,  waktu pembangunan Taman Kaulinan bersamaan dengan revitalisasi Lapangan Sempur yaitu tanggal 25 Juli tahun lalu. Taman seluas 600 meter persegi ini selesai pada Januari 2017 dan sudah siap dioperasikan.

DonasiKu oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya
Taman Kaulinan merupakan wujud kepedulian bersama antara pemerintah, perusahaan swasta, lembaga social, dan masyarakat luas terhadap perkembangan kreativitas anak. Pasalnya taman ini dibangun dari hasil penggalangan dana masyarakat atau yang lebih dikenal dengan DonasiKu yang dihimpun melalui kasir Alfamart Alfamidi bekerja sama dengan YayasanBerani Bhakti Bangsa. Penggalangan berlangsung pada periode November – Desember 2015. Lebih lanjut tentang #YayasanBerani bisa dilihat di akun twitternya @yayasanberani

Selain melalui uang kembalian yang mungkin jumlahnya hanya 100 rupiah, masyarakat pelanggan setia Alfamart Alfamidi  juga dipersilahkan untuk memberikan donasi secara bebas.

Pelaksanaan program DonasiKu dilakukan oleh yayasan yang menjadi mitra PT. SAT  seperti Yayasan Berani Bhakti Bangsa yang melakukan pembangunan Taman Kaulinan.

DonasiKu dinaungi oleh direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial  Kementrian Sosial RI.
Beberapa bentuk kegiatan social lain yang sudah terlaksana berkat donasi masyarakat lewat DonasiKu adalah Bright Eyes Bright Future (BEBF)  yang menyalurkan kacamata gratis bagi anak-anak sekolah yang membutuhan di seluruh Indonesia. Khitanan Massal, penyaluran Alat Bantu Disabilitas dan Rumah Singgah  bagi anak penderita kanker.

Penyebaran DonasiKu sangat transparan dan dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat luas melalui media social, website  www.alfamartku.com serta publikasi lain di media.


8 komentar:

  1. Seneng banget di Bogor sekarang banyak taman2 cantik tematik
    Banyak alternatif buat mengisi waktu di akhir pekan

    BalasHapus
  2. senangnya ya di Bogor ada Taman seperti ini, semoga Alfamart akan membangun taman di kota-kota yang lain

    BalasHapus
  3. Wah mb Rina dulu tinggal di Bogor ? Alhamdulillah ya Bogor sekarang tambah cantik. Apalagi udah ada Taman kaulinan sekarang

    BalasHapus
  4. teteeeh.. ayo kita main di taman lagi. Asli ngga puas ketemu teteh sebentar doang

    BalasHapus
  5. alhamdulillah ada taman bermain spt ini ya, memberikan ruang gerak buat anak-anak.. cakep tamannya

    BalasHapus
  6. Wah enak banget ya ada banyak permainan gitu

    BalasHapus
  7. Nanti kalau ke Bogor lagi, janjian ketemuan bisa di Taman Kaulinan, Rin :)

    BalasHapus
  8. Bogor memang sudah lebih rapi ya sekarang, asyik yaa kalau bisa main bawa anak-anak ke sini...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...