Sabtu, 11 Februari 2017

Phalaenopsis si Bunga Eksklusif

Assalamualaikum Teman, 

Menuntaskan rasa rindu. Rindu ngeblog heuheu. Dan mau  ngomongin bunga, karena akhir - akhir ini berkutat dengan bunga selain tentu saja urusan rumah tangga, jadi yang kepikiran mau nulis soal bunga. Oh ya bacaan saya pun akhir-akhir ini tidak jauh - jauh dari cara merawat dan menanam beragam bunga hahaha. Nasib tukang kembang amatir kudu banyak belajar.

Ada yang tahu Phalaenopsis? Betul, nama pasarannya anggrek bulan. Anggrek yang bisa dibilang ekslusif diantara jenis anggrek lain. Indah iya tapi banyak banget anggrek lain yang lebih indah. Nah apa sih yang membuat anggrek ini ekslusif hingga selalu jadi hiasan dibanyak lobi perkantoran, hotel, rumah sakit, restoran mewah atau mejanya big bos, bahkan jadi pelengkap saat imlek.

Anggrek bulan bukan jenis anggrek langka dan mudah dibudidayakan namun pada kondisi udara tertentu (harus dingin). Jadi walaupun banyak anggrek lain yang lebih indah dan wah bunganya, ketersediannya jarang. Kedua, tanpa perlu dirangkai rumit anggrek bulan cukup menawan, ini karena kelopak lebarnya yang menawan dan memukai lengkap dengan spike (tangkai) yang panjang. Ketiga, bunganya cukup tahan lama, bisa hingga dua bulan.

Bunga anggrek dipercaya melambangkan kehalusan, eksotis dan anggun mewakili cinta, mewah, keindahan dan kekuatan. 

Pada perayaan imlek, memberikan rangkaian bunga adalah tanda penghormatan. Ehm, mungkin itu sebabnya anggrek bulan termasuk salah satu tanaman yang laris manis menjelang imlek, kecuali anggrek bulan berwarna putih.

Anggrek bulan vs Anggrek bulan mini
Berdasarkan ukuran ada dua jenis anggrek bulan yaitu anggrek bulan biasa(standar) dan anggrek bulan mini. Sesuai namanya, anggrek bulan ini berukuran kecil, memiliki bentuk daun yang sama dengan anggrek bulan biasa, kelopaknya mirip tapi lebih kecil. Anggrek bulan mini memiliki banyak variasi warna dan corak.

Anggrek bulan mini (foto koleksi pribadi)
Anggrek bulan mini disebut juga anggrek koleksi, karena keanekaragaman corak, warna dan bentuk bunganya dan ketersediannya tidak banyak alias langka.

Karena berjualan bunga beberapa customer mengira saya florist alias perangkai bunga juga. Sempat kaget dan deg-deg an waktu nekat menerima order merangkai anggrek bulan. Sekilas mudah, cuma tinggal masukin pot ternyata ada teknik khusus supaya bunga kokoh dan nampak terangkai. Saya masih meraba-raba alias belajar dan tetap nekad nerima orderan, karena kalau tidak begini saya pikir kapan belajarnya. Resikonya saya harus menyediakan garansi dan siap mental kalau dicomplain customer.

Beruntung customer pertama saya cerewet dan bikin shock karena sikap keukeuhnya. Harus beginilah begitulah, harus dapat dan harus bisa....duh, 

Beberapa foto sudah pernah saya post di IG @t_rinasusanti dan atau akun jejualan saya @anggrek.hias. Sekilas mirip bunga palsu alias plastik. Dari jauh memang bisa nampak seperti bunga plastik, daunnya kaku, padahal kelopak bunganya halus.


foto koleksi pribadi (my project)
Tip Merawat Anggrek Bulan
Bunga anggrek bulan akan awet selama satu bulan (tetap mekar dan segar) namun perlu perawatan, seperti siram seminggu 2 kali dan jika di tempatkan dalam ruangan, pastikan sirkulasi udara baik. Seminggu sekali tempatkan di udara terbuka agar terkena sinar matahari. Namun sinar matahari yang boleh mengenainya hanya sekitar 50% jadi tempatkan di bawah pohon, paranet atau kanopi.

Jika bunga sudah layu dan rontok apa bisa berbunga lagi? Sangat bisa, intinya terletak pada perawatan. Jika sudah layu patahkan tangkai bunganya sampai ujung. Tempatkan di luar ruangan, siram secara teratur dan beri pupuk secara teratur.  Jika media tanam rusak segera ganti. Tapi media tanam anggrek bulan tahan hingga 2 tahun.

Ada yang tertarik menanam anggrek bulan?










1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...