Rabu, 08 November 2017

Teguran saat banyak mengeluh

Assalamualaikum teman

Mau sedikit cerita kejadian sekitar dua minggu lalu yang membuat saya tersadar kalau selama ini saya kurang bersyukur ( padahal sudah merasa bersyukur),  Allah swt menegurnya dengan cobaan berupa sakit.

Dua minggu lalu kedua si kecil saya demam, yang agak parah adik karena hingga 3 hari demannya hanya turun saat diberi obat, 4 jam berikutnya demam lagi, begitulah sampai tiga hari. Alhamdulillah anak –anak tidak memiliki riwayat kejang jadi kekhawatiran saya berkurang. Hari kedua demam, adik lemas karena tidak mau makan. Kaka lebih cepat sembuh karena mau makan.

Walaupun hanya demam, pilek dan batuk,   saya merasa kerepotan. Lebih repot ketika akhirnya saya tertulari dan hingga sekarang masih tersisa batuknya.


Senin, 23 Oktober 2017

Good Friends Good Life



Sahabat yang datang dan pergi
Persahabatan saya berganti, seiring usia, aktivitas  dan tempat tinggal. Saat merantau ke Jakarta (pindah kerja dan ikut suami) berlahan dan tanpa sengaja persahabatan dengan teman – teman sebaya di lingkungan rumah berlahan memudar – kami bersahabat sejak sekolah dasar hingga masing – masing dari kami kuliah dan bekerja – saat salah satu dari kami menikah, kami ikut bantu dan jadi pagar ayu. Persahabatan yang paling seru karena kami melewati masa pubertas hingga jatuh cinta serius (sampai menikah) bersama. Kami tidak selalu satu sekolah tapi tetap bersahabat dan karena kami anak – anak ndeso, kami tidak mengalami masa – masa galau pengen ngedugem, nyoba pacaran aneh – aneh atau berkelakuan aneh. Salah satu yang jadi kehebohan kami saling tukar pinjam novel Agatha Christie, majalah gadis, bukunya lupus, dan novel – novel cinta jaman itu heheheh.

Jika mudik pun hanya sesekali bertemu, sebenarnya selalu ingin bertemu mereka tapi apa daya ada kalanya setelah begitu bersemangat membuat janji batal kumpul karena mendadak ada acara keluarga masing – masing. Kini saat bertemu di media sosial hanya sekedar hai dan like. Bukan karena tidak ingin ngobrol tapi kalau obrolan panjang kan enaknya face to face.

Setelah belasan tahun tidak bertemu mudik kemarin bertemu teman saat kuliah, kami tidak kampus, teman nongkrong di sebuah toko buku

Masuk dunia kerja saya menemukan sahabat – sahabat baru, aktif jadi blogger bertemu sahabat baru. Pindah tempat tinggal bertemu sahabat baru. Jadi macan ternak bertemu sahabat baru.  

Menemukan sahabat memang tidak mudah karena biasanya harus ada kesamaan dan chimestry. Biasanya kesamaan minat yang membuat kami bersahabat dan tidak harus selalu kesamaan minatnya itu menulis atau blogger hehehe.

Bersahabat dengan lawan jenis setelah menikah? Saya tidak
Setelah menikah saya tidak punya teman apalagi sahabat  lawan jenis. Saya berprinsip tidak ada persahabatan/pertemanan dengan lawan jenis setelah menikah. Kalau saya bergabung dengan WAG teman kuliah atau sma, obrolan hanya di grup tidak pernah japri pun kalau bertanya suatu hal pada seseorang, saya memilih nanya di grup. Ikut kopdar kalau rame – rame dan masing – masing biasanya membawa keluarga.

Alasan saya menghindari berteman dengan lawan jenis setelah menikah, khawatir obrolan jadi mendalam lalu timbul simpati lalu seperti kata  pepatah soko kulino jalaran tresno, karena sering bertemu jadi jatuh cinta (jaman sekarang bertemu tidak harus secara fisik obrolan mendalam via WA bisa memunculkan benih cinta) dan menurut agama yang pahami, nafsu itu mudah banget diletupkan apalagi dalam hubungan lawan jenis. Bukan kebetulan saya dan Pak suami sama – sama tidak punya mantan, jadi sejauh ini tidak ada teman dari masa lalu yang bikin  baper hehehe.

Memiliki teman/sahabat bagi saya hal penting
Saya bukan termasuk orang yang supel, tidak terlalu pandai basa – basi, malah sejak kecil orang selalu bilang saya jutek hahaha. Sebenarnya karena saya tidak pandai membuka pembicaraan, memilih diam dan sedikit pilih – pilih kalau berteman, mencari yang memiliki kesamaan  frekuensi, istilahnya. Walaupun tidak supel saya tipe yang butuh teman dan senang berteman. Dan lima hal berikut yang membuat saya merasa harus memiliki teman atau sahabat walaupun sudah menikah.

Teman ngobrol
Tidak harus ngobrolin hal penting, kalau bertemu  bu tetangga atau sesame macan ternak, kita tidak pernah ngobrolin politik atau gosip selebritis. Obrolan pasti seputar sekolah anak – anak, sharing kalau anak sakit, komentari harga kebutuhan di pasar.

Teman  saling menginspirasi
Berteman dengan macan ternak tidak selalu ngobrolin harga tas, baju atau kosmetik lho, mungkin itu tergantung levelnya hahaha kita mah macan ternak non sosialita. Contohnya pagi berfaedah hari kamis minggu lalu saya dan macan ternak lain dijamu sarapan (habis mengantar anak sekolah), ngobrolin belajar jahit autodidak, bikin gorden, seprei dan taplak meja sendiri.

Dalam satu tahun ajaran hanya 2 atau 3 kali kumpul rujakan dengan
para mama cantik antar anak di sekolah TK adik,
sekalian ngebahas kegiatan sekolah anak - anak 

“Kalau bikin seprei atau gorden cuma lurus doank. Kalau bikin gamis aku belajar dari youtube,” Ujar mommy Bara.  Saya lihat gorden kolong dapur bikinannya yang rapih. Jadi terinspirasi mencoba mesin jahit di rumah yang sudah terpajang manis di ruang perpus selama setahun. Dipake kalau Ibu ke rumah karena saya tidak bisa memakainya. Gara –  gara bertemu macan ternak kemarin, saya mulai deh coba – coba dan merasa harus bisa menjahit, minimal menjahit yang lurus - lurus semisal membuat gorden dan taplak meja.

Teman penyemangat mencari ilmu
Gabung di majelis talim orang tua murid sekolah si sulung, majelis talim khusus perempuan. Alhamdulillah kesampaian belajar tahsin lagi – terakhir belajar tahsin waktu kuliah dan sudah banyak yang lupa.  Jadi semangat juga mengikuti kajian keagamaan karena membaca buku sendiri sudah mulai malas hehehe.

Teman satu minat/hobi
Hobi nulis di blog, motret, koleksi anggrek dan tanaman hias (sekalian jualan), menemukan teman hobi di media sosial. Sesekali kopdar.


Alhamdulillah Pak suami mendukung kalau saya kopdar dengan teman – teman sesama Ibu – ibu yang sehobi. Malah mendorong untuk melakukannya secara rutin karena katanya berteman membuat berkembang. Dan hiburan juga sih masa iya harus ngurusin urusan dapur, sumur dan kasur melulu hehehe. Aktualisasi diri bagi IRT macam saya walaupun bukan hal urgent tapi penting agar tetap bahagia, nggak gampang stress dan tidak melulu mikiran pekerjaan rumah dan anak – anak . Happy mom happy family. 


Tulisan ini merupakan bagian dari #KEBloggingCollab dari Grup Butet Manurung dengan Post Trigger tentang Persahabatan Setehah Menikah  di Web KEB ditulis oleh Mak Ophi Ziadah Pemilik http://www.ophiziadah.com

Di Grup Butet Manurung juga ada tulisan tentang find your girlfriends in life   Batas persahabatan lelaki dan perempuan

Kamis, 19 Oktober 2017

Preloved Book

Assalamualaikum teman,

Cerita  mau melelang beberapa buku koleksi saya karena rak buku di rumah sudah overload hehehe. Beberapa buku sudah saya berikan pada teman/anak tetangga yang berminat. Dan masih ada beberapa buku yang gratis hanya tinggal ganti ongkir, kalau mau free ongkir silahkan mampir ke rumah saya untuk mengambilnya hehehe.

Ternyata perlu waktu berbulan - bulan untuk memutuskan melepas buku - buku ini, pertimbangan utamanya siapa tahu nanti kepake untuk literatur kalau saya mau nulis, pertimbangan kedua rasa sayang hehehe, maklumlah ya saya baru kebeli buku setelah punya uang sendiri yaitu pas kuliah saat nyambi jadi guru privat.

Bisa dibilang setiap buku yang dibeli punya cerita.  Biar tidak kepanjangan langsung aja ya teman, berikut buku - buku yang saya lepas, yang berminat silahkan WA 08118555550,  sebutkan judul buku yang diminati berikut alamat kirim, maksimal transfer 24 jam setelah pesan , jika lewat buku saya berikan pada  peminat berikutnya.

Semua buku dalam kondisi baik tidak sobek dan lecek.

1. Buku free hanya ganti ongkir

jurnal perempuan 

biography barak obama dan buku lain 

2. Lima ribu rupiah saja

i love momday, succes parenting, a cup a tea for single mom, love of mom 

bahagia ketika ikhlas, sebelum aku jadi istrimu, emak ingin naik haji dan blue romance (fiksi)

anakku sehat tanpa obat, beautiful mistake (fiksi), forgotten massacre, mompower, usg yur baby 

3. Sepuluh ribu




4. Lima belas ribu saja


Memanfaatkan Voucher Diskon Tempat Wisata untuk Liburan Akhir Pekan

Weekend ngapain ya? Pernah terbersit pertanyaan itu? Kalau saya kadang – kadang iya, terutama kalau udah pengen jalan – jalan hehehe, minimal jalan – jalan di dalam  kota, cuci mata di mall sekalian ke tokbuk, coba kuliner baru di sekitaran BSD, atau hunting tanaman *edisi tukang tanaman*.

Biar ga bingung dan bisa menentukan mau kemana weekend ini? Kadang saya membuat list, agar jalan – jalan diusahakan tidak ke tempat yang sama setiap bulannya, agar jadi bahan eksplorasi buat anak – anak.



Olahraga
Karena judulnya sekalian jalan – jalan, untuk olahraga biasanya kami memilih Taman Kota BSD 1 atau 2. Asik lho tempatnya, banyak pohon besar jadi udara sejuk. Kalau mau sekalian kuliner kami memilih Taman kota BSD 1, karena di sana banyak pilihan jajajan *ini mau olahraga atau jajan?*

Jumat, 13 Oktober 2017

[Home Living] Rumah Rapih dengan Rak Dinding

Sudah lama mengidam – ngidamkan memiliki  beberapa rak dinding untuk mengatasi ‘keberantakan’ beberapa barang (terutama yang jarang digunakan tapi penting – misal perabot khas Bapak – bapak; palu dan teman – temannya)  karena belum ada tempat penyimpanan yang pas, akhirnya penumpuk dan tergeletak ditempat tak tentu. Efeknya suka rempong saat membutuhkan karena tak terlihat, entah karena terhalang atau tertumpuk barang lain, atau  lupa menyimpannya. Ada yang pernah mengalami hal yang sama? Solusinya permanennya sih punya gudang dengan rak susun hehehe. Tapi berhubung rumah kami luas nya hanya segitu – gitunya pun keuangan belum cukup untuk membuat gudang, jadilah harus diakali dengan cara hemat dan praktis, salah satunya rak dinding.

satu dari beberapa rak dinding buatan Pak suami

Kamis, 05 Oktober 2017

Kandungan Gizi Daging Ayam dan Telur Membuat Sehat dan Cerdas

Telur ayam dan daging ayam adalah makanan favorit kami sekeluarga. Khusus untuk telur ayam, ketersediannya selalu ada di rumah alasannya karena telur  solusi cepat untuk keadaan darurat lapar karena bangun kesiangan - sementara anak – anak dan Ayahnya  harus sarapan sebelum pergi ke sekolah dan kantor - atau tengah malam lapar karena keasikan begadang.   

TELUR
stok telur di rumah 
Kebiasaan menyetok telur ini saya tiru dari Ibu. Dan saya selalu ingat nasehatnya,”Minimal anak – anak dikasih makan telur dan sayur hijau bening, jangan cuma kerupuk dan kecap, tidak ada gizinya.” Kalau diingat – ingat itu juga yang terjadi pada kami saat kecil, kalaupun keuangan keluarga sedang menipis lauknya tetap telur, walaupun satu telor untuk berdua.

Untuk ukuran orang yang tinggal diperkampungan dengan lingkungan menengah ke bawah secara ekonomi dan status sosial, pengetahuan Ibu soal pemenuhan gizi keluarga saya acungi jempol dan itu saya sadari setelah dewasa dan memiliki anak – anak. Saya pun jadi tahu alasan Ibu memilih telor, karena kandungan gizi telur cukup lengkap, mengandung beragam vitamin, mineral dan proteinnya sangat bagus untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak - anak. Mungkin itu salah satu faktor yang membuat kelima anak Ibu tumbuh sehat dan cerdas.



Sabtu, 30 September 2017

Reading Corner

Bagi pecinta buku, yang suka baca, sedikit baca banyak menimbun atau  sebaliknya sedikit menimbun banyak baca hehehe, pokoknya book lover, kutu buku, apapun istilahnya pasti punya impian memiliki perpustakaan di rumah. Tidak perlu luas (kalau luas Alhamdulillah banget) yang penting nyaman dan ada rak untuk memamerkan menyimpan buku.

Boleh baca Yuk menularkan minat baca

koleksi buku anak - anak

Rabu, 27 September 2017

Tips Hemat Membeli Peralatan Dapur untuk Food Blogger Pemula

Ada yang mulai suka masak lalu memfotonya untuk posting di instagram atau blog post? Saya (ngacung sendiri). Mulai suka masak sejak resign kerja karena merasa ada waktu dan  tidak ada si mba hehehe. Buka akun IG dan pinterest, lihat – lihat foto  makanan ciamik, kok jadi pengen bisa motret ya. Mungkin efek mencari hiburan atau  sesuatu yang bisa dilakukan selain mengurus anak - anak, kasur, sumur dan suami tentunya hehehe.

Boleh lihat - lihat blog masak saya di https://semangkukrasakitchen.wordpress.com/

me time ala - ala hehehe


Duh ngapain sih ikut – ikutan latah motret makanan ala - ala food blogger? Buang – buang waktu aja! Aih namanya juga kesenangan, tidak bisa dirasakan orang lain dan melakukan sesuatu yang kita sukai bisa membuat happy, efek keluarnya hormon endorphin. Bagi saya melakukan sesuatu yang disukai semacam hiburan atau me time,  sekaligus jeda dari rutinitas irt yang khas dan itu – itu saja.  

Kamis, 21 September 2017

Transpulmin, Redakan Lelah dan Gejala Influenza si Anak Aktif

Anak - anak di usia aktif 
Selfie sebelum pulang. 

smile
Wajah Kaka langsung sumringah begitu diajak selfie setelah sebelumnya terduduk lemas di samping setelah meneguk bekal minumnya hingga tandas. Saya bisa membayangkan kelelahannya karena kegiatan kepanduan yang baru diikutinya dilakukan di lapangan di tengah panas terik. Kasian tapi itu salah satu cara anak – anak keluar dari zona nyaman dan belajar banyak hal.

Kalau biasanya Kaka diantar jemputan sekolah, setiap hari jumat Mama yang harus jemput karena supir jemputan  keberatan jika hanya menjemput satu orang,  karena siswa  lainnya pulang jam setengah dua belas. Walaupun awalnya bete  (karena jam menjemput sama dengan jam tidur siang Adik yang artinya saya bisa me time) setelah dijalani bersyukur karena bisa melihat momen Kaka berkegiatan,   Adikpun senang karena tidak tidur siang dan kita bisa jajan di kantin sekolah kaka hehehe.

Di sekolah Kaka hari jumat adalah hari ektra kulikuler (ekskul), jam belajar hanya sampai  9.30 selanjutnya  ekskul sampai  jam 11.15. Siwa  kelas 4 sampai 6 dilanjutkan dengan ekskul kepanduan, yang merupakan ekskul wajib, setelah sebelumnya diselingi acara ishoma. Sementara anak lelaki jumatan, perempuan keputrian.

Redakan lelah dengan Transpulmin
Tak heran setiap hari jumat, begitu sampai di rumah Kaka langsung menghempaskan diri ke sofa, lalu meminta saya menggosok punggungnya dengan balsam Transpulmin. Sejak saya kenalkan dengan balsam Transpulmin Kaka jadi punya kebiasaan baru, kalau kecapean minta Mama gosok punggungnya dengan Transpulmin. Mama tidak mau kalah donk, kalau pagi habis mencuci Mama juga minta Kaka gosok punggung Mama dengan balsam Transpulmin. Jadi gantian hehehe.

redakan lelah
"Enak Mah, hangat, wanginya juga enak, seger,"komentar Kaka. Kandungan Chamomile pada Transpulmin memberi efek rileksasi dan anti-inflami, cocok untuk anak - anak yang sepanjang hari beraktivitas. Rasa hangatnya berasal dari kandungan camphor,

Kaka latihan Marching Band
Bisa dibilang hari jumat adalah hari paling melelahkan secara fisik untuk Kaka. Dan itu belum berakhir karena hari sabtunya Kaka ikut ekskul marching band. Sebagian ekskul memang diadakan hari sabtu mengingat keterbatasan tempat seperti ekskul marching band, marawis, sepak bola, semapur dan robotik.

Apa tidak kasian anak ikut ekskul ini itu? Untuk urusan ekskul saya menyerahkan sepenuhnya  pada Kaka, termasuk memilih ekskul apa. Hampir tiap semester Kaka ganti ekskul, bela diri, bulu tangkis, menggambar,  marawis dan semester ini menari dan marching band.   Semua ekskul atas pilihannya kalau kami tidak pernah memaksakan satu jenis ekskul untuk ditekuni lama karena kami  pikir itulah caranya  Kaka mencari minat dan hobinya, mencoba ini itu untuk mencari mana yang benar-benar disukainya dan membuatnya enjoy.

Kami hanya suka mengingatkan kalau sudah memilih ekskul apapun harus dijalani dengan serius, dicoba jangan pernah bilang tidak bisa.
“Memangnya kenapa?”
“Supaya Kaka menemukan hobi, sesuatu yang disukai banget.”
“Memangnya kenapa harus punya hobi?”
“Karena mempunyai hobi itu membuat kita senang dan tidak bingung, mau ngerjain apa.”
“Ehm, aku hobinya apa ya, Ma?”
“Dicari dan dicoba. Boleh suka menggambar, nari…
“Kalau hobinya main boleh ga, Ma?”
“??%#@”

Karena Kaka tipe anak yang aktif, tidak bisa duduk manis lama – lama (pecicilan melulu, kalau istilah Mamah saya), senang berteman, jadi ikut ekskul ini – itu sepertinya membuat dia happy.  Adik bukannya tidak aktif hanya lebih bisa tahan lama duduk diam dengan serius mengerjakan sesuatu, tahan terbata – bata membaca beberapa lembar buku atau menggambar berlembar – lembar.

Yang pasti mereka memasuki masa anak yang sedang aktif – aktifnya,   mengeksplorasi, melakukan kegitan  dan mencoba banyak hal.  Masa yang menurut saya harus diarahkan dan didukung agar kreatifitas mereka  terasah, menemukan minat dan bakatnya.  


Apa saya sudah melihat bakat dan minat anak – anak? Sejauh ini baru melihat kecenderungannya. Kaka terlihat sudah memiliki minat besar pada menggambar, Adik senang dengan angka - angka. 

Dukungan lain yang tidak kalah penting adalah menjaga  kesehatan mereka dan kami sendiri sebagai orangtua. Yap, bukan hanya anak – anak yang harus fit, juga kita sebagai orangtuanya.  Jika salah satu sakit semua kegiatan rasanya berjalan pincang. Dan kalau anak – anak yang sakit rasanya lebih repot apalagi kalau dibarengi tidak mau makan, kepala rasanya pening.

Influenza, gangguan kesehatan yang sering menyerang anak – anak
Gangguan kesehatan yang kerap menyerang anak seusia mereka adalah influenza, virus ini ada di mana – mana  dan mudah ditularkan. Saat anak – anak aktif dan kelelahan, daya tahan tubuh mereka menurun, disitulah biasanya virus dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Influenza ditandai dengan gejala; batuk, pilek, demam, hidung tersumbat dan lain – lain. Gejala influenza termasuk ke dalam kelompok penyakit yang bisa sembuh sendiri, dipengaruhi daya tahan tubuh penderita. Tapi walaupun influenza penyakit ringan dan bisa sembuh sendiri membuat kondisi anak - anak drop. Sulit tidur karena batuk, hidung tersumbat atau demam. Kadang disertai tidak mau makan. Dan kalau anak - anak sakit pekerjaan rumah rasanya bertambah dua kali lipat. 

Beberapa kebiasaan yang saya terapkan agar anak – anak  tidak mudah lelah dan memiliki daya tahan tubuh kuat diantaranya;  

Selalu sarapan
Sarapan adalah sumber energi untuk memulai aktivitas. Dari membaca beberapa artikel disebutkan jika sarapan, menurut hasil sebuah penelitian, membuat badan lebih sehat, otak lebih cerdas, mudah berkonsentrasi dan tidak mudah terserang penyakit.

Istirahat cukup
Saya tidak membiasakan anak – anak tidur malam, sebaliknya membiasakan mereka bangun pagi. Istirahat tidur siang bagi anak – anak berpengaruh pada pertumbuhan badan dan perkembangan otaknya. Karena Kaka setiap hari pulang sekolah sore, saya sarankan dia untuk tidur saat di mobil jemputan. 

Makan teratur, bergizi dan minum air putih cukup
Makanan bergizi tidak identik dengan makanan mewah atau mahal lho, terlebih harga sayuran terhitung murah. Sumber protein selain dari daging (ayam/sapi) bisa dari ikan, telur, tahu dan tempe.


Sentuhan hangat yang menenangkan
Kedua anak saya punya kebiasaan diusap – usap punggung sebelum tidur, kebiasaan yang dibentuk sejak bayi, niatnya menenangkan supaya cepat tidur eh jadi keterusan hingga sekarang. Tapi untunglah seiring usia setelah saya beri  pengertian kalau Mama tidak bisa mengusap punggung keduanya sampai tertidur, karena harus gantian Kaka dan Adik, dan Mamanya juga pegal, jadi usap punggungnya hanya berupa  pijatan beberapa kali.

Sejak kenal Transpulmin, saya usapkan balsam Transpulmin saat mengusap punggung mereka sebelum tidur. Kandungan sage oil pada Transpulmin memberikan efek aromateraphy yang merelaksasi tubuh. Tidak heran jika sudah diusap Transpulmin anak - anak tidur lebih lelap. Karena tidur mereka lelap, saat bangun badan mereka bugar. Dan yang membuat anak - anak suka dengan balsam transpulmin karena bentuk creamnya tidak lengket dan tidak berminyak di kulit.

Transpulmin redakan gejala influenza
Jika anak - anak terkena gejala influenza balsam Transpulmin bisa jadi pertolongan pertama lho, karena kandungan Eucalyptol nya mampu melegakan gangguan pernafasan seperti batuk dan pilek. Sedangkan metholnya meringankan gejala pilek. Caranya oleskan 1-4 cmTranspulmin pada dada, punggung dan leher, lalu gosok - gosok dengan menekannya secara halus dan merata.

Dua hari sehabis magrib, Adik tiba -tiba mengeluh sakit perut tapi bukan mau pup, dugaan saya masuk angin. Saya coba mengusap perutnya dengan Transpulmin alhamdululillah dengan ijin Allah sembuh, anginnya keluar lewat buang angin yang cukup kencang hehehe. Jadi Transpulmin cocok banget untuk dibawa  traveling karena banyak manfaatnya.

Sentuhan = Bonding
Saling mengusap/memijit  menggunakan Transpulmin dengan anak - anak sesaat sebelum tidur malam, bukan hanya membuat tubuh sama - sama nyaman dan hangat, saat kulit kita bersentuhan, bonding juga terbangun. Obrolan biasanya jadi lebih intens, anak - anak akan bercerita tentang kejadian di sekolah tanpa diminta, lalu obrolan terhenti dengan sendirinya karena mereka terkantuk - kantuk lalu tertidur.

Hal - hal kecil yang menambah energi untuk  tetap tersenyum dan bersemangat menyambut besok pagi. 

Ada yang belum tahu apa itu  Transpulmin balsam?
Transpulmin balsam adalah balsam yang diformulasikan untuk meredakan gejala influenza atau menghangatkan dan memberikan rasa rilex pada tubuh. Ada dua macam balsam Transpulmin yaitu Transpulmin BB atau Transpulmin baby balsam dan Transpulmin balsam keluarga.

Transpulmin kapan dan dimana saja
Keduanya memiliki perbedaan kompisisi karena disesuaikan dengan peruntukan usianya. Transpulmin baby balsam merupakan balsam yang diformulasi untuk anak usia 2 tahun ke bawah dan sudah direkomendasikan oleh banyak dokter anak selama kurang lebih 30 tahun. Sedangkan Transpulmin Balsam keluarga adalah balsam yang diformulasikan untuk digunakan setiap anggota keluarga yang usianya diatas 2 tahun.

Transpulmin Baby Balsam

Tidak mengandung camphor dan methol sesuai untuk kulit bayi yang sensitif sehingga tidak menyebabkan alergi. Seperti halnya balsam Transpulmin keluarga, Transpulmin BB dapat digunakan untuk meredakan gejala influenza, menghangatkan tubuh bayu dan meredakan nyeri, karena kandungan Eucalyptus oil sedangkan ekstrak chamomile nya memberikan efek relaksasi, melegakan pernafasan, dan menghangatkan badan.

Cara pemakaian digosokkan pada dada, punggung dan leher, dengan pemakaian sehari 2 - 4 kali. 

Manfaat Transpulmin BB

Komposisi dan cara kerja Transpulmin BB

Transpulmin Balsam Keluarga 

Dapat digunakan untuk seluruh anggota keluarga, seperti yang kami gunakan. Oh ya jangan gunalan Transpulmin dengan cara menghirupnya langsung di bawang lubang hidung. Untuk melegakan hidung tersumbat campur Transpulmin beberapa cm dengan 1L air panas dan hirup uangnya. 


Transpulmin cocok untuk anak - anak aktif

Meredakan kelelahan si kecil yang aktif 

  Teman - teman memiliki momen kehangatan juga Transpulmin balsam? Yuk dishare

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition Transpulmin Kehangatan Ibu





Minggu, 17 September 2017

Jalan - jalan Bersama Keluarga Besar



Jalan – jalan bareng keluarga itu seru, tapi lebih seru kalau jalan – jalan bareng keluarga besar, tapi sayangnya tidak bisa sering dilakukan selain karena sulitnya mencari waktu yang pas  juga biaya yang tidak sedikit. Sekitar dua tahun lalu saya  berlibur bersama keluarga besar ke Lembang dan Ciater. Nah, di Ciater ini kita mendapat tempat penginapan yang pas untuk liburan rame – rame, harga bersahabat, kapasitas besar, makanan enak dan komplit, arena berenang dan bermain anak yang luas dan masjid luas yang bagus dan bersih.


Sabtu, 16 September 2017

5 Tempat Wisata Sejarah di Kota Denpasar

Salah satu destinasi wisata impian saya adalah Bali, walaupun sudah pernah ke Bali dua kali tapi karena acara dari kantor (waktu jaman saya masih ngantor 4 tahun lalu)  rasanya beda karena bareng teman –mteman kantor bukan dengan keluarga. Yang ngagenin dari Bali selain keindahan alam dan budayanya adalah oleh – olehnya yang bikin kalap karena harganya bersahabat.   Semoga suatu saat bisa ke Bali bareng keluarga  dan berikut tempat wisata sejarah yang ingin saya kunjungi di kota Denpasar.

Sebagai jantung utama Provinsi Bali, Kota Denpasar ibarat wajah yang menggambarkan keindahan alam dan budaya pulau dewata. Nyatanya, Denpasar memang memiliki beragam wisata sejarah dan edukasi, yang dijamin mampu membuka jendela pengetahuan Anda terkait budaya dan kehidupan masyarakat Bali.
Apa saja? Berikut beberapa tempat wisata edukasi dan sejarah di Kota Denpasar yang wajob dikunjungi.

1. Museum Bali


Sumber : bali-indonesia.com

Selasa, 12 September 2017

Saat si Pra Remaja Tertarik berhijab

Assalamualaikum teman – teman,
Kabar menggembirakan adalah saat si sulung mau mengenakan hijab saat bepergian selain sekolah  dan mengaji karena kemauan sendiri.

Saya memang bukan Mama yang membiasakan anak perempuannya memakai hijab kecuali untuk sekolah (dari play group hingga kini (sd kelas 4)  Kakak sekolah di sekolah Islam). Pernah jika pergi seperti ngemall atau jalan – jalan, Kaka saya minta memakai  kerudung tapi biasanya tidak tahan lama, dilepas dengan alasan gerah.

Tapi walaupun belum membiasakan Kaka berhijab saya tidak pernah mengenakan Kaka pakaian seksi ,baik di rumah apalagi ke luar rumah.

Jumat, 08 September 2017

Pisang Cavendish Sunpride Teman Aktivitas Harianku

Semangkuk semangat di pagi hari
Saya percaya memulai hari dengan baik, positif dan terencana akan memudahkan semua urusan, walaupun urusannya tidak  jauh - jauh dari pekerjaan rumah tangga seperti yang biasa saya lakukan. Pagi memasak untuk sarapan dan bekal sekolah anak –anak ,  mengantar Adik ke sekolah (sementara Kaka dijemput mobil jemputan sekolah), kegiatan selanjutnya tergantung jadwal kadang rapat komite sekolah Adik, ikut kelas tahsin di sekolah Kaka, ke supermarket atau pulang untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Akh urusan sepele, hanya rutinitas Ibu rumah tangga. Sepele tapi bisa jadi hal luar biasa lho karena bagaimana seorang Ibu melakukan rutinitas untuk keluarganya menentukan keadaan dan moody keluarga secara keseluruhan termasuk membentuk attitude anak – anak.

Contoh kecil, apa jadinya jika seorang Ibu setiap saat mengeluh dan mengomel karena capek dst. Mengeluh dan mengomel sebenarnya hal wajar dan manusiawi tapi kalau dilakukan sepanjang hari dan setiap saat?

Seorang Ibu jangan sampai stres dan kecapean karena pekerjaan rumah. Jangan sampai juga pekerjaan rumah tangga membuat seorang Ibu merasa terkurung karena tidak bisa melakukan hal lain selain urusan sumur, kasur dan dapur. Efek jika Ibu stres dan kecapean bisa macam – macam, dari lalai mengawasi anak – anak, tidak harmonis dengan suami sampai hal membahayakan. Benar banget istilah happy mom happy kids happy family.

Akh kuncinya supaya tidak stres kan hanya dua yaitu  sabar dan ikhlas. Kalau sabar dan ikhlas mudah dihadirkan semudah membalikkan telapak tangan tak akan ada  kasus, seorang Ibu melakukan tindakan berbahaya untuk keluarganya terutama anak - anaknya. Tidak perlu saya bahas lah ya kasus – kasusnya. Sabar dan ikhlas harus dihadirkan dengan usaha.

Agar mood baik terjaga sepanjang hari disertai rasa sabar dan ikhlas, saya melakukan dua hal berikut;
Bersyukur. Saya selalu ingat pesannya Mamah (Ibu saya), cara paling mudah bersyukur lihat keadaan orang di bawah kita. Ingat nikmatnya makan saat lapar, ingat kesehatan yang diberikan yang kuasa, dan segala kemudahan yang kita miliki. Maka nikmat manakah yang kau dustakan?
Ciptakan moodboaster. Senyum anak – anak, film favorit yang akan di tonton saat anak-anak sekolah, banyak hal kecil yang bisa jadi moodboaster termasuk makanan, seperti semangkuk semangat dipagi hari ini;

semangkuk semangat
Semangkuk pisang dan teman – temannya sebagai pelengkap sarapan. Selain semangkuk buah –buahan ini saya sarapan makanan berat karena cadangan lemak ditubuh sedikit jadi tidak kuat jika hanya sarapan buah hehehe *melirik tumpukan setrikaan dan lantai rumah yang belum dipel*.

Saya suka hampir semua jenis buah – buahan termasuk pisang. Kesukaan saya pada pisang saya tularkan pada anak – anak selain karena kandungan manfaatnya, pisang termasuk jenis buah – buahan yang selalu ada, tidak kenal musim, bandingkan misalnya dengan buah mangga, yang harus menunggu musimnya jika ingin menikmati dengan sering dan harga terjangkau. 

Pisang Pasti Sunpride donk. Siapa tidak tahu  Pisang Cavendish Sunpride. Pisang yang menampakan kulitnya kuning mulus dengan sedikit gurat hijau. Daging buahnya putih kekuningan dan bersih, rasanya manis agak asam dan lunak. Tapi jika kulit pisangnya sudah berbintik hitam, rasanya manis dan lebih lembut. Pertama kali melihat pisang ini dicsupermarket bertahun – tahun lalu, saya mengira pisang import.

struk pembelian pisang
cavendish sunpride

Ternyata dugaan saya salah, pisang Cavendish  Sunpride 100% buah lokal, ditanam di perkebunan di Lampung. Kulit pisang Cavendish Sunpride mulus karena dilakukan perawatan khusus,lengkapnya bisa lihat di sini.  Karena 100% buah lokal jika kita mengkonsumsinya berarti turut memberdayakan dan memajukan petani lokal.

Pisang Cavendish Sunpride baik dikonsumsi saat sarapan karena mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi. Menurut penelitian satu buah pisang mengandung 3 gram serat, mengkonsumsinya di pagi hari membantu proses pencernaan tetap lancar sepanjang hari.

Pisang dengan ukuran sedang mengandung 400 mg kalium dan potasium. Potasium dalam pisang  bermanfaat untuk saraf yang baik, fungsi otot serta menjaga keseimbagan cairan dalam tubuh.


Energi untuk tetap produktif di siang hari
Kegiatan saya di siang hari bisa dibilang fleksibel. Menemani Adik bermain dan belajar kalau dia tidak mau tidur siang (walaupun udah dikeloni tetap tidak tidur),disambi pekerjaan rumah remeh temah dan baca buku. Kalau Adik tidur siang artinya saya bisa me time; ngeblog, mencoba resep baru sekalian memotretnya untuk belajar motret dan bahan blog post. Jika sedang banyak pesanan bunga, saya packing dan melakukan pencatatan.

Jualan bunga secara online, ngeblog, sesekali mengirimkan tulisan ke media massa adalah pekerjaan sampingan  selain jadi art. Pekerjaan sampingan yang diawali dari  hobi. Karena hobi saya melakukannya dengan senang hati.

Boleh baca Pengalaman Pertama Mengikuti Pameran Bunga

Menurut artikel yang pernah saya baca (tapi lupa sumbernya) seorang Ibu yang melakukan hobi disela aktivitas rutinnya sebagai ibu rumah tangga lebih bahagia dan tidak mudah stres. Salah satu sebabnya karena saat kita melakukan sesuatu yang disukai tubuh mengeluarkan  hormon endorphin, hormon yang berperan dalam mencetuskan perasaan bahagia. Satu  lagi, bonus dari hobi bisa mendatangkan penghasilan tambahan lho.

Karena kegiatan saya cukup padat tapi santai perlu dukungan fisik yang bugar. Asupan camilan jadi keharusan. Agar  ngemil tapi sehat saya memilih pisang sebagai camilan.

Ngemil pisang Cavendish? Tidak takut gemuk? Banyak orang menduga mengkonsumsi pisang sebagai camilan dapat menyebabkan gemuk padahal menurut sebuah penelitian pisang hanya mengandung 110 kalori. Masih lebih banyak kalori satu buah gorengan atau sebungkus wafer/coklat. 

Ngemil sehat 
Pisang juga mengandung vitamin C yang cukup banyak lho. satu buah pisang kandungan vitamin C nya 10mg atau 15% dari jumlah harian yang disarankan. Fungsi vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi seperti besi.

Pisang juga merupakan sumber zat mangan sebanyak 3 mg, yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh. Sejumlah kecil vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, zat besi, magnesium, fosfor, folat, karoten, kolin dan sejumlah asam amino.

Daging pisang yang halus dan empuk menjadikannya mudah dicerna jadi jika kita terkena gangguan pencernaan pisang tetap bisa dikonsumsi. Pisang juga secara alami bebas lemak dan kolesterol.

Terbukti kan kalau  ngemil pisang itu menyehatkan!

Semanis dan sehangat kebersamaan di sore hari
Jarum jam di dinding menunjuk diangka 15.30, si sulung baru pulang sekolah. Biasanya dia langsung menghempaskan diri di sofa karena kelelahan. Adik kegirangan melihat Kakanya datang. Biasanya mereka langsung kompak menyalakan TV untuk menonton film kartun.

“Sholat dulu ya baru nonton,” saya mengingatkan.
Mereka menurut karena tahu andaipun tidak menurut, saya akan mematikan TV dan melarang menyalakan lagi sebelum mereka selesai sholat.

Usai sholat camilan  kecil sudah saya siapkan untuk kami nikmati bersama. Pisang panggang coklat keju.  

sepiring kehangatan keluarga 
Camilan  untuk men charge  energy. Pisang merupakan sumber vitamin B-6 (pyridoxine). Satu buah pisang mengandung sekitar 35% kebutuhan harian vitamin B-6. Vitamin ini digunakan tubuh untuk memproduksi sel baru.

pisang untuk nutrisi tumbuh kembang si kecil

Jam 16.00, sementara anak – anak menonton film kartun kesayangannya,  saya mengurus tanaman, menyiram (kalau tidak hujan), memberi pupuk, mindahin anakan anggrek, pokoknya hal – hal ‘remeh’ yang berhubungan dengan bunga, koleksi sekaligus barang dagangan hehehe. Kalau anak - anak sedang ingin main air biasanya mereka langsung membantu menyiram bunga.


Teman punya cerita dengan Pisang Cavendish juga?

Referensi tulisan ;
 www.sunpride.co.id
www.sunpride.co.id/2012/11/13/10-manfaat-pisang-untuk-kesehatan/



Selasa, 05 September 2017

Saat Anak Ingin Memiliki Akun Media Sosial



“Mah, aku mau donk punya IG?” pinta si  sulung (9 tahun) suatu hari.
“Belum boleh, nanti ya kalau kaka 12 tahun.”
“12 tahun ini kelas berapa?”
“Smp.”
“Yah masih lama donk, Rayn udah lama punya IG padahal belum smp,” Rayn adalah sepupunya yang usianya terpaut 2 tahun di atas si sulung.  
“Kaka ingin punya IG buat apa?”
“Ya kayak Mama buat foto – foto."






Sabtu, 26 Agustus 2017

Pengalaman Pertama Mengikuti Pameran Bunga

Assalamulaikum teman – teman,

Ada yang pernah ikut pameran/jualan di pameran? Waktu kuliah saya beberapa kali jualan di pameran tapi yang dijual bukunya orang (penerbit), dua kali jadi kasir penerbit Mizan waktu pameran buku Bandung di Braga, honornya lumayan bikin mendadak jadi mahasiswa banyak duit dan rela ninggalin jam kuliah hahaha.



Bulan lalu pertama kalinya saya ikut pameran dengan barang yang dijual bunga dan dagangan milik sendiri. Tepatnya di event Florikultura Indonesia yang diselenggarakan di kampus IPB Baranangsiang. Pameran rutin yang diselenggarakan IPB, dengan tema pameran Buah dan Bunga tapi atas saran Presiden penyelenggaraan dipisahkan antara pameran bunga dan buah perdua tahun sekali. Jadi kalau tahun ini pameran bunga, tahun depan pameran buah, begitu seterusnya. Tujuannya mengangkat petani dan pertanian lokal, membangkitkan Florikultura Indonesia sehingga bisa menjadi tuan di negaranya sendiri.

Tari daerah pada acara pembukaan 

Sabtu, 29 Juli 2017

Jalan-Jalan ke Malaysia, Wajib Banget Datang ke Tempat-Tempat Ini

Bicara soal impian traveling ke luar negeri, maunya yang deket – deket dulu, pertimbangannya ya dana hehehe. Salah satu impian saya bisa halan – halan ke negeri asalnya Upin – Ipin, film yang jadi favorit anak – anak di rumah. Bukan hanya saya, negara ini ternyata jadi tujuan favorit sebagian masyarakat Indonesia lho salah satunya karena jarak yang dekat dan transportasi yang mudah didapat.  Malaysia memiliki 11 negara bagian dan menawarkan banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi.
Setelah browsing – browsing di internet, ini katanya tempat wisata yang harus dikunjungi saat jalan-jalan ke Malaysia;
Jembatan Putrajaya


sumber: makemytrip.com
Bagi yang ingin merasakan suasana eropa, Jembatan Putrajaya adalah tempat wisata di Malaysia yang patut dikunjungi. Dengan tur wisata yang buka pada hari sabtu dan minggu, kita bisa melihat gedung-gedung pemerintahan, kantor, dan juga istana sultan. Pada malam harinya, Jembatan Putrajaya akan terlihat indah dengan lampu yang bersinar di sekeliling jembatan.

Menara Kembar Petronas

sumber: musement.com

Jalan-jalan ke Malaysia tanpa mengunjungi Menara Kembar Petronas seperti pergi ke Bogor tanpa menikmati kolam air panas Gunung Panjang. Ya, Menara Kembar Petronas seakan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Di gedung yang pernah menjadi menara tertinggi di dunia ini terdapat sebuah jembatan dengan ketingggian 170 meter yang menghubungkan kedua menara.
Dari atas sana kita bisa berfoto ria dengan latar belakang pemandangan kota Kuala Lumpur. Meskipun loket baru akan dibuka pukul 09.30, namun sangat disarankan untuk mulai mengantre tiket masuk pada pukul 06.00 pagi.
Jalan Alor

sumber: telegraph.co.uk

Masih di Kuala Lumpur, tempat wisata di Malaysia yang satu ini merupakan surga bagi pecinta kuliner. Jalan Alor merupakan jalan lurus yang di kiri dan kanan jalan berderetan restoran yang menawarakan beraneka makanan istimewa.

Yang membuat menarik dari jalan ini adalah semua restoran menggelar kursi dan meja di depan bangunan hingga nyaris menutupi jalan. Jika kalian ingin mencoba aneka kuliner, disarankan untuk menanyakan harga terlebih dahulu. Di beberapa restoran harga makanan bisa ditawar loh.
Kek Lok Si

 sumber: bohemiantravelers.com
Kek Lok Si yang juga dikenal dengan Kuil Kebahagian Agung merupakan tempat ziarah Budhha dari berbagai negara, seperti Hong Kong Filipina, dan Singapura. Jika ingin menikmati keindahan Kek Lok Si, datanglah pada perayaan tahun baru Tiongkok.
Karena saat itulah Kuil dihiasi dengan puluhan lentera yang tergantung hampir di setiap penjuru. Di kuil ini juga kita bisa berlama-lama melihat pemandangan laut yang menawan, karena bangunan kuil yang menghadap ke laut.
Taman Nasional Bako


sumber: bambaexperience.com


Ingin merasakan hidup ditengah-tengah ratusan habitat, tanaman, dan juga margasatwa unik. Coba kalian kunjungi tempat wisata di Malaysia yang satu ini. Didirikan pada tahun 1957, Taman Nasional Bako menyajikan pemandangan pantai yang indah.
Di Taman Nasional ini juga terdapat sebuah danau air tawar dengan kesejukan khas hutan yang hening. Waktu yang tepat untuk melihat keunikan Taman Nasional Bako adalah saat sore hari, di mana kita bisa melihat aneka satwa seperti kera bekantan dan ratusan jenis burung sedang berkeliaran.
Pulau Payar

sumber: asiaatracttion.com

Tempat wisata di Malaysia kali ini merupakan tempat wisata populer bagi wisatawan asing. Tempat wisata tersebut ialah Pulau Payar. Jika berkunjung ke tempat wisata ini, kita mempunyai kesempatan melihat keindahan biota laut yang tidak bisa kita dapatkan di tempat lain.
Di pulau yang indah ini, hal yang sangat dilarang ialah memancing, jadi jika kita tidak ingin berurusan dengan dinas perikanan setempat, sebaiknya jauhi kegiatan tersebut.
Itulah beberapa daftar tempat wisata di Malaysia yang membuat banyak wisatawan ingin kembali ke sana. Jangan sampai dilewatkan setiap tempat seru di sana ya... Selamat berlibur.

Minggu, 23 Juli 2017

Kreasi Praktis dan Kaya Gizi dengan Premium Sausage Original So Good

Kreasi So Good untuk Menu Keluarga
Banyak hal kecil yang membuat seorang Mama bahagia. Hal yang bagi orang/Mama lain mungkin sepele dan remeh. Contohnya, saya bahagia banget waktu si sulung akhirnya suka sayur asem, kangkung, labu, buncis. Seiring usia sayuran dan buah yang disukainya bertambah. Yap, kedua anak saya sempat mengalami picky eater. Dan problem ini sepertinya banyak juga dialami Mama lain.

Saya pernah membaca artikel yang menyebutkan beberapa  anak akan mengalami masa picky eater, namun bukan berarti dibiarkan dengan asumsi nanti juga tidak picky eater.  Jika dibiarkan  berlarut – larut bisa jadi terbawa hingga dewasa, suka pilih – pilih makanan dan tidak suka sayuran.

Gejala picky eater adalah makan hanya sedikit, sulit mencoba makanan baru, tidak menyukai makanan tertentu namun begitu si anak picky eater memiliki makanan yang paling disukai.

Pada beberapa balita picky eater biasanya karena anak lebih suka minum susu dan jajanan,  pada anak yang lebih besar biasanya menolak makan sayur/buah atau hanya menyukai sayuran/buah tertentu atau malah tidak suka  sayur/buah, sukanya makanan yang gurih – gurih saja.

Dari pengalaman dua anak yang sempat picky eater, salah satu hal penting untuk menghadapinya adalah jangan malas mencoba menu dan variasi makanan baru. Memvariasikan dan mencoba menu baru penting karena bisa jadi anak picky eater bukan karena tidak suka makanan tertentu tapi merasa asing pada makanan baru hingga tidak mau mencoba.

Hal berikut yang mungkin membuat anak picky eater;
  1. Anak tidak suka makanan tertentu karena tidak mau mencoba mencicipi. Ini kerap terjadi anak si sulung saya dulu, belum dicoba sudah bilang tidak mau/tidak suka, hanya karena makanan itu asing baginya, belum pernah melihat saya dan Papanya makan. Jadi dia kadung berasumsi, makanan itu aneh.
  2. Tidak suka karena cara mengolahnya tidak tepat alias rasanya jadi tidak sesuai selera mereka.  Seperti misalnya si sulung lebih suka wortel dibuat sup daripada ditumis atau dimasak capcay.
  3. Memilih kematangan sayuran yang tepat. Beberapa sayuran yang dipanen terlalu tua biasanya rasanya agak pahit atau rasa manisnya berkurang. Misal kacang panjang dan buncis. Untuk buncis saya biasanya memilih baby buncis karena rasanya ada manis – manisnya dan seratnya lunak. Anak – anak yang asalnya tidak suka buncis sejak memasak baby buncis jadi suka.
  4. Bosan makan yang itu – itu saja atau sajian kurang menarik. Jangankan anak – anak ya kita saja bosan jika makan yang itu itu saja. Dan sajian menarik bisa mendongkrak selera makan.
Setiap hari mengusahakan menu makan berbeda, walaupun anak – anak  tidak suka, meminta mereka mencoba – kadang saya memaksa mereka untuk mencoba. Agar mereka tetap mau makan saya sediakan juga makanan kesukaan anak-anak, jadi dimakan bersamaan dengan makanan yang baru mau dicoba atau makan yang tidak disukai.

Kedua si kecil saya suka banget ayam goreng tapi tentu tidak setiap masak ayam digoreng, saya selalu variasikan.

Boleh baca  resep Ayam Panggang Madu So Good

atau Semur dan Capcay Ayam So Good

Resep lain tentu bisa dilihat di www.dapursogood.id

Selain ayam, makanan kesukaan anak – anak adalah chicken nugget dan sosis, kedua makanan ini sepertinya menjadi makanan favorit hampir semua anak. Walaupun kedua makanan ini praktis tinggal goreng saya mengusahakan memvariasikannya dicampur dengan bahan makanan lain sehingga citarasa dan nilai gizinya bertambah.


Berkreasi dengan  Premium Sausage Original So Good 
Beberapa waktu saya mencoba membuat menu bekal sekolah dari  Premium Sausage Original So Good. Disebut sosis premium karena diolah dari daging berkualitas dengan komposisi daging yang lebih banyak. Jadi tidak heran jika harganya  lebih mahal dari harga sosis pada umumnya.  Rasa dagingnya terasa banget dan rasa msgnya tidak tajam, ini lah yang membuat saya suka.  Kalau biasanya saya jadikan campuran untuk sayur sop, kali ini jadi camilan untuk bekal sekolah atau sarapan praktis.

Selain itu Premium Sausage Original So Good diproduksi secara higienis dan sudah bersertifikat halal. Oh ya produk So Good siap masak lain bisa dilihat di www.sogood.id

Tahu Telur Premium Sausage Original So Good




Bahan (takaran 1 porsi)
Premiun Sausage Original So Good yang sudah direbus/kukus, iris
Satu butir telur
satu potong tahu, hancurkan
beberapa lembar daum bayam
keju parut ½ sdm
merica


Cara membuat
iris ukuran kecil
kocok telur, masukkan tahu, Premium Sausage Original So Good, keju, merica, bayam. Campur hingga rata.
Panaskan wajan antilengket ukuran kecil. Masukkan campuran telur, goreng hingga matang.
Bisa dimakan dengan mayonnaise, saos sambal atau saos.

Roti Goreng Premium Sausage Original So Good



Bahan
3 lembar roti
Premiun Sausage Original So Good yang sudah direbus/kukus, potong
keju parut/lembaran
Selada air
Telur, kocok
Tepung panir/tepung roti



Cara membuat
Letakkan diatas roti selada air, sosis dan keju, gulung, tekan (jika perlu semat dengan tusukan), gulingkan pada kocokan telur lalu tepuk panir. Lakukan hingga roti habis. Goreng dalam minyak panas.

Nasi Premiun Sausage Original So Good gulung telur
Memanfaatkan nasi sisa kemarin dengan cara menggorengnya tanpa minyak dan tambahkan potongan keju dan Premiun Sausage Original So Good. Gulung dengan dadar telur. 


Teman - teman punya kreasi lain? Yuk di share

Kedua anak saya masih berproses untuk bisa makan sekali jenis sayuran, alhamdulillah selalu ada kemajuan walaupun bertahap. Berikut tips saya menghadapi si picky eater;
  1. Jangan bosan mencobakan anak – anak beragam menu makanan. Pengalaman memiliki anak picky eater juga yang mendorong saya akhirnya suka masak dan mencoba resep baru. Sebelum nikah beneran ga suka di dapur kecuali kepaksa.
  2. Menvariasikan masakan dan melibatkan anak saat masak. Jangan takut mencoba resep baru. Melibatkan anak saat masak memang lebih repot dan berantakan, tapi itulah momen bisa menjelaskan manfaat makanan sehat dibanding jajan pada anak.
  3. Jadi role model dan jadikan momen makan bersama hal penting.
  4. Mendorong mereka  mengeksplorasi beragam makanan. Jadwal makan diluar saatnya mengenalkan anak pada beragam kuliner nusantara yang tentunya disesuaikan. Mencoba ketoprak, soto, batagor, kupat tahu, gado – gado . Tips saat mencoba makanan baru, sebaiknya jangan pesan satu porsi untuk mereka, setengah atau berdua orangtua.
  5. Kurangi jajanan tidak sehat. Kuliner yes tapi no jajan tidak sehat. Perjelas batasan jajanan sehat dan tidak sehat pada anak.
  6. Jadi role model dan makan bersama menjadi hal penting. Soal jadi role model saya belajar dari Ibu, yang suka hampir semua jenis sayuran dan lalapan. Dulu saya heran dan tergidik setiap melihat Ibu makan tumis pare, leunca atau daun pepaya karena rasanya pahit. Tapi setelah dewasa saya suka ketiga sayuran itu. 
Jadi Mama itu memang proses yang panjang dan harus siap dengan segala problem menghadapi anak.

Video tutorialnya bisa dilihat di sini

  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...