Temu Bunda SGM 2016

Di depan Sari Husada Prambanan Factory
(foto milik Okti Li)
Berawal dari rasa ingin tahu saya mendaftar Mombassador SGM eksplor 2016. Mau tahu apa sih Mombassador SGM Eksplor? Apa saja sih kegiatannya? Setelah kepilih saya baru ngeh ternyata ini kali keempat  SGM Eksplor mengadakan event pemilihan Mombassador. Tidak menyangka jika terpilih Mombassador SGM Eksplor harus  ke Yogyakarta untuk ikut pelatihan selama 3 hari 2 malam. Alhamdulillah Pak suami  mengijinkan.

Mombassador SGM Eksplor adalah komunitas bunda-bunda SGM Eksplor yang dibentuk oleh SGM Eksplor untuk mendapatkan edukasi & pelatihan dalam berbagai kegiatan seru bersama dengan mombassador lainnya. Komunitas ini bertujuan untuk mengajak bunda-bunda di Indonesia menjadi lebih paham dan peduli terhadap nutrisi & perkembangan anak, serta menjadi bunda  yang berdikari, dan bermanfaat untuk bangsa.
Kalau ditanya apa kesan saya ikut Mombassador SGM Eksplor; Seru, senang , mendapat banyak teman, pengalaman dan ilmu baru.

Saya berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma dengan 14 teman lainnya. Beberapa teman sudah saya kenal di media sosial sebagai sesama blogger, teman lainnya baru saya kenal tapi langsung akrab karena kami punya satu ‘frekuensi’,  sama – sama suka di foto dan selfie hahaha. Kami bahkan sempat bikin manekin challenge di Bandara – abaikan tatapan keheranan calon penumpan lain. Tapi bukan hanya itu kesamaannya, kami para Bunda yang tertarik soal nutrisi dan tumbuh kembang anak.

foto dulu :)
Hari Pertama
Pesawat yang kami tumpangi berangkat pukul 10 dan sampai di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta sekitar pukul 12 siang. Mundur sekitar satu jam dari jadwal karena kendala landing. Walaupun capek dan pusing tetap foto donk hehehe.

foto milik Liswanti

Sampai di Weslake Resort Hotel kami melakukan registrasi peserta Mombassador SGM Eksplor dilanjutkan makan siang sebelum istirahat di kamar hotel. Selanjutnya acara bebas karena menunggu peserta  yang berasal dari daerah lain. Kami rombongan ke dua yang datang ke Yogyakarta. Rombongan pertama berasal dari kota Yogyakarta.

salah satu sudut Westlake Resort Hotel
Review Westlake Resort Hotel tunggu  postingan berikutnya ya. Rekomendasi banget buat yang ingin liburan dan menginap di Yogya.

Waktu bebas  saya manfaatkan untuk kopdar dengan teman yang sudah lama saling kenal di media sosial, Mba Wien. Mba Wien dan suaminya menjemput kami di Westlake. Dua jam kami habiskan dengan berjalan-jalan di Yogyakarta.

Mau tahu tempat apa saya yang kami kunjungi? Intip postingan Dua Jam Jalan-Jalan Di Yogyakarta

Makan malam di Sekar Kedaton menjadi acara pembuka kegiatan Mombassador SGM Eksplor.  Total peserta Mombassador SMG Eksplor 2016 ini sekitar 60 orang dari berbagai kota di Indonesia. Ada yang dari Lombok, Sulawesi, Sumatra dan Kalimantan. Menurut beberapa teman dari Yogyakarta, menu di resto ini dibuat dengan racikan bumbu khas Yogyakarta. Menu kami malam itu sayur daun singkong, sayur yang biasa saya masak tapi rasanya dan aromanya memang beda dengan sayur daun singkong versi buatan saya yang orang sunda. Ada aroma rempah tertentu yang membuatnya terasa khas. Nuansa Yogyakarta sudah terasa begitu memasuki restoran ini, furniture dan desain interiornya Jawa banget.

peserta yang antusias
Oh ya sebelum makan mba Naomi selaku Manager Eksektif  Sari Husada memberi kata sambutan.

Usai makan malam, acara dilanjutkan dengan jalan-jalan ke Alun-Alun Selatan Kota Yogyakarta. Tempat yang katanya tempat nongkrongnya anak muda Yogya.  Jangan bilang pernah ke Alun-Alun Yogyakarta kalau belum mencoba mobil gowesnya.

lumayan bikin kaki pegel tapi happy hehehe
Hari Kedua

with my room mate
Hari kedua mulai nambah kenalan termasuk makin akrab dengan teman sekamar, Wiwid Wadmira seorang blogger asal Surabaya. Dan ternyata peserta Mombassador 2016 ini (batch 4) ada 60 peserta dari berbagai kota dan propinsi di Indonesia.

Acara hari kedua ini workshop di resto Rama Shinta dilanjutkan dengan kunjungan ke Sari Husada Prambanan Factory.

mba Naomi PR manager Sari Husada
Mba Naomi selaku PR manager Sari Husada memberikan penjelasan mengenai produk SGM Eskplor yang terdiri dari 6 varian yang konsumsinya disesuaikan dengan kebutuhan anak.

SGM Eksplor
Lalu peserta dibagi dalam 8 kelompok dan setiap kelompok ditugasi mengembangkan tag line SGM Ekplor yaitu Lengkapi Nutrisinya #Jadikanduniasahabatnya dan disediakan hadiah untuk 3 pemenang.

walaupun baru kenal langsung kompak
Sebelum acara dimulai, kami  narsis dulu terlebih karena backgroud dari resto Rama Shinta ini candi Prambanan, jadi  sayang rasanya kalau dilewatkan.

foto lagi
Selesai workshop kami menuju Sari Husada Prambanan Factory. Selain kami dipandu untuk melihat pabrik secara langsung, mas Akri selaku Manager Marketing memberikan penjelasan mengenai  Sari Husada dan sejarah berdirinya Sari Husada. Ini benar-benar pengetahuan baru untuk saya. Jadi teman, menjelang pertengahan dekade 50-an, Pemerintah Indonesia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa berinisiatif mengembangkan program khusus guna menunjang kecukupan protein nasional. Dibuatlah perusahaan yang kelak menjadi cikal bakal Sari Husada. Lebih lengkap mengenai sejarah Sari Husada bisa dibaca di sini

Mas Akri memberikan penjelasan
Dengan tetap berkomitmen pada saat pertama kali Sari Husada didirikan yaitu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia, produk Sari Husada dikenal dengan harga yang ramah di kantong. Harga bersahabat bukan berarti menurunkan kualitas, jelas mas Akri. Itu juga salah satu tujuan kami diundang, untuk melihat langsung bagaimana produk SGM diproses sebelum sampai pada konsumen. Produk SGM diproses dengan standar kualitas internasional (setelah Sari Husada jadi salah satu anak perusahaan asal Prancis Danone). Kami diajak berkeliling pabrik, sayang di area pabrik kami dilarang memotret. Saya bisa melihat langsung bagaimana produk dikemas, semua dioperasikan secara otomatis jadi terjamin kehigienisannnya.

Gala Dinner
Acara ini tidak sekedar makan, CEO Sari Husada akan hadir, dan Mombassador batch sebelumnya. Mba Naomi selaku Manager PR dan mas Akri selaku Manager Marketing,  memberikan penjelasan lebih jauh tentang Mombassador SGM Eksplor. Yang intinya kami diharapkan dapat berbagi pengetahun seputar gizi dan tumbuh kembang anak pada sekitar.

Mr   didampingi mba Naomi
Pengumuman pemenang workshop kelompok. Alhamdulillah kelompok saya menang yel terbaik hehehhe, lumayan dapat voucher. Setelah makan, acara diisi dengan hiburan dan kuis. Duo MC sukses mengocok perut kami tanpa henti.

mombassador batch sebelumnya
(foto milik mba Ariana)

MCnya ngocol banget

foto dulu donk buat kenang-kenangan
koordinator Mombassador mba Dyah Rini menyumbang lagu
Oh ya salah belum cerita tentang mba Diah Arini, koordinator Mombassador, beliau adalah Mombassador dari batch 1 (tahun 2014). Sikap energik, supel dan ramahnya mengakrabkan semua peserta.

Hari Ketiga
Tiada hari tanpa foto, iya banget hahaha. Secara gitu ya kapan lagi bertemu teman baru dari berbagai kota dan pulau. Kami memang masih akan bertemu di dunia maya. Jadi sebelum dan sesudah sarapan hari terakhir acara Mombassador ini, kami berfoto-foto. Selesai makan-makan kami menuju Westlake Restoran untuk mengikuti acara workshop. Kami dibagi dalam kelompok dan ditantang mempresentasikan ide untuk SGM Eksplor.

kelompok saya
Sebelum acara dimulai kami inisiatif foto-foto, tepatnya tergoda foto-foto karena rasanya semua tempat di sini instagramable hehehe.

foto lagi :)
Agak sedih kelompok saya tidak menang tapi mungkin belum rejekinya. Acara ditutup setelah makan siang dan kuis bagi bagi voucher.

Kami pun berpisah (jadi haru). Dalam perjalanan ke bandara rombongan saya - penerbangan ke Halim Jakarta - mampir dulu untuk membeli oleh-oleh berupa bakpia.

Jam 4 sore kami sudah dipesawat menuju Jakarta. Rindu anak-anak, Pak Suami dan makan mie ayam :D

Jangan lihat foto kami xixix
Semoga berjumpa lagi di lain kesempatan dengan para peserta Mombassador. Keseruan yang berkesan.