Rabu, 28 Desember 2016

AC Portable Solusi untuk Suhu Ruangan yang Panas

Memiliki AC untuk orang yang tinggal di Jabodetabek sepertinya sebuah keharusan. Tiga tahun lalu saya tinggal di Bogor (selama kurang lebih 6 tahun), kota yang awalnya saya pikir dingin karena berjulukan kota hujan, ternyata panas, ngeleukeub kalau istilah orang Bandung mah. Kalau tidur tidak menyalakan AC tidak bisa tidur. Karena bagi kami AC itu barang mahal (termasuk biaya listriknya) kami hanya memiliki satu AC dan di pasang di kamar. Kalau siang hari di ruang tamu kepanasan pake kipas angin atau pintu depan dan belakang di buka lebar-lebar.

Repotnya kalau di rumah ada acara (seperti arisan atau pengajian RT) atau kedatangan keluarga besar, kipas angin saja tidak mempan. Tidak mungkin kan memindahkan AC kamar ke ruang tamu?

Tapi kini saya tidak khawatir lagi memiliki satu AC karena ada AC portable. sesuai namanya AC portable, AC ini bisa ditempatkan di mana saja sesuai keinginan dan kebutuhan, karena bentuknya kecil. selain ukurannya kecil harganya murah dan ramah lingkungan.

sumber foto www.bukalapak.com


Untuk membuat AC ini beroperasi hanya membutuhkan daya rendah. Cara pengoperasikannya mudah cukup dengan menekan tombol dan atur suhunya sesuai keinginan. Dengan ukurannya yang kecil, memudahkan diletakkan di ruangan manapun dalam rumah.
  
Menggunakan AC portable juga membawa berbagai macam keuntungan. Beberapa diantaranya adalah:
  • ·       Tidak perlu memasang instalasi permanen pada tembok rumah seperti umumnya AC. Hanya     diletakkan begitu saja dengan sumber listik.
  • ·       Ukuran AC ini juga tidak terlampau besar, cocok untuk ruangan yang luas maupun sempit.
  • ·       Karena ukurannya kecil lebih mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan.
  • ·   AC model portable tidak mengeluarkan tetesan air secara sembarangan. Tetesan air akan  tertampungpada tempat khusus di dalamnya. Kita hanya perlu mengeceknya secara berkala untuk membuangnya.
  • ·       Harga lebih terjangkau  daripada AC dengan ukuran yang besar.

Namun ada beberapa kekurangan dari AC portable  yaitu  kadang menimbulkan suara berisik yang cukup keras ketika sedang digunakan, ada resiko kerusakan karena sering dipindah-pindah dan jika kita tidak pandai dalam memilih bisa jadi AC model portable justru boros dalam penggunaan energi.

Untuk mengurangi resiko diatas ada trik khusus dalam memilih AC model portable yaitu:

  • Pilihlah AC model portable yang berasal dari merk-merk terkenal untuk menjamin kualitasnya.
  • Perhatikan spesifikasi yang ada pada AC model portable secara detil. Termasuk juga soal penggunaan daya yang dibutuhkan.
  • Usahakan AC yang dipilih memiliki layanan purna jual yang baik. Seperti garansi ataupun soal kemudahan service yang ditawarkan.
  • Tempat penampungan air yang tersedia pada AC model portable harus diperhatikan. Disarankan untuk memilih AC dengan penampungan air cukup banyak agar tidak sering-sering melakukan pembuangan.

Jika tertarik dengan AC portable yang memiliki banyak kelebihan ini disarankan untuk segera membeli. Selain harganya yang murah, penggunaan AC model ini juga jauh lebih mudah. Saat ini AC model portable tidak hanya bisa didapatkan lewat toko-toko biasa. Namun sudah ada banyak toko online yang menawarkannya dengan harga yang bersaing dan promo-promo menarik.


[sponsored post]

3 komentar:

  1. boleh juga nih mba, ketimbang pasang AC biasa harus pasang instalasinya segala macem yaa

    BalasHapus
  2. AC Portable memang enaknya kalau pas lagi ada acara. Bisa diletakkan di tempat yang strategis tamu2 ngumpul.

    BalasHapus
  3. Kalau di Jakarta aku juga punya satu ini hehehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...