Senin, 07 November 2016

Kiat Memotret Menggunakan Kamera Handphone

Kalau ditanya lebih suka motret menggunakan handphone atau kamera? Kalau saya mah  lebih suka motret pake handphone. Alasannya lebih praktis, bisa langsung upload ke media sosial dan bisa setiap saat hasilnya dilihat. Memang pada beberapa keadaan memotret dengan kamera terutama dlsr tidak tergantikan oleh kamera handphone. Jadi impian punya kamera dlsr atau mirrorless tetap ada. Semoga :)

Yang pasti motret menggunakan handphone hasilnya bisa bagus bahkan sangat bagus, tapi tentu tergantung jenis handphone dan angle memotret hehehe. Jadi kuncinya ada pada jenis handphone dan pemakai. Motret menggunakan kamera kalau kurang pandai hasilnya jadi biasa.

Ini salah satu foto hasil jepretan kamera handphone;




Bagus kan, backgroundnya blur. kalau foto di bawah ini lagi jadi food blogger ala-ala ceritanya hehehe.



Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memotret menggunakan handphone yaitu;

Jangan memilih option zoom, kita yang harus mendekati objek foto. Mode zoom akan menurunkan resolusi foto sehingga hasil foto tidak tajam.

Cahaya yang mengenai objek cukup. Walaupun beberapa kamera smartphone direkomendasikan bisa memotret dengan hasil bagus di tempat dengan cahaya kurang, untuk hasil foto maksimal kecukupan cahaya yang mengenai objek jadi keharusan. Gunakan cahaya flash jika pelu dan jika kamera smartphone sudah dilengkapi.

Pegang handphone sestabil mungkin agar hasil tidak blur.

Angle atau sudut pandang. Ini tidak kalah menentukan. Angle yang tepat akan membuat foto menyampaikan pesan tertentu pada orang yang melihat. Saat memotret sebuah objek cobalah memotret berkali-kali dengan angle berbeda.
Untuk hasil maksimal gunakan kamera handphone dengan resolusi tinggi
Saat memotret pastikan lensa bersih. Karena genggaman tangan sangat mungkin lensa kamera handphone kotor. Jadi sebelum memotret pastikan lensanya sudah bersih.

Kenali shutter lag yaitu jeda antara saat kita memencet foto dan kamera mengambil gambar. Beberapa kamera handphone kini dilengkapi autofocus, pastikan saat kamera memfocus posisi tangan stabil memegang handphone.

Editing seperlunya. Ada beberapa apps untuk edit foto yang bisa diunduh secara gratis. Editing biasanya digunakan untuk mengoreksi cahaya dan ketajaman warna. Edit seperlunya agar hasil foto nampak alami tidak terlihat banyak editan.

Komposisi. Kalau soal komposisi saya belum tahu banyak masih harus banyak belajar. Komposisi ini semacam cara mengambil objek foto dengan memanfaatkan objek disekitarnya.

Sering berlatih memotret dan belajar dari foto hasil jepretan fotographer handal. Menurut artikel-artikel fotographi yang say abaca ini kunci bisa motret. Sering berlatih memotret mengasah kemampuan cara mengambil angle yang pas, komposisi dan mengukur ketepatan cahaya pada objek. Kalau untuk belajar dari hasil fotographer handal saya suka kepoin beberapa akun IG yang fotonya wow menurut saya. Akun siapa saja? Bisa intip di postingan Akun-akun IG Keren yang Harus Difollow kalau Suka Motret.


Ngomong-ngomong   smartphone dengan spesifikasi kamera bagus dan harga terjangkau, saya rekomendasikan Samsung Galaxy J series. Foto di atas saya ambil menggunakan Samsung J5, review lengkapnya pernah saya post di sini. Samsung galaxy J5 adalah satu dari 11 samsung galaxy J  series yang sudah dikeluarkan Samsung  dengan harga terjangkau. 


 [sponsord post] 

7 komentar:

  1. aku paling susah megang hp supaya gak blur, entah knp gak bisa diem ini tangan :D

    BalasHapus
  2. saya juga kalo moto seringnya pake HP, lebih praktis

    BalasHapus
  3. faktor Men Behind The Gun ya, Mbak. Walaupun untuk beberapa fitu mungkin HP gak bisa mengalahkan kamera canggih. Tapi, kembali lagi ke orangnya gimana memaksimalkan kamera yang dia punya. Sekarang pake kamera HP pun udah banyak yang keren :)

    BalasHapus
  4. Keren hasil fotonya. Tapi memang iya, aku juga banyak pake kamera hape. Praktis dan lebih memuaskan dibanding kamera pocket. Layarnya yang besar bikin hasilnya terlihat saat itu. Kalo kamera pocket kudu diliat di laptop dulu. Gak tahu sih kalo punya DSLR atau mirrorless. Hehehe. :D

    BalasHapus
  5. Bagus hasilnya.Bener banget yang penting tau cara ngambilnya kayak apa, udah deh gampang aja buat dapetin gambar yang bagus ..
    http://dewinielsen.com/mengungsi-ke-eropa/

    BalasHapus
  6. selalu semangat kalo belajar memotret makanan :D.. walo kdg suami suka sebel aku kelamaan ambil fotonya ;p.. abisnya, supaya yakin bgs, aku suka ambil berali2, jd ada pilihan foto yg terbaik :D

    BalasHapus
  7. jaman sekarang kamera smartphone dah bisa diandalkan, kualitas gak terpaut jauh ama Dslr

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...