Sabtu, 05 November 2016

Budae Jigae, Menu Baru di Mujigae Resto

Apa yang ada dibenak teman-teman jika mendengar kata Korea? Merk smartphone yang ‘ntuh’ atau drakornya yang bertabur artis ganteng dan cantik?  Yang pasti seiring teknologi dari Korea yang diwakili smartphonenya mendunia, budaya dan kulinernya pun mulai dikenal luas.

Jika teman-teman ke supermarket yang cukup besar dan komplit, tersedia rak khusus yang menjual makanan instan dan bumbu khas Korea. Ini menunjukkan bahwa kuliner Korea diminati. Berawal dari rasa penasaran, seperti apa sih masakan Korea, mencoba mencicipi eh ketagihan. Terlebih masakan wilayah Asia memiliki beberapa kesamaan, memiliki banyak/campuran rasa terutama pedas.
Bicara kuliner Korea tak lengkap jika belum mencicipi kulinernya yang ada diresto yang khusus menyediakan kuliner khas Korea, salah satunya Mujigae.


Budae Jigae
Awalnya saya pikir, Mujigae ini semacam restoran franchise dari Korea ternyata bukan tapi resto asli Indonesia yang memang mengkhususkan diri pada menu-menu khas Korea. Mujigae sudah ada 13 cabang yang tersebar di 6 kota yaitu; Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor dan Bandung. Baru baru ini Mujigae memenangkan Top Brand Award sebagai restoran yang banyak diminati. Dan kini Mujigae memperkenalkan menu baru yaitu Budae Jigae. Seperti ini penampakannya;




Campuran mie, sosis sapi, beef luncheon,  dan tofu berkuah dengan saus gochujang dan kimchi. Rasaya berpaduan gurih, asam (dari kimchi) dan pedas. Pas buat teman-teman yang suka sajian menu dengan rasa asam, gurih dan pedas seperti saya. Kalau menu dengan paduan rasa ini enaknya dimakan hangat-hangat dan memang di Mujigae menu ini disajikan di wajan dengan api menyala di bawahnya. Cocoklah ya apalagi dimakan pas hujan-hujan, ehm…

Oh ya harga seporsi Budae Jigae Rp.46.364,- sudah termasuk nasi. Untuk ukuran perut saya satu porsinya cukup untuk dua kali makan.


Ternyata di Korea menu Budae Jigae ini ada historynya. Begini ceritanya; Tahun 1950 saat perang Korea berakhir, terjadi kelangkaan bahan makanan di kota Seoul dan area Uijeongbu. Hal ini mendorong warga memanfaatkan makanan sisa dipangkalan militer Amerika. Disana mereka menemukan sosis sapi, beef luncheon,  makaroni dan bahan makanan lain yang biasa dikonsumsi orang Amerika.  Untuk menyesuaikan dengan lidah mereka (Korea), bahan itu diolah dijadikan sup dengan bumbu saus gochujang dan kimchi.

Saus gochujang dan kimchi ini memang khas Korea banget. Tak heran jika Kimchi selalu dihidangkan dalam setiap menu Korea, sebagai campuran atau hidangan penutup dan pembuka, tergantung selera. Sekilas kimchi ini mengingatkan saya pada asinan sayur khas Bogor, bedanya kimchi hanya sawi putih dan rasa asam pedasnya lebih tajam.

Apa Mujigae sudah berlabel halal? Mungkin itu pertanyaan terbesar teman-teman muslim.
Saat ini Mujigae sedang dalam proses mendapat sertifikat halal dan menurut Pak danang sebagai, menu-menu di Mujigae menggunakan bahan halal dan tidak menjual menu yang tidak halal seperti pork. Dan karena resto lokal maka bahan yang digunakan pun lokal.

Btw, semoga proses mendapat sertifikat halalnya segera selesai ya, biar teman-teman muslim yang lain yang kebetulan lewat restoran Mujigae dan melihat label halalnya langsung mampir mencicipi menu-menu di sini.


Tentang Mujigae Resto
Mujigae Resto didirikan tahun 2013, menawarkan bibimbap dan aneka kuliner khas Korea dengan kemasan dan suasana yang menggabungkan unsur tradisional dan moderen. Dalam bahasa Korea Mujigae berarti pelangi. Sesuai artinya pelangi yang berwarna-warna, Mujigae ingin memberikan menu Korea yang variatif dan desain tempat yang dibuat berwarna-warna bernuansa modern dan muda.

Layanan digital di Mujigae Resto memberikan pengalaman baru bagi pelanggan. di setiap meja tersedia Ipad, sehingga pelanggan dapat memilih dan memesan makanan dengan self service namun tetap bisa dilayani pelayan yang ramah jika tidak mau menggunakan layanan digital. di Ipad yang tersedia disetiap meja, ada pilihan untuk memilih lagu atau video yang ingin didengar dan ini tersambung pada layar dan speaker untuk seluruh ruangan. Bisa juga selfie dan fotonya dikirim ke email kita. Atau dicetak langsung dengan syarat share di instagram dan gunakan hastag #mujigaeresto.


Promo Budae Jigae
Oh ya untuk memperkenalkan menu baru Budae Jigae pada khalayak, Mujigae Resto tengah melakukan promo dengan hadiah voucher makan senilai 25 ribu. Caranya gampang banget, ungguh video kamu yang tengah makan Budae Jigae ke Instaram dan beri hastag #MujigaeMukbang dan mention @Mujigaeresto. Berikut alamat cabang-cabang Mujigae Resto;



Oh ya saya mencoba mencicipi menu baru di Mujigae ini bersama Mama Blogger Kania Ningsih. Menikmati Budae Jigae sambil ngobrol ngaler ngidul tentang dunia blogger hehehe.


Sementara saya me time dengan mba Kania, Pak suami dan anak-anak mencoba menu Topokki yaitu olahan tepung beras dibentuk silinder disajikan dengan ayam krispi dan saus gochang.





Mau mencoba kuliner Korea? Yuk ke Mujigae

2 komentar:

  1. ngileeer euy lihat nya kayaknya enak banget tuh

    BalasHapus
  2. ngga sempet nyobain topokki nya nih :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...