Selasa, 08 November 2016

7 Ide Camilan Sehat untuk Bekal Sekolah

Adakah Mama yang suka bingung dengan bekal sekolah si kecil? Terutama untuk Mama yang punya anak TK yang diharuskan bawa bekal karena di sekolah tidak ada kantin. Dan pihak sekolah biasanya melarang anak-anak membawa bekal jajanan yang tidak sehat seperti chiki, kerupuk atau snack yang tidak jelas. Tujuan mengharuskan anak membawa bekal makanan sehat tak lain agar anak tahu mana camilan sehat dan tidak, dan membiasakan tidak jajan.

Saya termasuk yang suka bingung,”Bekal apa ya Adik besok?” Paling sering roti karena praktis dan mudah dibeli. Sampai dia protes,”Aku kok bekalnya roti terus, bosan tahu Ma.”

muffin labu kuning

Duh, feeling guilty … Jadi bisa dibilang karena Adik sekolah saya mulai coba-coba mempraktikkan resep dan jadi ketagihan. Sebenarnya sejak Kaka TK pengen coba bikin camilan ini itu tapi karena waktu masih ngantor ya wes beli sajalah.

Eit, tapi bukan berarti setiap Mama harus bikin camilan sendiri lho. Karena semua camilan ini bisa dibeli di toko kue, toko roti, supermarket atau mungkin warung tetangga. Jangan maksain kalau tidak ada waktu – terutama untuk Mama bekerja. Jangan maksain bikin kalau tidak suka bak bik buk di dapur. Hidup harus dibikin simple *apaan sih*. Saya pun kalau lagi malas masak, beli lauknya di warung nasi hehehe.

Berikut 7 ide camilan sehat untuk bekal sekolah atau ngopi-ngopi di rumah bareng keluarga (ngopi istilah orang sunda yang berarti ngemil)

Jajanan pasar. Bicara jajanan pasar saya yakin, yang langsung ada dibenak teman-teman adalah kue mangkok, lupis, putu ayu, kue lapis, cenil, lontong isi, lemper, onde-onde, awug dst. Pokoknya semua makanan khas Indonesia banget yang sayangnya anak-anak sekarang kurang suka. Jadi sekalian mengenalkan mereka pada kuliner khas Indonesia, agar lidah mereka juga terbiasa dengan camilan lokal, bisa banget aneka jajanan pasar ini jadi bekal si kecil.  Mungkin dalam satu minggu 2 atau 3 kali dibekali jajanan pasar yang berbeda.

Muffin. Kalau muffin enaknya bikin sendiri karena lebih murah *mamairit* dan bisa divariasikan sesuai selera. Bikinnya mudah tinggal campur-campur dan bahan dasarnya tidak melulu tepung. Untuk menambah nilai gizi, bisa buat muffin pisang, muffin labu, muffin ubi dan tepung bisa diganti oat.

Mama yang mau coba bikin muffin bisa intip resep muffin labu kuning dan banana muffin 

Agar mudah dan cepat membuat muffin, siapkan semua bahan berikut takarannya sehari sebelum membuat.  Muffin tetap enak hingga dua hari asal disimpan dalam tempat kedap udara dan dikulkas.

Pancake. Camilan yang banyak disukai anak-anak. Jika tidak mau repot saat membuatnya, kini banyak tersedia adonan pancake siap pakai. Tanpa perlu banyak penakar bahan. Tinggal tambah air/susu dan telur, aduk, masak…jadi deh. Hanya 15 menit. Jangan lupa toping sesuai selera anak-anak.

Pasta. Anak-anak biasanya paling senang nih macaroni panggang atau macaroni schutel.  Saran saya untuk Mama yang ingin membuat camilan pasta baiknya mencicil, misal hari ini minta si mba bikin saus dagingnya, besok saus kejunya setelah semua persiapan ok baru dibikin atau membuatnya saat weekend. Pasta yang dibuat bagusnya dilengkapi sayuran, kalau anak-anak tidak suka sayuran, sayuran yang ditambahkan dipotong-potong kecil. Sayuran yang bisa ditambahkan pada pasta diantaranya wortel, paprika dan brokoli.

Nyicil bikin pasta caranya, buat dulu saos daging dan saus kejunya, resepnya di dua resep serba guna.

Bitterbalen-kroket-risoles. Gorengan tidak sehat? Iya kalau kebanyakan atau keseringan hehehe. Camilan digoreng yang kaya nutrisi, isiannya ayam cincang dan sayuran seperti wortel, jagung manis atau buncis. Risoles banyak yang jual jika malas membuat. Oh ya sekarang banyak juga yang jual risoles beku jadi sekali beli bisa untuk stok.

Yang mau mencoba membuat bitterbalen, resepnya ada di sini, mudah lho membuatnya.

kroket kentang isi ayam

Aneka roti (pizza, roti isi, donat)
. Jujur saja kalau perotian saya jarang bikin karena pernah membuat, penampakan dan teksturnya jauh dari hasil beli. Jadi tidak puas. Ya wes beli saja hehehe.

Buah (buah potong atau salad buah). Ini simple banget, potong buah kesukaan si kecil tempatkan dalam kotak makanan, jangan lupa beri tusukan atau garpu kecil agar mudah saat memakannya.


Teman-teman punya ide camilan untuk bekal sekolah selain yang saya sebutkan di atas? Yuk di sharing, sekalian untuk saya mencari inspirasi untuk bekal si Kecil.



19 komentar:

  1. enak2 nih idenya pengen nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mba coba ini gampang -gampang kok

      Hapus
  2. Aku sekali sukses bikin roti,seneng bgttt rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau nyoba lagi nih mba...penasaran belum bisa menaklukan resep roti hahaha

      Hapus
  3. Bitterballen-kroket-risoles itu favorit saya banget. Ga nolak kalau dibekalin mama Rina itu tiap hari. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha bisa aja mba Hairi...kalau mampir ke rumah ntar disuguhi bitterbalen deh...

      Hapus
  4. kalo anakku sering dimasakin ama babysitternya, kue2 kesukaan dia mba.. kyk donat, roti goreng, ato bihun goreng.. ntah kenapa ankku suka banget ama bihun.. makanya paling sering ya dia dibawain itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asik nih kalau punya asisten suka masak...:)

      Hapus
  5. makasih idenya mbaaa, harus kreatif ya bekalkan anak biar ga bosen. anak sulung mah nerima aja kalo dibekelin apa2, tapi yg bungsu suka milih2

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sebaliknya mba si sulung yang pilih pilih makanan

      Hapus
  6. aku aneka roti mbaa. roti tawar, roti kukud, roti muffin dll xD
    kalau dikasih kek pancake atau gorengan gitu suka g mau -___- mungkin nanti kalau dah tk kan agak lama itu itu waktunya dia mau

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin belum biasa ya Rafi makan gorengan, jangan dibiasain juga sih kalau udah biasa susah berhenti hahha sehari tanpa gorengan serasa gmn gitu heuheu

      Hapus
  7. Pengen coba bikin muffin jadinya.

    Saya kalau buat bekal si kakak paling muter2 ke roti hehe, sama nasi merah plus lauk pauk. Soalnya dari TK pulangnya udah siang banget, jadi kudu bekal nasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. si sulung saya juga pulang sore mb ajadi bekalnya nasi, heheh

      Hapus
  8. aku paliiiing hobi dengan risol et krokeeet mba :)

    BalasHapus
  9. Thanks, idenya, bisa buat variasi bekal sekolah...

    BalasHapus
  10. Waah oke nih idenya.Biasanya anakku kalau sekolah juga bekalnya cuma roti terus sampai ngeluh bosen

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...