Senin, 10 Oktober 2016

Prenagen Pregnancy Educational Journey


Bicara soal kehamilan, saya selalu teringat ucapan pak suami, katanya saya terlihat lebih cantik saat hamil. Sampai setelah lahir anak kedua, dia berseloroh, “Hamil lagi aja Mah, biar keliatan cantik.”

Setelah ngobrol sama beberapa teman, ternyata merekanpun dipuji hal yang sama oleh suami mereka. Sangat mungkin perempuan hamil terlihat lebih cantik karena aura kebahagian yang memang muncul dari dalam dirinya.

Momen kehamilan adalah momen yang ditunggu pasangan suami istri. Terlepas dari beragam drama yang mungkin menyertai….kehamilan adalah kebahagian yang tidak tergantikan.

Sayangnya, masih banyak pasangan suami istri tidak menyadari pentingnya mempersiapkan kehamilan jauh sebelum kehamilan terjadi. Dan masih banyak calon suami yang beranggapan mempersiapkan kehamilan adalah tanggung jawab perempuan. Padahal sama seperti halnya perempuan lelaki pun harus menyiapkan jauh sebelum proses pembuahan terjadi, salah satunya dengan cara menjalani pola hidup sehat, tidak merokok dan tidak minum alcohol.

Sangat mungkin, kurangnya kesadaran dan pengetahuan mempersiapkan kehamilan menjadi penyebab masih tingginya angka kematian Ibu melahirkan di Indonesia, di sampingnya pada sebagian lapisan masyarakat masih ‘gagap’ mengakses pengetahuan mengenai kehamilan dan melahirkan, sehingga saat terjadi masalah saat kehamilan tidak tertangani dengan baik atau penanganan salah.

Bayi Sehat Penerus Generasi Bangsa
Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam menekan angka kematian Ibu melahirkan di Indonesia, Prenagen menggagas kampanye dengan tema “PRENAGEN Peduli Ibu Sehat, Indonesia Sehat”. Kampanye ini juga sebagai bentuk kepedulian Prenagen kepada masyarakat dan sebagai bentuk apresiasi Prenagen kepada jutaan ibu hamil yang telah memilih Prenagen.




Adapun program yang dilakukan oleh Prenagen Peduli dalah;  
  1. Acara edukasi terlengkap PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 “Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil” diberbagai kota di Indonesia.
  2. Berbagi jutaan Harapan, melalui Wish Card yang tersebar diberbagai outlet di Indonesia.
  3. Berbagi jutaan Harapan melalui #PRENAGRAM 
  4. Program ini memberikan edukasi dan juga mengajak semua orang untuk sadar bahwa nutrisi harus dipersiapkan sejak awal kehidupan si Kecil yang merupakan INVESTASI yang tidak bisa diulang lagi bila terlewatkan.
Selain itu kegiantan ini juga sebagai bentuk kepedulian Prenagen dalam menyadarkan para calon orangtua mengenai pentingnya nutrisi dan stimulasi di awal 1000 hari pertama kehidupan si kecil.
Dan saya berkesempatan hadir dalam acara ini, tepatnya  tanggal 1 Oktober 2016 saya berkesempatan menghadiri acara Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 yang dilaksanakan di Senayan City Mall Jakarta.

Sebelum Interaktif Talkshow dengan tema ‘Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil’, di mulai, tersedia kelas –kelas edukasi dan konsultasi gratis yang meliputi persiapan kehamilan, hamil, menyusui dan nutrisi sehat, tentunya dengan narasumber dan praktisi yang ahli di bidangnya. Selagi menunggu peserta lain registrasi, kita bisa konsultasi atau mendengarkan penjelasan narasumber ahli di sini.

kelas prakehamilan

kelas kehamilan

kelas menyusui 

Adapun narasumber Interaktif Talkshow  dr. Boy Abidin, SpOG(K), Roslina Verauli –psikolog keluarga dan Irene F Mongkar – praktisi stimulasi anak.

Acara di buka dengan penampilan Belly Dance. Belly Dance adalah tarian perut yang berasal dari timur tengah namun dalam perkembangannya telah diadaptasi dan disesuaikan dengan manfaatnya. Seperti  Belly Dance yang diperuntukkan untuk Ibu hamil yang menjadi semacam olah raga. 



MC selama acara berlangsung adalag Sisca Beker di dampingi bintang tamu  Mona ratulio. Ayo siapa tidak kenal Mamy cantik ini, mama muda beranak tiga yang juga penulis buku dan pembawa acara.

Walaupun sudah beranak tiga mba Mona terlihat cantik dan segar. Self reminder nih untuk saya. Yap, jadi ibu bukan alasan untuk perempuan tidak terlihat rapih dan cantik. Di rumah bolehlah dasteran tapi saat diluar terutama mendampingin suami dan anak-anak, harus segar rapih dan cantik donk.


Persiapan 1000 Hari Pertama Kehidupan
dr. Boy Abidin SpOG menekankan pentingnya mempersiapkan kehamilan yang sehat, kehamilan sehat bukan hanya berdampak pada Ibu juga kehidupan si kecil kelak, karena 1000 hari pertama kehidupan si kecil yang di sebut juga golden period dimulai sejak terjadinya pembuahan di dalam kandungan. Artinya saat terjadi pembuahan, kondisi Ibu harus sehat, begitu pun Ayah.



Beberapa hal yang dapat mengancam pembentukan pada periode emas ini adalah malnutrisi atau kurang gizi. Malnutrisi dapat menyebabkan gangguan fisik dan kognitif. Pencegahan terjadinya malnutrisi pada ibu dan anak dapat dilakukan dengan melakukan enam prinsip utama ini;

  1. Suplementasi asam folat dan zat besi; kekurangan zat besi adalah gangguan nutrisi yang paling banyak ditemui, penyebabnya kurang gizi, pendarahan berlebihan saat menstruasi dan cacingan.
  2. Pemberian ASI karena ASI mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan anak untuk berkembang optimal. ASI ekslusif 6 bulan dilanjutkan hingga 2 tahun dengan pendampingan MP-ASI.
  3. Makanan MP-ASI, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.
  4. Suplemen vitamin A, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerusakan organ penglihatan maupun diare.
  5. Pemberian zinc untuk diare.
  6. Air, sanitasi dan kebersihan. Caa sederhan menerapkan kebersihan adalah dengan mencuci tangan karena hal ini dapat mencegah infeksi pada saluran pencernaan (diare) dan saluran pernafasan.

Pengaruh Psikologis pada 1000 hari pertama kehidupan
Menurut Roslina Verauli, pengaruh psikologis juga berperan pada 1000 hari pertama kehidupan, disinilah pentingnya kerjasama yang baik antara Ayah dan Ibu. Secara garis besar pasangan suami istri yang istri hamil akan mengalami empat babak penuh drama namun harus disikapi tanpa drama, lanjut Roslina Verauli.



Babak pertama, hadirnya individu baru – trimester pertama. Kerjasama yang diperlukan, Ayah harus menemani Bunda memeriksakan kehamilan, berbagi tugas pekerjaan rumah karena mungkin Bunda menjadi mudah lelah, mengalami morning sickness, dilanda perasaan cemas. Pada babak ini seksulitas Bunda juga menurun.
Ayah harus membekali diri dengan pengetahuan kehamilan agar mengerti kondisi Bunda.

Babak kedua, trimester kedua kehamilan. Pada masa ini suami memegang kendali untuk meningkatkan atau justru menurunkan tingkat stress dan kebahagian calon Ibu. Karena pada babak ini, Bunda menjadi lebih cepat lelah, kecemasan bertambah.

Babak ketiga, bersiapan melahirkan. Ayah harus mensupport agar Bunda rileks dan happy. Rencanakan kelahiran dan jadi Ayah siaga.



Babak keempat, pasca melahirkan. Setelah bayi lahir, drama belum usai, seperti kita ketahui kebanyakan Ibu mengalami baby blues pada masa ini. Ayah harus lebih peka, terlibat dalam pengasuhan dan tugas rumah tangga.

Pentingnya Stimulasi di 1000 Hari Pertama Kehidupan
Nutrisi, stimulasi dan kasih sayang adalah tiga hal penting di 1000 hari pertama kehidupan. Pada sesi ini, praktisi Irene F. Mongkar menekankan pentingnya mengevaluasi kemampuan-kemampuan dasar si kecil untuk mengetahui apakah kondisi dan fungsi kerja system saraf si kecil sudah sempurna sesuai dengan semestinya. Sehingga jika terjadi penyimpangan dapat tertangani dengan cepat dan tepat. Salah satu contoh, mengevaluasi indra pendengaran dengan cara memperdengarkan bunyi tepuk tangan di dekat telinga dan melihat reaksinya.



Setelah evaluasi yang meliputi kelima panca indera dan fisiknya, dilanjutkan dengan stimulasi. Irene F. Mongkar, menjelaskan dengan cukup detail tahapan stimulasi yang harus diberikan orangtua untuk si kecil dan disesuikan dengan usia anak.

Seperti apa stimulasi yang disarankan Irene F. Mongkar bisa dilihat di DVD yang diberikan secara cuma-cuma pada peserta yang hadir.


Stimulasi yang diberikan secara konsisten akan membuat anak tumbuh bahagia, percaya diri dan penuh imajinasi. Jangan pernah menghambat si kecil untuk bergerak, berbicara dan melakukan eksplorasi. 

Oh ya acara ini sifatnya interaktif selain ada sesi tanya jawab dengan narasumber, peserta juga diajak terlibat aktif. Roslina Verauli meminta dua peserta ke atas panggung untuk mempraktikkan teknik relaksasi.



Kuis memperagakan  Belly Dance 



Diakhir acara, peserta diajak berjanji pada pasangannya suami istrinya, janji menjadi orangtua terbaik untuk si kecil. Akh ...jadi haru. Banyaknya peserta yang datang bersama suaminya juga merupakan indikasi makin meluasnya kesadaran para calon Ayah akan pentingnya membekali diri dengan pengetahuan seputar kehamilan dan pentinya support Ayah.



PRENAGEN Nutrisi Lengkap Ibu Hamil dan Menyusui 



Prenagen adalah susu untuk Ibu hamil dan menyusui namun sebaiknya dikonsumsi pada saat merencakan kehamilan (sebelum hamil) karena nutrisi yang terkandung dalam Prenangen memenuhi nutrisi yang diperlukan pada periode emas tumbuh kembang si kecil yaitu pada1000 hari pertama kehidupannya yang dimulai dari titik nol kehamilan.

Nutrisi penting itu salah satunya asam folat, walaupun jumlah yang diperlukan sedikit namun peranannya sangat besar. Kekurangan asam folat dapat penyebabkan bayi lahir cacat.

Berikut kandungan lengkap Prenagen.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...