Minggu, 16 Oktober 2016

Memulai Gaya Hidup Sehat demi Waktu yang Berkualitas

Salah satu momen berharga saya adalah saat bersama keluarga, menyaksikan millestone anak-anak dan saat mereka berkata bahwa mereka menyayangi saya. Walaupun kadang diselingi rasa bosan dan jenuh. Kalau sudah begitu itu tandanya saya butuh piknik heuheu. Pikniknya tidak perlu jauh-jauh, berenang bersama anak-anak, ke toko buku  atau hunting tanaman hias dan anggrek, sudah lebih dari cukup.

my precious moment
Rasa bosan dan jenuh saya hanya karena butuh jeda dari rutinitas. Sebagai ibu rumah tangga rutinitas saya tidak jauh – jauh dari urusan rumah dan mengurus keluarga, diselingi ngeblog dan jualan tanaman tapi karena kedua aktivitas itu dilakukan online, jadi aktivitas saya berputar di sekitar rumah.

Beruntung Pak suami cukup mengerti kalau istrinya sering butuh piknik. Yap, seiring waktu kami makin saling memahami satu sama lain. Rehat sejenak dari rutinitas membuat suasana hati dan badan kembali fresh.

Suasana hati berhubungan dengan emosi dan secara langsung berhubungan dengan kesehatan fisik.  Jadi kalau suasana hati baik fisik lebih sehat, tidak gampang sakit karena daya tahan tubuh baik
Bicara soal kesehatan, saya yakin semua orang tidak mau sakit. Tapi pada beberapa hal sakit tidak bisa dihindari. Sakit juga sebgai penanda bahwa tubuh butuh istirahat. 

Saya pernah mengalami sakit hingga harus dirawat di rumah sakit karena typus. Waktu itu si sulung baru berumur 3 tahun dan adik 6 bulan.  Rasanya galau, mau sembuh di rawat di RS tapi inget rumah dan  anak-anak. Khawatir dengan keadaan mereka dirumah, kangen ingin tidur sambil memeluk mereka, rindu celoteh anak-anak, saya kehilangan banyak momen berharga bersama anak-anak dan keluarga. Kejadian yang membuat saya lebih giat menjaga kesehatan. Alhamdulillah sampai saat ini saya sehat kalaupun sakit hanya demam dan flu yang obatnya perlu istirahat cukup dan makan makanan bergizi banyak.

Berikut tips menjaga kesehatan ala saya;
1.  Makan teratur dan olahraga
Karena ‘sibuk’ Ibu  biasanya suka menunda makan hingga lupa. Lebih ingat memberi makan anak-anak dan suami daripada dirinya. Ini yang harus dihindari. Yang luput dari perhatian pada Ibu adalah olahraga karena merasa sudah beraktivitas fisik di rumah seperti beres-beres, nyuci dan nyetrika. Padahal aktivitas fisik saat bekerja dan olah  raga beda. Saat olah raga tubuh mengeluarkan hormon endorphin (hormone kebahagiaan) yang baik untuk kesehatan.

2. Seimbangkan kegiatan fisik dan mental
Kegiatan fisik berupa aktivitas  pekerjaan rumah atau pekerjaan kantor, harus diimbangi dengan kegiatan seperti membaca buku, mengaji (jika seorang muslim) dan curhat pada orang terpercaya. Jika teman curhat bukan suami, bukan berarti curhat membuka aib keluarga lho. Curhat bisa berupa bicara dari hati ke hati dan bertukar pikiran.

3.  Mengkonsumsi multivitamin jika perlu
Adakalanya mengkonsumsi makanan dan olahraga saja belum cukup, terutama ketika badan sedang tidak fit atau baru sembuh dari sakit. Tubuh perlu multivitamin tambahan. Theragran-M adalah salah satu multivitamin - mineral yang berguna membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit.

4. Berteman dan me time
Setelah menikah dan memiliki anak biasanya lingkaran bertemanan mengecil, sebaliknya lingkaran pertemanan di dunia maya (social media) membesar. Banyak teman di dunia maya beda lho dengan teman di dunia nyata. Menurut pengalaman, penting memiliki teman di dunia nyata yang bisa dijadikan saling tukar pikiran atau sekedar teman mengobrol.
Dan me time juga tidak kalah penting. Me time artinya memberi waktu untuk diri sendiri, istirahat atau melakukan sesuatu yang disukai.

5.  Melakukan hobi
Melakukan hobi salah satu aktivitas menghilangkan stres dan meningkatkan pengetahuan. Hobi apapun asalkan positif.

6. Membaca buku/ebook
Membaca buku berimbas pada kesehatan fisik dan mental selain agar sel-sel otak kita tetap tumbuh.

7. Ikut kegiatan masyarakat sekitar
Saya selalu ingat nasehat ibu saya,”Yang pertama akan menolong kalau ada apa-apa, ya tetangga.” Nasehat yang terasa banget setelah jadi perantauan.

Multivitamin - Mineral Theragran - M 
Berikut komposisi Theragran-M 








"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."
  

10 komentar:

  1. Alhamdulillah tips sehatnya bikin sehat selalu ya,Mbak.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ...kalau senang hati insyaallah lebih sehat karena imunitas tubuh menningkat

      Hapus
  2. betul mba, kalo makan tdk teratur, mudah masuk angin. kalo jarang olahraga, badan mudah pegal2. Dan kadang kita butuh multivitamin utk menjaga daya tahan tubuh kita

    BalasHapus
  3. Azka makin cantik ya mba. Udah kelas 5 ya?

    BalasHapus
  4. Rin, putrimu udah gede aja yaaa.. bentar lagi nyusul tuh hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus nyusul Trid...jangan kayak emaknya kurang tinggi hahahha

      Hapus
  5. Kalau bokeh tau genar ebook jenis apa mba?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...