Selasa, 09 Agustus 2016

Seblak Bandung

Ngomongin Bandung rasanya tidak bisa dilepaskan dari kulinernya, benar gak? Jangan ngaku udah kulineran di Bandung kalau belum nyicipin yang namanya nasi timbel, colenak (yang sudah jarang ditemui) atau jajanan murah meriahnya yang ngehits macam cilok, cireng, cimol dan seblak. 

Beberapa waktu lalu seorang teman meng-upload foto seblak hasil masakannya di IG berikut caption asal muasal seblak. Sebagai orang Bandung (lahir dan besar di sana) saya baru tahu asal muasal seblak ini. Jadi begini ceritanya; seblak ini awalnya masakan para santri mondok (di daerah Jabar) jika akhir bulan, saat bekal kiriman orangtua menipis.  Untuk mengirit, makan dengan kerupuk yang diolah jadi bercita rasa, jadilah seblak.

seblak home made 



Ada yang belum tahu apa itu seblak? Itu lho olahan kerupuk bawang direbus hingga lembut lalu di tumis dengan bumbu yang telah dihaluskan yaitu  bawang merah, bawang putih,  cabe, garam, penyedap rasa (optional) dan kencur. Kencur ini yang membuat cita rasanya beda, menurut saya.

Terdapat dua jenis seblak yang saya temukan di website review , seblak basah dan seblak kering. Seblak basah, kerupuk bawang di goreng tapi tidak sampai mengembang (bantat) lalu di bumbui bumbu kering, cabe berikut bawang.
Pada perkembangannya seblak tidak hanya kerupuk, untuk menambah nilai gizinya, mulai ditambahkan telur, sosis, baso , atau apapun sesuai selera.

Kalau di Bandung ada seblak, di daerah Sumpiah Jawa Tengah ada krupuk godog. Mirip-mirip seblak cara membuat dan bahannya, hanya krupuk godog tidak ditambah kencur tapi tomat.

Resep membuat seblak basah
Bahan :
1 ons kerupuk bawang rebus
Telur
Baso dan atau sosis, iris tipis.
Air secukupnya’
3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih
Satu ruas jari kencur
Cabe merah dan cabe rawit secukupnya.
Minyak dan garam secukupnya

Cara membuat :
Panaskan air (secukupnya) hingga mendidih masukkan kerupuk hingga kerupuk lunak. Angkat tiriskan.
Haluskan bw, bp, kencur dan cabe. Tumis dengan air masukkan air secukupnya, biarkan mendidih. Setelah mendidih masukkan kerupuk dan garam. Cicipi untuk mengoreksi rasa.

Resep membuat seblak kering
Bahan :
2 ons kerupuk bawang
Minyak secukupnya
Garam
10 siung bawang putih
Cabe rawit dan cabe sesuai selera      
         
Cara membuat :
Goreng kerupuk tapi jangan sampai mengembang banget, agak bantat
Haluskan bawang putih cabe dan garam. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan kerupuk.

Mudah kan membuatnya?











4 komentar:

  1. pernah bikin seblak tp rasanya agak aneh, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. seblak itu khasnya ada rasa kencunya mba :)

      Hapus
  2. Pengin bikin tp belum pernah nyicip yg aslinya jadi ga ada perbandingan rasa. Hehehe... Cuanki juga dari Bandung y mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kalau jalan2 ke bandung cicipin seblak...iya cuanki jg dari Bandung

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...