Selasa, 14 Juni 2016

Beli dan Gadai Emas dengan Aman di Pegadaian

Manusia berencana  Tuhan menentukan, tepat seperti itulah yang terjadi pada saya dan keluarga. Tak pernah membayangkan akan meninggalkan kota Bogor setelah  memutuskan menetap di sana dengan membeli rumah (KPR). Secara tak terduga Pak Suami dapat penawaran kerja yang lebih bagus di daerah Tangerang, jadilah kami memutuskan pindah  dan menjual rumah di Bogor. Sebagai gantinya kami membeli sepetak tanah untuk di bangun rumah.

Membangun rumah dari nol  itu ternyata lebih  banyak rasa di banding membeli dengan KPR. Khawatir dan was-was saat hitungan di atas kertas meleset, mau tidak mau  uang kebutuhan harian terpakai untuk membeli semen, pasir atau keramik. Menunda pembangunan rumah berarti memperpanjang kontrakan, sama-sama mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untunglah saya  memiliki simpanan emas yang bisa digadaikan. Walaupun tidak besar, bisa menutup biaya kebutuhan sehari-hari.





Sebenarnya ini bukan kejadian pertama saya berhubungan dengan pegadaian, beberapa waktu sebelumnya saya menggadaikan emas untuk   biaya mengontrak  pasca pindahan dari Bogor.

berhubung tidak ada yang bisa dimintai tolong menfoto,
ya udah selfie aja hehe

Bicara soal pegadaian emas  saya pasti teringat Ibu, karena dari Ibulah saya kenal pegadaian.  Ibu memiliki kebiasaan menabung dalam bentuk emas perhiasanan,  lalu saat butuh emas-emas itu di gadaikan di pegadaian syariah , terutama untuk kebutuhan biaya sekolah kelima anaknya. Dari pengalaman itu Ibu berpesan pada anak-anaknya, jika punya rejeki jangan lupa zakat, lalu sisihkan untuk di tabung dalam bentuk  emas walaupun satu gram agar punya simpanan jika ada kebutuhan mendesak. Nasehat Ibu benar-benar terasa manfaatnya saat saya berumah tangga.

Pegadaian Mengatasi Masalah Tanpa Masalah
Memang tidak rugi membeli emas, entah dalam bentuk perhiasan atau logam mulia. Emas yang saya gadaikan kemarin salah satunya di beli dari gaji saat pertama kali bekerja seharga 100 ribu/gram, kini berharga jual/gadai kurang lebih 500 ribu/gram. Gadai emas di pegadaian memang mengikuti harga pasar saat ini. Oh ya jika membeli emas perhiasan sebaiknya minimal 70% atau 16 karat, agar bisa di gadaikan.

no cif  9002529973
Emas terutama dalam bentuk logam mulia memang pilihan tepat untuk investasi masa depan selain karena harganya selalu mengalami kenaikan (kalaupun ada penurunan harga masih tertutup dengan harga kenaikannya) juga bersifat liquid, mudah di jual atau di gadaikan, jika ada kebutuhan mendadak. Tapi pesan Ibu saya,”Jangan jual emas, sayang, karena harganya pasti naik. Gadaikan saja dan tebus dengan cara dicicil tiap bulan jadi tidak terasa berat.”

Ehm, benar juga ya. Jadi ingat slogannya pegadaian, Mengatasi Masalah Tanpa Masalah. Bisa ditebus dengan cara dicicil dan  walaupun ada biaya simpan  untuk emas yang kita gadaikan, jumlahnya tidaklah terlalu besar. Selain itu proses gadainya pun berlangsung cepat, jika tidak mengantri tak sampai 15 menit, dana cair dalam bentuk cash. Syaratnya pun tidak ribet, yang pasti harus  membawa emas yang akan digadaikan dan foto copy ktp.

Pegadaian Syariah 
Selain pegadaian dengan metode konvensional  ada pegadaian syariah, namun sayang, cabangnya belum sebanyak pegadaian konvensional. Di Tangsel ini saya belum menemukan pegadaian syariah dekat rumah, berbeda dengan saat saya di Bogor, pegadaian syariah dekat dengan tempat tinggal, tepatnya di daerah Warung Jambu.

Membeli Logam Mulia (LM) di Pegadaian Bisa Dicicil
Secara tidak langsung Ibu mengajarkan saya berinvestasi dalam bentuk emas, seiring waktu saya belajar dari buku atau artikel  perihal investasi emas. Dari membaca-baca itulah saya mulai tahu jika untuk investasi jangka panjang LM lebih baik dari emas perhiasan, tapi tetap kalau di minta memilih saya lebih suka beli emas perhiasan walaupun tidak untuk dipakai, rasanya gimana gitu hehehe.

Tapi beli emas kan mahal? Benar sekali, tapi walaupun mahal bisa di beli dengan cara di cicil sebesar Rp. 5000,- perhari lho. Kalau saya sih pilih puasa jajan bakso atau mie ayam dan makan di rumah, jadi uang jajannya buat beli LM hehehe. Jajan bakso atau mie ayamnya sebulan sekali aja, seperti kata pepatah bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Periode mencicilnya  pun cukup panjang, maksimal 36 bulan.

Dimana nyicilnya bisa semurah itu? Ya di pegadaian.

Menyimpan Emas Dengan Aman Dipegadaian 
Pegadaian tidak hanya menyediakan jasa gadai emas atau barang berharga lain seperti BPKB kendaraan, juga tersedia jasa layanan mencicil logam mulia atau istilahnya Tabungan Emas Pegadaian, melayani pembelian logam mulia dan  menyimpan emas atau safe deposit box (pegadaian sdp).

Membeli LM di pegadaian terpercaya keasliannya karena bersertifikat resmi dari PT. Antam dan lebih praktis karena bisa di beli pegadaian manapun,  ada 5000 cabang pegadaian di seluruh Indonesia lho.  Untuk informasi lebih lengkap bisa di lihat di situs resmi pegadaian yaitu www.pegadaian.co.id

Bukan hanya itu, pegadaian terpercaya karena sudah lebih dari 100 tahun melayani masyarakat Indonesia dalam hal pegadaian.

baca-baca brosur di pegadaian untuk mengetahui lebih jelas layanan yang
disediakan pegadaian 
Layanan Apps Pegadaian
Beberapa waktu lalu saya membaca blog seorang teman yang menghadiri  acara #Roadblog10cities, dari sana saya jadi tahu ternyata kini pegadaian memiliki Apps sahabat pegadaian yang merupakan program customer get customer, nasabah yang berhasil mengajak teman atau keluarga menjadi nasabah baru di pegadaian akan mendapat point yang dapat di tukar hadiah. Apps ini bisa diunduh secara gratis di google store.  Tinggal search sahabat pegadaian dan login. 


#Roadblog10cities yaitu gelaran seminar dan workshop yang diadakan Excite bekerja sama dengan beberapa pihak termasuk Pegadaian. Lebih jauh tentang Excite bisa di intip di FB Excite Indonesia, sayang sekali saya tidak bisa ikut acara ini, semoga lain kali ada dan saya bisa ikut.


  

4 komentar:

  1. Saya termasuk perempuan yang gak terlalu suka pakai perhiasan, pengen nggadaikan aja bbrp perhiasan di rumah utk jd modal usaha. Drpd diem gk berguna :))

    keluargahamsa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mba...klo ga suka emas perhiasan beli LM aja mba :)

      Hapus
  2. nabung emas memang menguntungkan, tapi klo menggadaikan saya masih kurang sreg nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak sreg dengan bunganya bisa pilih pegadaian syariah mba...saya juga biasanya pilih pegadaian syariah tp di Tangsel sini belum tahu di mana

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...