Rabu, 29 Juni 2016

Lactacyd Baby, Merawat Kulit Sensitif si Kecil

Khalif seperti kebanyakan anak seusianya, suka sekali main air apalagi kalau sudah diajak ke kolam renang, susah di ajak pulang. Harus dirayu atau membiarkan dia main air sampai puas dan kelelahan dulu. Walaupun belum bisa merenang, tapi selalu bergaya bisa berenang.

Dulu saya  was-was kalau mengajak dia ke kolam renang sekalian mengantar Kakanya les, karena setelah bermain air di kolam renang kulitnya  jadi burik, kasar, kering dan gatal. Kemungkinan karena  kulitnya tidak tahan dengan  kaporit dari kolam renang. 

Selain itu bermain air di kolam renang juga memicu eksim kering efek alergi susu sapinya kambuh. Rasa gatal Khalif biasanya kambuh pada  malam hari, bisa sampai satu jam lebih saya mengusap-ngusapnya hingga tertidur.

Setelah ngobrol dengan teman dan tetangga sesama Ibu, ternyata bukan hanya anak-anak saya yang pernah mengalami masalah kulit, hampir semua pernah. Kenapa?

Jawaban lengkapnya saya ketahui setelah mengikuti talk show Healty Skin Happy Baby; Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif si Kecil, selengkapnya bisa dibaca di sini.

Kenapa masalah kulit terjadi pada kebanyakan bayi dan anak-anak?
Ada dua hal yang menyebabkan kulit bayi hingga anak usia batita (beberapa hingga usia balita) rentan terhadap iritasi
Pertama, karena bayi terlahir dengan kulit yang tipis di banding  orang dewasa dan akan berubah normal seiring usia.
Kedua, kulit bayi juga pH nya lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Dampak dari pH tinggi ini memudahkan bakteri jahat tumbuh di kulit bayi.

Jadi tidak heran jika bayi hingga usia batita mudah iritasi, misal saat pemakaian pampers atau berkeringat. Kulit bayi juga mudah iritasi karena  zat kimia  dari sabun yang ber pH  tinggi (sabun bersifat basa) membuat pH kulitnya bertambah tinggi.

Ada empat jenis iritasi yang biasa didapati pada kulit bayi dan batita;

sumber gambar leaflet Lactacyd Baby
Seborrhea yaitu peradangan pada kulit bagian atas, timbulnya sisik di kepala, wajah atau bagian tubuh lain. Jika bayi sensitif terhadap suatu alergi Seborrhea dapat menimbulkan eksim atau infeksi.

Ruam popok adalah peradangan pada kulit yang tertutup popok, seperti bokong atau lipatan paha. Terjadi karena reaksi kulit terhadap urine atau tinja.

Kemerahan yang umumnya berupa bintik-bintik pada bagian kulit tubuh bayi menunjukkan kulit bayi sensitif dan sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Ini biasa terjadi pada bayi namun jika dibiarkan atau membiarkan bayi menggaruk dapat menyebabkan iritasi dan  infeksi.

Gatal jika bukan diakibatkan gigitan serangga kemungkinan reaksi alergi dari makanan atau minuman (susu) tertentu.

Jangan Abaikan Gangguan Kulit
Walaupun keempat gangguan kulit diatas umum terjadi pada bayi dan anak-anak, bukan berarti bisa sembuh sendiri, bahkan jika diabaikan menimbulkan iritasi dan infeksi. Seperti pengalaman si Kecil saya, Khalif, awalnya efek alergi susu sapinya menimbulkan gatal dan ruam dikulit, karena saya pikir akan sembuh dengan sendirinya jika tidak mengkonsumsi susu sapi dan turunannya (keju, yoghurt) maka saya biarkan. Ternyata salah besar, akibat garukan dan iritasi, gatal dan ruamnya berubah menjadi eksim kering yang sifatnya kambuhan. Setelah berobat sembuh lalu timbul lagi.

Sudah ganti-ganti dokter kulit hasilnya kurang lebih sama, hanya ganti obat dan ganti sabun khusus. Sampai salah seorang dokter merekomendasikan memakai sabun Lactacyd Baby. Sabun Lactacyd Baby? Bukannya sabun itu juga yang  dulu di pakai Kaka saat bayi hingga batita, pikir saya. Masalah kulit yang dialami Kaka dan adik memang beda, Kaka sering ruam saat masih menggunakan pampers dan gatal di bagian lipatan tubuh saat berkeringat.

Dampak pengabaian bukan hanya menambah banyak pengeluaran karena harus ke dokter, aktivitas si Kecil juga terganggu. Saya tidak bisa melupakan perasaan bersalah, ketika melihat si Kecil asik main tiba-tiba berlari ke arah saya dan merengek karena gatal. Atau melihat kulitnya lecet karena garukan.

Lactacyd Baby sahabat si Kulit Sensitif

Akhirnya saya coba Lactacyd Baby, alhamdulillah gangguan kulitnya sembuh dan tidak kambuh lagi. Bahkan saya tidak khawatir lagi mengajaknya bermain ke kolam renang yang kini menjadi rutinitas setiap dua minggu. Kulitnya tidak burik lagi sehabis berenang. Mengingat usianya yang  sudah lebih dari 3 tahun saya pernah mencoba sabun keluarga biasa, karena saya pikir kulitnya sudah cukup kuat, sehari dua hari baik-baik saja, beberapa hari berikutnya kulit punggung dan daerah lipatan ruam dan gatal. Saat saya tanyakan ke dokter (saat itu sekalian berobat karena demam), katanya kulit Khalif tidak tahan bahan kimia dari sabun keluarga yang sifatnya sangat basa.

Setelah dengan seksama membaca kemasan Lactacyd Baby, ternyata bisa digunakan oleh orang dewasa, berarti efektif untuk kulit Khalif yang kini berusia lebih dari 3 tahun. Dan sampai sekarang Khalif masih menggunakan Lactacyd Baby.

Perawatan pada Kulit si Kecil
Karena kulitnya masih tipis dan rentan terhadap iritasi maka kulit bayi dan anak memerlukan perawatan khusus diantaranya;
- Menjaga kesehatan kulit dengan mandi secara teratur sehari dua kali.
- Ganti pakaian jika berkeringat.
- Jika masih bayi mandi dengan air suam-suam kuku dan tidak terlalu lama.
- Jangan abaikan gangguan kulit si kecil. Hindari pemicunya, konsultasikan ke dokter jika perlu.
- Gunakan sabun yang tepat.

Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di postingan Healty Skin Happy Baby, Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif si Kecil.
   
Lactacyd Baby, Sabun Khusus untuk Bayi dan Anak 
Bayi dan anak perlu sabun khusus. Sabun yang dapat menyeimbangkan pH kulit, sehingga membuat kulitnya segar, sehat dan lembut namun tetap melindunginya  dari kuman.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan Lactacyd Baby terbukti dapat membersihkan, merawat dan menjaga kulit si kecil tetap bersih, segar dan lembut.

Mandi pake Lactacyd Baby kulit jadi lembab
Lactacyd Baby memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya mampu merawat dan membersihkan kulit bayi, diantaranya;

1.       pH sabun Lactacyd Baby 3-4, sehingga mampu menyeimbangkan pH kulit bayi yang tinggi.
       lembut
Perbandingan pH kulit orang dewasa, bayi dan Lactacyd Baby


2.       Terbuat dari ekstrak susu sehingga melembutkan dan menyegarkan kulit bayi.
3.      Mengandung   Lactic Acid dan lactoserum dari ekstrak susu yang terbukti membantu mencegah  pertumbuhan bakteri jahat.

4.       Teruji secara klinis*


Empat Kelebihan Lactacyd Baby 

Cara Pemakaian
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan Lactacyd Baby secara rutin dan tepat.
Untuk memandikan bayi encerkan 3-4 sendok penuh dalam wadah mandi. Mandikan bayi seperti biasa, gosok dengan lembut. Bilas dengan seksama.

Pemakaian pada anak, gunakan layaknya sabun mandi biasa. Basahi tubuh anak dengan air, usap badan dengan sabun Lactacyd Baby biarkan beberapa saat sambil di gosok lembut lalu bilas hingga bersih.

Sabun Lactacyd Baby bisa juga digunakan untuk membersihkan wajah dan kulit kepala dan bisa digunakan oleh orang dewasa. Biasa saya gunakan sebagai sabun pencuci muka. Rasanya lebih lembut dan tidak membuat kulit kering setelah pemakaian. 

Bagaimana pengalaman teman-teman merawat kulit si Kecil?

*Lactacyd Baby telah teruji secara klinis




1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...