Kamis, 02 Juni 2016

Healty Skin Happy Baby; Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif si Kecil

Hari sabtu minggu lalu saya mengikuti talkshow mengenai kesehatan kulit bayi. Healty Skin Happy baby; Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif pada si Kecil, yang diadakan oleh majalah Mother and Baby dan Lactacyd Baby, sabun khusus untuk si kecil yang berkulit sensitif.

Talkshow ini bertempat di Igor’s Pastry Cafe dengan  narasumber  dr. Liem Hui Ling, Annisa Pramita selaku Brand Manager Lactacyd Baby, Mom Blogger Tara Amelz dan Adianti Reksoprodjo Founder and Trainer FitMumandBub dengan MC Sisca Becker. Di hadiri pula oleh MarComm dari majalah Mother and Baby Indonesia Palupi R.N.

Acara dimulai pukul sepuluh tapi banyak peserta datang lebih pagi termasuk saya. Jeda waktu ini di gunakan peserta untuk menikmati coffe break, foto-foto, terlebih ada beberapa foto corner yang menarik untuk di abadikan. Saya termasuk yang tidak mau ketinggalan untuk berfoto bersama di kecil.

Acara di buka oleh MC Sisca Becker dilanjutkan oleh MarComm Mother and Baby dan Brand Manager Lactacyd Baby.  Dalam kata sambutannya keduanya sama-sama berharap acara ini berguna bagi para Mama.

Dr. Liem menjadi pembicara pertama pada talkshow ini, menjelaskan perihal kulit bayi dan cara merawatnya yang tepat melalui video berupa slide.



dr. Liem menjelaskan bahwa kulit bayi lebih tipis karena jaringan kulitnya masih dalam tahap perkembangan. Selain  itu pH kulit bayi lebih tinggi di banding orang dewasa. Kulit dengan pH tinggi ini menyebabkan mudahnya bakteri jahat tumbuh di kulit sehingga kulit bayi gampang iritasi.

Ada empat  macam gangguan kulit pada bayi yaitu seborrhea, ruam popok, kemerahan dan gatal.


peserta antusias mengikuti acara 
Karena pH kulit bayi tinggi maka sabun yang umumnya berpH tinggi tidak cocok di gunakan untuk bayi karena pH tinggi dari sabun dapat merusak kulit bayi sehingga bakteri jahat lebih mudah tumbuh di kulit. Keasaman pH kulit bayi harus di jaga agar seimbang. Penggunaaan sabun pembersih dengan pH rendah  dan berbentuk cairan di sarankan untuk kulit bayi.

Untuk itu penting memilih sabun bayi yang tepat dan sudah teruji secara klinis mampu merawat kulit bayi yang sensitif.

Lactacyd Baby sabun dengan formula khusus untuk bayi


Apa yang membedakan lactacyd dengan sabun bayi pada umumnya? Mungkin itu pertanyaan banyak mama-mama termasuk saya.

Dari talkshow ini saya jadi  tahu jika Lactacyd Baby di formulasi dari ekstrak susu yaitu Lactic Acid dan Lactoserum yang terbukti secara klinis membantu mencegah pertumbuhan bakteri jahat.
Lactacyd Baby memiliki pH 3-4 yang fungsinya menyeimbangkan pH kulit bayi yang cenderung tinggi.

dr. Liem juga berbagi tip mengenai cara memandikan bayi yang tepat diantaranya; Memastikan semua bagian tubuhnya terbilas bersih  terutama bagian lipatan karena bagian lipatan ini sering lembab akibat keringat. Penggunaan sabun yang tepat dan waktu pemandian yang tidak perlu lama. Air yang digunakan harus suam-suam kuku. Air yang terlalu panas membuat bayi tidak nyaman sedangkan air dingin mengundang bakteri jahat tumbuh. Bayi di mandikan dalam suhu ruang.

Cara pemakaian Lactacyd Baby
Annisa selaku Brand Manager lactacyd Baby menjelaskan dua pemakaian lactacyd baby. Pertama, 3-4 sendok lactacyd baby di masukkan ke dalam wadah mandi bayi. Mandikan bayi seperti biasa, gosok dengan lembut lalu bilas hingga bersih. Kedua, untuk penggunaan rutin saat mandi anak-anak, sabun di usapkan pada seluruh badan, biarkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Talkshow berjalan aktif, banyak peserta bertanya hingga tidak tertampung karena keterbatasan waktu.
Beberapa pertanyaan yang diajukan peserta adalah apakah lactacyd baby aman untuk bayi/anak alegi susu sapi karena lactacyd baby dibuat dari ekstrak susu sapi. Lactacyd baby aman di gunakan untuk bayi/anak dengan alergi susu sapi karena pemakaiannya tidak di konsumsi tapi di area luar tubuh yaitu kulit.

Pertanyaan lain adalah kaitan alergi dan kulit sensitif. Salah satu gejala  alergi adalah gangguan pada kulit seperti gatal, ruam kulit dan eksim. Disini orang tua harus bisa membedakan mana ruam yang disebabkan oleh kulit sensitif atau alergi karena mengkonsumsi sesuatu. Karena alergi bersifat genetik maka jika orang tuanya alergi maka sebaiknya anak melakukan tes alergi jika memperlihatkan gejala alergi.

Oh ya acara ini juga bertabur hadiah lho selain ada hadiah untuk peserta yang bertanya juga ada doodprize dan live tweet competition.

Untuk mama yang membawa anak tak perlu khawatir si kecil bosan karena tersedia kids corner. Kedua anak saya betah main di sini.

kids corner


Sharing with mom of show
Tara Amelz seorang mom blogger, membagikan tipnya seputar merawat kesehatan kulit anaknya yang juga mengalami ruam dan kemerahan akibat kulit sensitif. Namun teratasi setelah menggunakan lactacyd baby.



Tip sehat dan bugar dari   FitMumandBub
Mengasuh si kecil dan badan tetap fit adalah keharusan bagi seorang Mama. Dan agar tubuh tetap fit harus di barengi olahraga tapi dengan alasan kesibukan, banyak Mama termasuk saya, merasa tidak ada waktu untuk olahraga.


Di sini Adianti Reksoprodjo selaku founder dan trainer FitMumandBub menjelaskan bahwa olahraga dapat dilakukan  saat bermain atau menggendong si kecil, dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu.  Awalnya Adianti melakukan gerakan ini secara otodidak lalu di unduh ke media sosial, melihat respon yang banyak dan ingin mengikuti akhirnya Adianti menseriusinya dan kini mendapat lisensi.  Untuk lebih jelasnya bisa intip instagramnya FitMumandBub

Tak terasa talkshow berakhir, setelah dijamu dengan makan siang kami pulang dengan di bekali goodie bag yang isinya cukup membuat saya surprise. Oh  ya sebelum pulang, foto bersama dulu...



Terima kasih Lactacyd Baby dan majalah Mother and Baby Indonesia.

6 komentar:

  1. anak-anak saya pernah beberapa bermasalah kulitnya. Suka sedih kalau lagi terganggu. Kan, kulit anak-anak bagusnya mulus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba anak-anak bagusnya mulus dan lembut, sekarang ga perlu bingung karena ada lactacyd

      Hapus
  2. anak-anak harus dijaga dengan lembut, begitu pula dengan kelebutan kulitnya ya mbak. untung ada lactacyd baby

    BalasHapus
  3. Baru tau ada produk buat bayi nha

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi tahu buat persiapan jadi ibu mba heheh

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...