Kamis, 26 Mei 2016

[Fun Blogging] Ngeblog, dari Hobi jadi Profesi


Ngeblog  bisa jadi profesi? Memang bisa? Mungkin itu pertanyaan banyak orang termasuk saya. Sampai saya bertemu beberapa teman dan ikut workshop ini, ternyata benar lho ngeblog bisa jadi profesi.

Saya sendiri  sudah merasakan penghasilan dari blog, jumlahnya masihlah sedikit alias recehan. Eit, bilang recehan bukan maksudnya tidak bersyukur malah sangat bersyukur, di sela ‘ngasuh’ dapat uang.

Jadi bisa di bilang salah satu alasan saya mengikuti Workshop Fun Blogging ini adalah up grade ilmu blog untuk meningkatkan  penghasilan dari ngeblog hehehe.  Fun blogging adalah miniworkhop tentang blog yang di gagas trio blogger yaitu mba Haya Aliya Zaki, teh Ani Berta dan mba Shinta Ries sejak . Dan kini memasuki sesi 12. Saya ikut sekitar pertengahan bulan Mei, sesi 11. Di post ini saya akan menuliskan liputannya sekaligus rangkuman materi dari mini workshop tersebut.


Ada tiga tema yang diangkat dalam mini workshop ini yaitu mengenai konten, advancing blog dan monetize.

Tiga narasumber Fun Blogging
Writing Great Konten
Tema ini dibawakan oleh Haya Aliya Zaki, seorang Mommy Blogger juga editor, untuk lebih lengkap mengenai sosok yang satu ini cus aja ya ke blog di sini.

Apa sih yang diperlukan seorang blogger agar mendapatkan job review? Networking or skill? Dua –duanya. Networking tanpa  skill menulis,  tidak memiliki akun media sosial dan tidak pandai mempromosikan tulisannya, bukan tidak mungkin pemberi job review akan kapok karena  tulisan tidak sesuai yang di maksud, page view kecil dsb.

Mengandalkan skill saja hasilnya akan kurang maksimal karena ‘pekerjaan’ blogger berhubungan dengan media sosial dan banyak orang di dunia maya. Salah satu skill yang harus di kuasai adalah menulis dengan konten yang baik dan bagus. Sedangkan untuk networking, bergabung dengan beragam komunitas blog dan berteman dengan sesama blogger.

Manjakan pembacamu dengan foto, konten dan informasi – Marischka Prudence
Konten adalah raja, promosi adalah ratunya – Bob Meyer
Sesunggugnya ‘nafas’ dari blogmu adalah konten – Bang Win.
Konten yang baik dan bagus akan menciptakan pembaca yang loyal.

Bagaimana memulai menulis konten yang baik dan bagus?
Pertama adalah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang baik. Hal yang kerap kali di sepelekan – merasa sudah menulis dengan EBI benar - termasuk oleh saya, padahal ini penting banget karena salah menempatkan tanda baca, salah menyusun kalimat, salah penggunaan tanda baca akan menimbulkan arti berbeda.

peserta menyimak dengan serius 

Selain menimbulkan maksud berbeda juga akan membuat pembaca kelelahan dan pusing membaca tulisan kita karena sukar dipahami.
Contoh, penggunaan tanda seru yang tidak pada tempatnya. Arti tanda seru bisa menjadi terkesan marah.

Lalu mba Haya memberikan 13 tip agar tulisan kita bertenaga yaitu;
Jujur artinya apa yang kita tuliskan bukan kebohongan.
Temukan ide unik, nah ini gampang-gampang susah tapi dengan banyak membaca insyaallah bisa. Gurunya menulis adalah membaca.
Riset, ini juga nih yang kadang sering diabaikan, walaupun tulisan curhat jika mengarah-ngarah atau berujung kepengetahuan populer harus riset donk agar pembaca mendapat pengetahuan yang benar, bukan membentuk opini salah.
Ingat pesan kunci, harus jelas apa yang ingin di sampaikan pada sebuah tulisan
Hindari kalimat klise
Gunakan kalimat aktif
Gunakan kalimat pendek, agar pembaca mudah memahami maksud tulisan dan tidak lelah membaca.
Sederhana, Jangan di buat menjelimet, biar mudah dipahami pembaca.               
Perhatikan EBI atau ejaan bahasa indonesia yang baik dan benar.
Perhatikan logika
Kaya diksi
Mainkan indera
Swasunting (self editing)

Blogger saat ini tidak mungkin lepas dari tawaran job review, nah mba Haya memberikan tip menulis Job review diantaranya; tidak menyebutkan nama brand berulang-ulang, bangun percakapan dengan pembaca, isi postingan cocok dengan permintaan klien, isi blog tidak semua postingan berbayar.

Blogger sell stories not products

Advancing Your Blog Platform
Materi ini dibawakan oleh mba Shinta Ries, siapakah dia? Bisa diintip di blognya di sini

Pada materi ini mba Shinta memberikan tip bagaimana blog yang mudah diakses pembaca (tidak berat), meningkatkan keterbacaan dan mudah terdeteksi google.  Kenapa mudah terdeteksi google penting? Karena akan memudahkan dipencarian ketika orang menuliskan kata kunci di Google. Blog ini akan mudah di temukan ketika orang menuliskan kata kunci di search engine google, baik kata kunci yang berhubungan dengan nama kita sebagai pemilik blog atau tulisan dalam blog. Efeknya jumlah page view akan meningkat. Senang kan kalau blog kita banyak pembacanya?

Salah satu tip dari mba Shinta, backgroud blog sebaiknya putih. Jangan sekali-kali hitam. Duh saya juga paling males tuh baca blog yang backgroudnya hitam, pusing.

Soal google analytic yang juga di bahas saya kurang mengerti jadi maafkan jika saya tidak jelaskan di sini. Yang saya tangkap, share blog post di Google Plus, tambahkan jaringan pertemanan di Google Plus, nama gambar/foto yang di upload di blog dengan kata kunci, perhatikan judul di url blog (pendek dan menggunakan kata kunci).

Untuk lebih mengerti Google Analytic sepertinya saya harus belajar privat, biar ngerti, mungkin efek usia menjelimet dikit gagal paham.  Tapi jangan khawatir di blog Shinta Ries dan status-statusnya, banyak membahas soal ini, jadi kepoin aja ya teman.

How to Monetize Your Blog Through Branding
Materi ini dibawakan teh  Ani Berta, tentang beliau bisa di baca di sini .
Ada beberapa keunggulan yang membuat sebuah brand memilih blogger untuk mempromosikan  produknya dan kini pilihan ini makin banyak di sukai brand. Dari segi finansial lebih murah, di bandingkan beriklan di tv, misalnya.

Keunggulan promosi di blog diantaranya; self experience atau berdasarkan pengalaman (biasanya blogger mendapat sample produk), essay atau cerita bersifat personal, personal engagement (ada ikatan personal), spread link dan ada interaksi dengan pembaca.

Selain job review apa saja sih ‘pekerjaan’ blogger? Mungkin ini jadi pertanyaan ketika bicara ngeblog menjadi profesi. Selain job review blogger biasanya mengerjakan diundang event atau peluncuran produk untuk meliput dan di publish di blog, ditunjuk menjadi penyelenggara giveaway (kuis di blog) oleh sebuah brand, diminta kampanye elektabilitas tokoh (biasanya berhubungan dengan kampanye tokoh, pastikan anda punya nyali besar dan sabar jika menerima tawaran ini – pesan teh Ani), ghost writer, banner affiliation dan adsence.

Saat memiliki blog dan berniat dimonetize, sebaiknya pilih blog gratisan atau berbayar? Menurut teh Ani sih yang mana aja bisa, tapi memang ada beberapa brand yang menginginkan domain yang kita gunakan domain berbayar, dengan alasan nampak profesional.
Syarat blog yang bisa di Monetize



Selain itu teh Ani Berta memberikan tip memonetize twitter dan facebook dan bagaimana agar personal branding terbangun. Untuk jelasnya yuk ikutan Fun Blogging, infonya bisa pantengin terus akun twitternya di @FunBloggingID

Kesimpulan yang saya dapat dari Fun Blogging ini adalah mendapat penghasilan dari Blog bukanlah proses yang instan, harus kerja cerdas, kerja keras, konsisten dan tahu ilmunya. Selfreminder.

Blibli.com sebagai sponsor acara Fun Blogging sesi ini, mengenalkan dua produk baru dan inovatidf yang dijual yaitu i-Angel, gendongan modern yang nyaman dan aman dan uPang, waterless sterilizer , review uPang versi saya  bisa dilihat di  sini.

Office Tour Blibli.com
Blibli.com adalah toko online besar di Indonesia termasuk dalam katagori e-commerse terbesar. Blibli.com sebagai sebuah toko online menawarkan beberapa kelebihan di antaranya, customer sevice yang siap 24 jam, begitu pula pelayanan pembelian stand by 24 jam selama 7 hari, jadi enak kan bisa shopping saat liburan. Cicilan 0% dengan beberapa bank yang sudah kerjasama, selalu ada promo khusus setiap hari, produk yang dijual berkualitas, Bebas ongkir dengan syarat dan ketentuan tertentu – untuk lebih jelas yuk klik www.Blibli.com

Saat Fun Blogging ini saya berkesempatan keliling kantor Blibli.com. Wah kantornya di luar ekspektasi saya lho.  Ini dia penampakan kantornya. Kesannya serius tapi santai dan tetap profesional. Office tour di dampingi mba Dewi selaku PR Blibli.com




Ada ayunan di kantor, asik ya buat istirahat abis makan dan sholat hehhe

Acara di tutup dengan pengumuman pemenang kultwit dan saya kalah ....*padahal ngarep menang* hehehe Tapi terhibur dengan dapat voucher Blibli.com tanpa pembelian minimum, ahey....






1 komentar:

  1. Aku juga gak ngerti google analytic. Hikss... Acaranya padat ilmu yaa..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...