Jumat, 29 Januari 2016

Acer Liquid Z320, smartphone aman untuk anak

Anak-anak digital
Anak-anak kita tumbuh dalam dunia digital sejak lahir, bahkan mungkin sejak dalam kandungan saat Ibu memperdengarkan suara musik atau e-book rider dari tablet atau telepon pintar pada janin.

Gadget seperti telepon pintar dan tablet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam sebuah keluarga terutama keluarga urbanBerdasarkan survey yang di lakukan The Asian Parent pada tahun 2014 terhadap  2500 orang tua di negara-negara Asia yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina, menyebutkan bahwa 98% anak terbiasa menggunakan gadget, artinya 9 dari 10 anak, terbiasa berinteraksi dengan gadget.


sumber. id.theasianparent.com
Banyak orang tua, termasuk saya, menjadikan gadget sebagai alat belajar dan menstimulasi si kecil. Dampak positifnya terasa, sebagai contoh anak kedua (4 thn) saya hapal cukup banyak kosakata bahasa inggris – bahkan dengan pengucapan yang lebih fasih – tanpa saya mengajarinya langsung tapi sering  mendengar  lagu dan film kartun edukatif yang saya unduh dari  youtube. Belum termasuk beragam aplikasi untuk menstimulasinya seperti mengenal bentuk, warna, angka, huruf dan game yang juga edukatif.

gadget sebagai media belajar dan stimulasi 

Untuk si sulung (7 thn) yang suka sekali menggambar, saya mendampinginya  melihat tutorial menggambar dari youtube.

Selain dampak positif secara kognitif seperti yang saya sebut di atas, gadget juga berdampak positif secara afektif yaitu anak mengenal dan memahami teknologi secara dini, menumbuhkan kepercayaan diri anak karena anak merasa banyak tahu dan mudah menemukan sesuatu.

Sebagai orang tua, sisi  positif  menggunakan gadget sebagai media belajar dan stimulasi anak adalah lebih praktis, banyak pilihan, efisien dan hemat. Simpel karena saya tidak harus setiap saat membuat peraga sendiri (DIY) untuk menstimulasi anak.  Banyak pilihan untuk setiap jenis stimulasi, lebih hemat di banding membeli banyak mainan/peraga untuk menstimulasi dan efisien karena belajar dapat dilakukan kapan dan di manapun.



Kekhawatiran orang tua, berlebihan kah?
Pada saat bersamaan, ada kekhawatir jika  nanti anak-anak memiliki smartphone sendiri (sekarang mereka masih menggunakan smartphone milik saya dan penggunaannya benar-benar di bawah kendali saya), lebih asik dengan smartphone nya di banding bermain atau bersosialisasi dengan lingkungannya yang mengakibatkan sifat empati dan simpati anak tidak tumbuh dengan baik.

Saya juga khawatir mereka mengakses konten yang tidak sepantasnya mereka lihat saat pengawasan saya lengah. Khawatir mereka tumbuh menjadi generasi instan, yang tidak tahu cara ‘kerja keras dan cerdas’ untuk  mencapai sesuatu.

Apa kekhawatiran saya berlebihan? Beberapa waktu saya mengikuti seminar mengenai Digital Parenting yang salah satu narasumberya Konsultan Psikologi Personal Growth Jakarta, data dari konsultan ini menyebutkan ada beberapa kliennya yang memang mengalami dampak negatif gadget serius, dari kecanduan games dengan taraf yang sulit disembuhkan sehingga anak yang kehilangan daya pikirnya.

Bagaimana agar hal itu tidak terjadi pada anak-anak kita? Salah satunya  dengan memilih perangkat ponsel pintar yang aman, ponsel pintar yang memang di desain untuk anak-anak.  Memang ada? Ada yaitu smartphone Acer Liquid Z320.

Smartphone Acer Liquid Z320,  aman untuk anak
Acer LiquidZ320  smartphone  yang dilengkapi aplikasi khusus untuk anak dan super aman. Aman dalam arti tak perlu khawatir si kecil mengakses konten yang tidak pantas andai pun kita lengah saat mendampinginya.

Secara singkat Kids Center bisa di lihat dari video berikut ini;




Yap, Acer Liquid Z320 yang di lengkapi Kids Center yaitu aplikasi yang berisi beragam games, fitur, konten dan web yang aman, edukatif dan menarik untuk  anak. Aplikasi ini merupakan aplikasi pre-install dalam Acer Liquid Z320. Kids Center sudah terinstal secara otomatis dengan tampilan full colour dan eye-catching. 

Kelebihan lain Kids Center dari Acer Liquid Z320 diantaranya :

Parental Control yang ekstra aman
Saat fitur Kids Center diaktifkan anak, ia hanya akan menikmati aplikasi dan situs tertentu, sehingga konten yang tidak cocok untuk anak tidak akan terakses. Kids Center juga memberikan usulan aplikasi, video dan game yang sesuai dan aman untuk anak.

Tersedia pula channel video dan karena Kids Center terupdate secara otomatis maka jumlah channel video (yang tentunya positif dan sesuai untuk anak) bertambah sehingga anak tidak bosan.

Tampilan untuk memutar video di Kids Center berbeda dengan tampilan youtube, agar pengguna yaitu anak tidak ‘tersesat’ atau mengakses dengan tidak sengaja video yang tidak sesuai.

Di lengkapi dengan parental control  untuk memantau aktivitas internet anak dan mengatur keamanan yang mencegah anak dari mengunduh konten dewasa atau membeli aplikasi baru tanpa seijin spAcer. Tapi jika orangtua merasa pilihan keamanan yang otomatis ada dalam Kids Center kurang, bisa mengaktifkan Extra Safe Zone yang mengunci ponsel di Kids Center meskipun telah dinyalakan.

Beragam pilihan aktivitas menarik untuk anak
Selain beragam fitur, konten dan situs khusus anak, Kids Center dari Acer Liquid Z320 dilengkapi aktivitas menarik seperti untuk kamera tersedia bingkai foto lucu dan sesuai untuk anak. Galeri hasil foto dari kamera Kids Center dibuat terpisah dari galeri utama.


Kids Center juga menyediakan coloring pages yang berisi banyak gambar lucu sehingga anak betah berlama-lama mewarnai.

Mudah digunakan
Kids Center diaktifkan dengan cara pengguna membuat akun untuk melakukan berbagai pengaturan, termasuk konten yang dapat diakses anak.

Kids Center mudah digunakan anak-anak di bawah usia 12 tahun walaupun memiliki banyak fitur. Begitupun pengaturan yang harus di lakukan oleh orangtua, mudah di pahami.

4 langkah mudah mengaktifkan Kids Center

Jadi dengan Acer Liquid Z320, kita tak perlu khawatir jika lengah mengawasi anak saat tengah asik dengan ponsel pintarnya jika kita sudah melakukan pengaturannya.

Harga terjangkau 
Harga Acer Liquid Z320 seharga Rp.999.000,-.



Keterlibatan orang tua secara aktif dan penuh
Selain pemilihan smartphone  yang tepat untuk anak yaitu Acer Liquid Z320, penggunaan ponsel pintar akan lebih efektif untuk mendukung kecerdasan dan tumbuh kembangnya jika orang tua terlibat secara aktif dan penuh. Keterlibatan orang tua juga akan membuat anak cerdas berinternet dan media sosial (kelak) serta menghindarkan anak dari perilaku negatif di dunia maya. Berikut berdasarkan survey, perilaku kurang baik anak di dunia maya;

Foto adalah dokumentasi pribadi saat mengikuti seminar digital parenting
Keterlibatan orang tua dapat dilakukan diantaranya dengan;

Menyepakati waktu dan lamanya berinteraksi dengan gadget
Membuat kesepakatan dengan anak mengenai waktu dan lamanya berinteraksi dengan gadget selain agar anak tidak kecanduan, anak menjadi tahu bahwa yang harus di lakukannya bukan hanya bermain dengan ponsel pintarnya dan mengerti pentingnya waktu.

Pemakaian gadget sebaiknya tidak lebih dari 2 jam sehari atau dilakukan saat akhir pekan saja.

Pendampingan
Pendampingan yang dilakukan orang tua selain untuk memastikan anak tidak mengakses konten yang tidak baik, juga membantu anak memahami konten yang di aksesnya sekaligus menanamkan nilai-nilai baik.

Pendampingan yang dilakukan juga dapat mempererat bonding orang tua dan anak, sehingga peran orang tua sebagai tempat bertanya dan berkeluh kesah tidak tergantikan gadget dan internet.

Konten disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak
Akan efektif jika konten yang di akses anak disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak sehingga menyenangkan.  Konten sebaiknya tidak sekedar ‘bermain’ tapi merangsang anak berpikir, membawa pesan positif dan kreatif.

Berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Selain menetapkan waktu untuk anak bermain dan belajar dengan gadget, tetapkan juga waktu anak berinteraksi dengan lingkungan sekitar, baik teman sebaya maupun alam.

memberi ruang agar anak berinteraksi dengan alam sekitar 
Interaksi anak dengan lingkungan dan alam akan menumbuhkan sikap simpati dan empati, hal yang tidak bisa di pelajari secara teoritis.

refensi tulisan dan gambar
www.acerid.com
www.id.theasianparent.com
www.ayahbunda-online.com
seminar digital parenting 


Tulisan ini diikutsertakan dalam Acer Liquid Z320 Blog Competion




7 komentar:

  1. kayaknya baru Acer Z320 yang ada kids center nya. Harganya cocok nih, buat anak sedanglah harga segiu

    BalasHapus
  2. Keren ya Gadgetnya ada Kids Centrenya, makin betah anak2'niy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak betah emaknya harus tegas dengan batas waktu hehehe

      Hapus
  3. Gs khawatir lagi kalo anak2 megangnya si Acer liquid ni ys mak. Semoga menang :*

    BalasHapus
  4. iya mak, makasih doanya iya nih pengen hadiah hp nya buat anak-anak *ngarep* hehehe

    BalasHapus
  5. Waah enak banget ya sekarang ada smaryphone Acer yang dilengkapi dengan aplikasi Kids Center khusus untuk anak-anak.Jadi tidak khawatir lagi deh buka yang aneh-aneh dan macam-macam.Terima kasih infonya Mbak Rina :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...