Sabtu, 12 Desember 2015

Inspirasi penataan ruang

Salah satu toko furniture dan perlengkapan rumah yang membuat saya ingin lagi (dan lagi hahaha) datangi adalah IKEA.  Apalagi kalau bukan untuk mencari inspirasi penataan rumah, furniture dan printilan dapur yang bagus dengan harga terjangkau.

IKEA memang didesain sedemikian rupa sehingga membuat pengunjung betah dan terinspirasi. Furniture dan alat rumah tangga ditata dengan desain tepat.  Tempatnya cukup luas, kira-kira menghabiskan 4 jam untuk menjelajahi seluruh area dengan kecepatan jalan santai. Gak terasa tahu-tahu kaki sudah pegal hehehe.


Apa harga  barang di IKEA mahal-mahal? Sangat variatif. Jika bahan furniture berkualitas sangat bagus maka harganya mahal, jika solid biasa, tidak jauh dari furniture lokal begitu pun dengan printilan dapur. 

Di postingan ini saya akan berbagi inspirasi penataan ruang yang didapat dari sana. Bagaimana membuat tempat kecil tetap nyaman, rapih, memiliki fungsi tepat dan tentunya bisa dimodifikasi sesuai budget kita.

1. Desain simple dan minimalis
Desain rumah paling tepat untuk luas tanah kecil adalah minimalis, dengan begitu ruangan tampak lapang. Berikut contoh desain dapur minimalis dan simple.

simple kitchen
2. Partisi
Fungsi partisi atau sekat adalah untuk memisahkan dua ruang dengan fungsi berbeda, sehingga nampak rapih dan terasa lebih privat. Kalau biasanya partisi berupa lemari atau penghalang biasa, yang ini agak lain, multifungsi, bisa untuk menggantungkan foto dan tas.

partisi multifungsi

3. Memaksimalkan fungsi ruang
Keterbatasan ruang dapat diatasi dengan memaksimalkan setiap ruang yang tersisa termasuk di sudut, sisi ruangan atau bawah tangga. Meja belajar ini terletak di belakang ruang keluarga, tepat di belakang sofa. Ruang belajar bersama menurut saya pilihan tepat, agar mama yang punya lebih dari satu anak dapat langsung mengajari dan mengawasi anak-anak belajar secara bersamaan. Atau bisa juga jadi ruang kerja.

meja belajar panjang, bisa untuk Kaka dan Adik

4. Tempat penyimpanan
Pilihan memasak rak di dinding rumah, oke juga lho. Terutama untuk barang yang ringan dan sering digunakan.

terlihat rapih


 Bagaimana, inspiratif bukan? Modifikasi untuk menyesuaikan dengan budget :)

15 komentar:

  1. Aku belum pernah belu produk IKEA. Pengen nyoba sekali2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikea melayani pembelian online mba

      Hapus
  2. Balasan
    1. maksud postingan ini bukan untuk belanja di ikea mba, tapi mencontoh inspirasinya heheh, lalu sesuaikan dengan budget :)

      Hapus
  3. Kalo beli perabot IKEA itu aku malesnya self service, Mba. Kudu cari ke gudangnya yang super-gede. Terus, bawa pake kendaraan sendiri ke rumah xixixi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih mba, tapi itu untuk furniture besar, saya klo ke ikeanya sukanya beli printilan dapur heheh

      Hapus
  4. wah tempat berkaryanya keliatan asik banget y mbak kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik dan bikin ketagihan berkunjung hehehe

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. aku salah satu fans beratnya nih...apalagi printilannya lucu-lucuuu bangeeet..kalau ngg inget rumah imut bawaannya mau borong semuaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. printilan lucu terus harganya di bawah 30 or 50...udah deh kalap hahahha

      Hapus
  7. Di Sidoarjo belum ada IKEA adnya Informa Mbak. Inspiratif penataannya.

    BalasHapus
  8. iya, Rin, pikabitaeun pisan yah heuheuheu

    BalasHapus
  9. Ikea emang bsia banget dijadikan tempat nyari inspirasi ya Mba, saya juga suka lihat2 gmn mereka mengatasi ruang yang sempit tapi tetep lengkap isinya dan bagus pulak penataannya :D

    BalasHapus
  10. suka banget sama penataan ruang dari IKEA aku sampai betah lihat2 disana mbak

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...