Sabtu, 10 Oktober 2015

Internet cepat untuk Mama Cerdas #GoForIt

Digital Mommy




Suatu malam saat sedang asik browsing dan ngeblog (saya biasa melakukan aktivitas ini malam hari - saat anak-anak tidur), tiba-tiba listrik mati, setelah di cek ternyata voucer listrik habis. Panik? Enggak dong, tinggal ambil smartphone, klik mobile banking, pilih menu m-payment pilih publik/utilitas, lakukan transaksi, dalam waktu sepuluh menit, listrik menyala. Simple bukan?

***
Senin pagi beberapa waktu lalu, saya di kejutkan dengan deringan telepon dari suami yang sejam lalu pamit ngantor.
“Ma, laptop ketinggalan, gimana ya? Ada meeting lagi jam 9. Bisa anterin  gak?”
“Tenang, nanti Mama anterin, gak sampai satu jam nyampe kok.”
“Di anterin pake apa?”
Saya tersenyum, mengambil smartphone, pilih aplikasi transportasi publik yang sudah saya dowload sebelumnya.  Tak sampai sepuluh menit seorang ‘kurir’ datang, wajahnya persis foto yang muncul di layar aplikasi tanpa ragu saya mempercayakan mengantar laptop suami padanya.
Tak sampai satu jam pak suami kembali menelpon dengan suara sumringah.
“Terima kasih ya Mam,  idenya hebat.”
Hidung mama kembang kempis kegeeran hahaha.

***
Hari minggu, si kaka merengek minta di bikinkan kue bola coklat karena semalam habis di bacakan buku berjudul kue bola coklat.  Padahal mamanya ini tidak jago bikin kue,  walaupun suka praktik kue seringnya yang itu – itu terus. Yang simple dan anti gagal. Dan kue bola coklat belum pernah praktik dan belum tahu resepnya.


Bingung? Enggak dong, tinggal buka google di smartphone dan nulis kata kunci kue bola coklat, puluhan resep muncul, tinggal pilih deh.

***
Mau tahu sudah sejauh mana tumbuh kembang anak-anak dan bisa update soal parenting, tinggal klik situs parenting terpercaya atau download aplikasi parenting, biar bisa di baca sambil ngopi cantik saat anak-anak tidur siang.
***

Menghadapi kerewelan anak-anak saat terjebak kemacetan yang cukup lama,  saya biasanya memberi tontonan youtube yang edukati, dengan pengawasan saya tentunya.

***
update ilmu dengan ikut workshop digital parenting
Semua hal di atas bisa dilakukan jika smartphone terhubung dengan internet cepat alias ga lelet. Internet dengan dukungan teknologinya memungkinkan  banyak hal menjadi mudah, efisien (tidak banyak buang waktu dan tenaga) dan kreatif. Bisa tetap belanja atau membeli makanan tanpa beranjak dari rumah. Untuk anak-anak, keberadaan internet membuat saya tidak khawatir kehabisan  ide  memberikan mereka aktivitas  bermain dan berkreasi untuk mengisi waktu sehari-hari karena mereka sangat dibatasi nonton tv dan gadgetan.

Tutorial membuat beragam origami, percobaan science sederhana, dongeng interaktif, dan ide membuat beragam kreasi, saya dapatkan dari youtube. Youtube bisa di buka dengan baik jika jaringan internetnya cepat. Kalau lelet terputus-putus atau malah tidak terbuka.

Tapi walaupun ngakunya mama digital saya tidak seharian pegang gadget, walaupun godaan itu ada karena saya termasuk orang yang memanfaatkan media sosial untuk mencari uang saku.

Saya harus mengendalikan dan memanfaatkan internet, bukan sebaliknya, karena peran saya sebagai orangtua harus hadir sepenuhnya, bukan sekedar memberi anak ini itu.


Smart freelancer writer
Sebagai penulis lepas sebuah majalah saya tidak pernah menolak ketika pesanan tulisan datang, serumit apapun tema dan tulisannya.  Nulis emang apanya yang rumit, kan tinggal search di google? Mungkin ini yang membuat majalah tempat saya nyambi jadi penulis lepas eksis selama 38 tahun dan selalu menyambet gelar sebagai majalah parenting super brand.  Yaitu karena artikelnya tidak sekedar copas dari internet. Harus hasil diskusi atau koreksi narasumber ahli. Jika bicara soal kehamilan narasumbernya dokter spesialis kandungan, jika soal makanan dokter ahli gzi dsb.

Begitupun dengan tulisan pesanan yang saya terima, harus dengan narasumber ahli. Dengan memanfaatkan internet saya tidak perlu beranjak dari rumah untuk membuat artikel kompeten. Menghubungi pihak RS untuk mencari narasumber dengan telepon lalu mengirim permintaan resmi dengan  email, membuat janji dengan dokter sambil mencari bahan diskusi di google. Kemudian wawancara dengan narasumber di lakukan melalui telephone, tulisan hasil wawancara di kirimkan email untuk di koreksi ulang oleh narasumber.  Tapi ada beberapa narasumber yang ingin wawancara face to face.

memanfaatkan internet untuk membuat tulisan kompeten

Suatu kali saya mendapat tugas menulis yang tidak seperti biasanya  yaitu mengenai liputan produk rumahan di mana saya harus mencari produsennya untuk mencari tahu mengenai produknya secara langsung dan mencoba produknya.

Berapa banyak waktu, tenaga dan uang (ongkos) untuk keliling Jabodetabek mencari narasumbernya? Tapi dengan bantuan internet, semua jadi mudah dan efisien. Caranya, saya hubungi teman-teman di sosial media (yang kebanyakan belum pernah ketemu muka) bertanya adakah di sekitar tempat tiinggalnya atau temannya memiliki usaha rumaha yang saya cari?

Setelah beberapa hari hunting di media sosial, grup, teman medsos,  akhirnya saya mendapat beberapa nama pengusaha rumahan yang di maksud . Menghubungi via WA untuk meminta waktu ngobrol melalu telephone, memesan produknya dengan bantuan ‘kurir’, tulisan pun selesai dalam tenggat waktu yang sudah di tentukan pihak majalah.

Tanpa beranjak dari rumah, saya bisa membuat tulisan terpercaya, berkat dukungan internet cepat. kalau  internet lelet, selain membuat   tulisan selesai tidak tepat waktu, emosinya pun jadi negatif alias jadi senewen.

Blogger Aktif
Mulai ngeblog di akhir masa kuliah tapi baru beneran konsisten ngeblog setelah  punya anak. Siapa sangka blog yang awalnya sekedar urusan curhat jadi istri, jadi ibu dan impian-impian hidup *harus punya mimpi donk ya biar punya target hehehe*, bisa menghasilkan uang.

Saya pun memutuskan serius ngeblog. Memang sebelum menghasilkan uang tidak serius? Ya, serius tapi posting tulisan masih semaunya, konten tulisan kadang geje alias gak jelas.

Sekarang, mulai merasa harus update ilmu perbloggingan, caranya ikut workshopnya, gabung dengan komunitas blogger, ikut gathering blogger, konsisten posting dengan tulisan yang dikurangi kadar tidak pentingnya hehehe.

Bisa konsisten ngeblog dan blog walking berkat dukungan jaringan internet yang cepat, terlebih untuk saya yang memiliki waktu terbatas untuk duduk manis depan laptop karena (sok) kesibukan sebagai mama dua anak.  Karena kesok sibukan itu, jika ikut lomba blog saya sering posting jam-jam menjelang deadline. Apa jadinya  jika pas mau posting, jaringan internet lelet? *nangis di pojokan*
Saya pernah mengalami saat posting jaringan internet lelet, download foto yang walaupun hanya satu bisa lebih dari 15 menit.

Bukan hanya saat posting butuh internet cepat, juga saat blog walking dan  blogger gathering. Paling kesel itu pas liat teman share postingan blog dengan tema yang menarik, saat mau  buka blognya lelet dan gambar tidak muncul.  Kalau untuk blogger gahtering jaringan internet  cepat jadi keharusan agar bisa ikut  lomba live reportnya alias lomba twitnya.

Teman-teman blogger pasti mengertilah ya, betapa pentingnya jaringan internet cepat kapan dan di manapun karena harus  terhubung dengan jaringan media sosial agar blog yang kita miliki di lihat dan di baca banyak orang.

terkoneksi dengan jaringan media sosial


Go for it with smarfren 4G LTE
Bicara soal jaringan internet super cepat, kini ada teknologi 4G setelah sebelumnya ada 3G. Apa sih 4G?  4G LTE (long-term evolution) adalah generasi ke-empat dari teknologi komunikasi mobile internet. Berikut adalah gambaran bagaimana teknologi informasi berevolusi. Sumber gambar di ambil dari www.smarfren.com


Smartfren sebagai perusahaan telekomunikasi sudah menerapkan teknologi ini dengan meluncurkan Smarfren 4G LTE Advanced yang memungkinkan pelanggan dapat menikmati layanan 4G LTE lebih optimal dengan cakupan wilayah yang luas (FFD/frequency division duplex) dan kapasitas bandwidth (TTD/rime division duplek) yang di sediakan jauh lebih besar dibandingkan operator lain, sehingga Smarfren 4G LTE Advanced menjadi lebih cepat dan stabil.



Dengan jaringan yang luas, cepat dan stabil kapan dan dimanapun dengan smarfren 4G LTE Advanced, kita dapat meraih kesempatan luar biasa tanpa batas. GO FOR IT!

Artinya jika  menggunakan Smartfren 4G LTE Advanced, produktivitas bisa bertambah, waktu yang di gunakan untuk online menjadi berkurang (karena saat browsing, download, posting dan instal apps cepat), wow....cucok nih untuk saya yang karena kesoksibukan ngurus dua anak, merasa waktu online sempit.

Tidak ada lagi donk ya istilah internet lelet, yang membuat urusan terhambat. Bayangkan saat macet dan anak-anak rewel lalu saat kita mau  hibur dengan tontonan di youtube eh jaringannya putus-putus. Atau saat voucher listrik malam-malam habis terus jaringan internet di smartphone mati. gelap gulita dan kepanasan karena AC tidak nyala, hadeuh. Mau tidak mau harus keluar rumah cari tempat penjualan voucher listrik *kebayang rempongnya*.

Nah, bagaimana cara menikmati jaringan Smarfren 4G LTE Advanced? Kita harus menggunakan USIM smarfren 4G LTE dan berada dalam wilayah jaringan serta menggunakan perangkat (atau handphone) yang mendukung teknologi Smarfren 4G LTE Advanced.




Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Smartfren 4G LTE Advanced




20 komentar:

  1. internet semakin canggih., kita juga kudu lebih canggih :V salam kenal mom., :)

    BalasHapus
  2. syealu, tulisan mak rina selalu keren, kece badai...sukses ya mak rin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi belum sekece tulisan yang lain mak...hehe

      Hapus
  3. Wuaaaaaaa.... Emak banget yaaaah.....

    Kini internet memang kok bnr bnr senjata ampuh hehehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. manfaatkan dengan maksimal mak biar urusan sehari-hari lebih efisien heheh

      Hapus
  4. Wuaaaaaaa.... Emak banget yaaaah.....

    Kini internet memang kok bnr bnr senjata ampuh hehehhee

    BalasHapus
  5. Gadget untuk menunjang pekerjaan ya, Mba. Aku juga sama. Sayang rasanya kalo teknologi cuma dipakai buat main-main ga jelas juntrungan. Good luck for the competition! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak sayang pulsa kalau internet dan teknologi ga di pake untuk produktif

      Hapus
  6. Memang teknologi 4G ini benar-benar membantu, semoga saja harga paket internet yang disediakan lebih murah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mas, semoga harganay kompetitip lah ya walau pun ga murah heheh

      Hapus
  7. "...kita yang yang harus mengendalikan dan memanfaatkan internet, bukan sebaliknya..." >> couldn't disagree :-)
    Semoga menang lombanya yaaa ...

    BalasHapus
  8. Pakai gojek ya kurirnya? Hihihi
    Skrg inet udah jdi kbutuhan pokok banget ya, Mbak. Banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  9. Teknologi internet bikin ibu-ibu makin eksis

    BalasHapus
  10. Semakin banyak fiturnya semakin besar manfaatnya.
    Blogger memang perlu gadget yang bagus untuk mendukung kegiatannya.
    Semoga berjaya dlm lomba
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  11. untung sekarang ada smartfren...kecepatan internet joss, device harganya terjangkau ^^
    mommy rina bisa lebih gahoel ngeinternetnya

    BalasHapus
  12. Jadi lebih hemat waktu ya bu....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...