7 Mainan untuk 7 Kecerdasan Anak

Saya lebih suka rumah berantakan dengan mainan  daripada rumah rapih dan anak-anak duduk manis nonton tv. Alasannya karena  percaya mainan bagi seorang anak adalah salah satu media atau alat untuk menstimulasi kecerdasannya, terutama balita. Bukan berarti saat menonton anak tidak terstimulasi tapi saat bergerak (main) lebih banyak yang terstimulasi. misal, saat anak bermain lego atau puzzle bukan hanya kecerdasan visual spacial yang terstimulasi juga motorik halus, matematis dan linguistik.

Beberapa mainan sengaja di beli dengan alasan khusus, selebihnya gratisan entah hadiah membeli susu, goodie bag acara atau pameran, mainan bekas anak adik, hampers produk karena dapat kontes atau membuatnya sendiri bareng anak-anak.

Sebenarnya yang di maksud cerdas itu apa sih?
Menurut Dr. Howard Gardener, profesor pendidikan di di Harvard University, AS, kecerdasan adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan persoalan baru untuk diselesaikan dan kemampuan menciptakan sesuatu. Kecerdasan tidak dapat dilihat dari kemampuan linguistik dan logika.

Howard gardener kemudian mengembangkan teori kecerdasan majemuk. Semua kecerdasan itu dimiliki setiap anak namun dengan taraf berbeda. Untuk mengetahui kecerdasan apa yang dimiliki si kecil kita perlu stimulasi sejak dini dan mainan adalah salah satu medianya.

Kecerdasan Linguistik


Ditandai oleh kemampuan berbahasa yang melebihi anak seusianya. Stimulasi yang paling umum di lakukan untuk kecerdasan ini adalah melalui pembacaan buku sejak kecil, bahkan sejak dalam kandungan.

Mainan untuk stimulasi kecerdasan ini salah satunya mainan dengan beragam bentuk, seperti bentuk geometri atau alphabet. Caranya dengan mengajarkan anak nama benda atau bentuk tersebut sehingga anak lancar mengucapkan kata dan menambah perbendaharaan kata.

contoh mainan untuk menstimulasi kecerdasan linguistik, gambar diambil dari lazada.co.id


Kecerdasan logika matematika
Ciri anak dengan kecerdasan ini terlihat dari minatnya yang cukup besar terhadap eksplorasi sekitarnya, bertanya mengenai fenomena dan berhitung.

Gelembung sabun salah satu mainan yang dapat menstimulasi kecerdasan ini karena anak mengenal proses perubahan dari cair ke semi padat dan konsep udara. Stimulasi lain adalah mengajarkan anak mengelompokkan benda, berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran.

Kecerdasan kinestetik atau gerak tubuh
Anak-anak dengan kecerdasan kinestetik tidak bisa duduk diam, selalu bergerak aktif dan menyentuh ini itu karena rasa ingin tahu. Gerakannya luwes dan gesit.

Bola bisa dijadikan mainan untuk menstimulasi kecerdasan ini. Anak balita umumnya senang menangkap, melempar dan menendang bola.

Kecerdasan visual spacial
Anak yang memiliki kecerdasan ini imajinatif dan kreatif. Daya imajinasinya cukup tinggi. Lebih mudah mengerti dan memahami sesuatu dengan gambar.

Menyusun puzzle atau lego adalah mainan yang bisa menstimulasi kecerdasan ini. Ada lego yang pas untuk batita dan balita, ukuran pics nya lebih besar dari ukuran lego biasa.

Kecerdasan musikal
Cirinya anak mudah mengenal dan memahami nada setelah diperdengarkan lagu. Dia juga senang mendengarkan musik, memainkan musik  atau menyanyi.

Mainan untuk mengeksplorasi kecerdasan ini adalah beragam alat musik mainan atau alat musik betulan tapi yang di desain khusus untuk anak-anak. Anak jadi mengenal beragam macam alat musik dan nadanya.

Contoh alat musik untuk anak dan balita, gambar di ambil dari lazada.co.id

mini organ

Kecerdasan interpersonal
Ditandai dengan kemampuannya berinteraksi dengan orang lain dan pintar menjalin hubungan sosial. Biasanya anak dengan kecerdasan ini mudah kenal dan akrab dengan anak baru seusianya dan luwes bermain dengan teman-temannya.

Stimulasi kecerdasan interpersonalnya dengan memfasilitasi anak  untuk play date. Undang anak tetangga atau teman untuk bermain bersama. Jika anak perempuan bisa bermain congklak, boneka atau masak-masakan, sedangkan laki-laki main mobil-mobilan atau bola.

pkaydate 

Kecerdasan intrapersonal
Anak dengan kecerdasan intrapersonal mampu mengendalikan diri dalam situasi konflik.
Stimulasi kecerdasan ini dengan mengarahkan untuk mencurahkan perasaannya  melalui media tulisan atau gambar

Stimulasi di atas hanya sebagian kecil, dari banyak stimulasi yang bisa dilakukan untuk mengasah kecerdasan si balita dan batita. 


Pilihan mainan untuk mengasah kecerdasan si kecil dapat di lihat di katalog lazada mainan anak dan bayi di lazada.co.id.





referensi tulisan

multiple intelligences seri ayahbunda
how to multiply your child's intelligence

8 komentar

  1. Anakku (dan aku) lagi seneng2nya main lego :D

    BalasHapus
  2. Kebetulan memang lagi nyari2 mainan buat anakku.

    BalasHapus
  3. Semakin ke sini informasi tentang banyak hal makin banyak ya, jadi para ortu lebih bisa banyak belajar

    BalasHapus
  4. Aku juga suka anakku mainan bola daripada maina gadget mbak. Pokoknya gerak nggak diem saja .

    BalasHapus
  5. kecerdasan majemuk ini penting diketahui orang tua supaya lebih bisa mengasah kecerdasan anak-anaknya, ya

    BalasHapus
  6. mainannya pascal sukanya lego-lego gitu mbak

    BalasHapus
  7. Jadi inget sepupu yang suka banget mainan gelembung sabun itu. Buat sndiri cairannya. . .

    BalasHapus
  8. anak pertamaku seneng lego klo dirumah, suka nyebutin nama binatang, jenis mobil, sama main bareng kakak2 tetangga

    BalasHapus