Kamis, 06 November 2014

BSD Kota Mandiri yang Dinamis dan Inovatif

Weekend di BSD
Dengan alasan untuk keefektipan waktu dan tentu saja pengeluaran, agenda  rutin belanja bulanan kami satukan dengan family time, jadi biasanya kami rekreasi sebelum belanja atau sesudahnya. Rekreasi simple seperti berenang, anak-anak main di play ground atau sekedar jalan-jalan  di sekitar mall. Jadi untuk urusan belanja bulanan kami memilih tempat yang all in one; ada atau dekat dengan toko buku, musholanya nyaman, banyak pilihan untuk kuliner dan  nyaman untuk si kecil.  Agar tak bosan juga, kami biasanya mengunjungi hypermarket yang berbeda, dengan catatan tak jauh dari tempat kami tinggal, Ciputat, kalau tidak ke arah Jakarta Selatan pasti Serpong tepatnya BSD.


Dari beberapakali kunjungan, kami jadi ketagihan ke BSD, karena suasana yang tidak terlalu crawded.  Ehm, apa ini salah satu efek dari berderetnya pepohonan rindang sepanjang jalan, jadi terasa adem dan tenang?  Atau jalanannya yang lebar?

Ya, ruas jalan di BSD lebar dan tertata apik. Di sepanjang boulevar yang merupakan jalan utama di desain untuk tidak menyebrang sembarangan jadi tersedia  jembatan-jembatan penyebarangan di tempat – tempat strategis seperti di depan mall dan kawasan ruko. Pembatas jalur kiri dan kanan cukup lebar dan di rimbuni pepohonan.


Kota  Mandiri yang Dinamis
Kota mandiri BSD diresmikan tahun 1984 sebagai sebuah kota terencana pertama, dengan area yang cukup untuk dilakukan pembangunan selama 25 tahun ke depan. Dengan pengembang yang tidak perlu di sangsikan lagi kredibilitas dan kualitas pembangunannya yaitu  Sinar Mas Land.   Tak  heran jika ada yang menyebut BSD sebagai kota yang dinamis, karena terus berinovasi dan berkelanjutan dalam pembangunannya. Bukan sekedar membangun hunian yang nyaman dan aman juga terintegrasi sebagai kawasan bisnis dan edukasi tanpa meninggalkan konsep ‘hijau’. Seperti yang kami lihat saat ke sana; tengah di bangun sebuah area perkantoran dengan konsep Eco Green,  dan deretan ruko dengan desain modern baru selesai di bangun. Ini melengkapi ruko dan gedung perkantoran yang sebelumnya sudah ada yaitu Sinar Mas Land Plaza. Pembangunan ini juga menunjukkan bahwa BSD berkembang pesat secara ekonomi.





Di desain sebagai kota yang tidak hanya mandiri secara fasilitas juga berdikari, BSD memiliki kemudahan akses menuju area komersial di Jakarta, melalui jalur BSD-JORR 1 atau stasiun Serpong. Sedangkan menuju Bandara Soekarno-Hatta hanya 30 menit melalui tol Jakarta-Merak dan ini di dukung dengan infrastruktur lengkap dan inovatif termasuk ketersedian tenaga listrik yang memadai dan jaringan fiber optic sebagai infrastruktur komunikasi.

Memenuhi kebutuhan masyarakat urban
Dengan konsep kota mandiri, BSD di lengkapi fasilitas publik seperti rumah sakit, lebih dari 60 lembaga pendidikan formal dan informal dari jenjang dasar hingga perguruan tinggi termasuk magister (Prasetya Mulya sudah membuka kampusnya di sini), sport center, tempat rekreasi, hotel berkelas internasional, pasar modern,  ruko, hypermarket serta moda transfortasi.




Untuk memenuhi gaya hidup masyarakat modern perkotaan BSD dilengkapi lapangan golf, mall dengan konsep ruang terbuka yaitu The Breeze.


The Breeze BSD dengan konsep ruang terbuka untuk belanja, kuliner dan hiburan. foto dok. pribadi


menikmati siang di salah satu mall BSD, dengan kursi-kursinya yang khas; berbentuk keyboard

Kota Mandiri berwawasan Pendidikan dan Lingkungan
Pendidikan dan lingkungan sepertinya menjadi point penting dalam pemabngunan BSD, ini terbukti dengan tersedianya lahan seluas 40 hektar yang diperuntukkan khusus untuk area pendidikan. Menurut saya inilah salah satu inovasi yang patut diacungi jempol selain infrastruktur jalan rayanya, karena lahan ini direncanakan menjadi kawasan Edutown. Di mana akan dikembangkan konsep terpadu universitas, asrama dan tempat penelitian. dan di dukung koneksi internet nirkabel.



Di bawah ini adalah foto gedung yang menarik perhatian putri kami  karena berbentuk kastil. Ternyata ini adalah gedung pendidikan non formal bernama Edutography yang merupakan pusat pengembangan cita-cita dan motivasi. Selain itu di sini juga membuka kelas workshop sains setiap hari sabtu dan minggu. sudah banyak sekolah yang melakukan field trip ke sini dan sepertinya saya pun akan menyarankan pada komite sekolah si kecil untuk berkunjung ke sini. Sebuah inovasi bagaimana memotivasi anak-anak untuk mencapai impiannya.




Azka seperti banyak gadis kecil lain, suka dengan hal berbau princess :)

Taman terbuka yang terdapat di BSD selain menyajikan ruang hening juga sebagai bentuk penyelamatan lingkungan dan melindungi kesehatan penghuninya. 

Jaringan drainase dan kanal di BSD menyajikan sistem penyaluran air dan dirancang agar terhindar dari banjir.

BSD benar-benar menawarkan hunian idaman. Kota mandiri yang besar dan menawarkan banyak peluang bisnis.


Referensi tulisan

www.sinarmasland.com


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Sinar Mas Land 

26 komentar:

  1. Waahhh dirimu di ciputat maak? Aku pun dulunya :). Hampir selalu main ke BSD :). Paling asyik main ke taman kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang pindah ke mana mba? keliling BSD kayak wisata kota ya

      Hapus
  2. Saya kira bagus juga kalau pengembang swasta dilibatkan dalam perancangan kota seperti kota satelit BSD ini. Karena kalau saya perhatikan kota-kota seperti kota kabupaten dan kota kecamatan umumnya berkembang tidak terarah. Jadi terkesan semerawut. Tapi ya mestinya bentuk kota-kota satelit semacam BSD ini juga dapat mengakomodir kebutuhan hunian bagi rakyat golongan menengah ke bawah.

    Betul bukan Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sekali mas...minimal mereka mberikan 'peta' untuk mengembangkannya ya atau sebagai CR untuk kampung di sekitarnya

      Hapus
  3. waj mak di tangsel juga ya. saya ke BSD lewat aja kalo mau ke omni

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak kania di tangsel juga? di mana nya?

      Hapus
  4. Kotanya nyaman yah. seharusnya pemerintah bisa meniru BSD yang mengelola tempatnya menjadi hunian yang nyaman dan dinamis juga teratur...

    Salam
    http://duniarty.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seperti di negara-negara maju ya ..kota tertata, ga seenaknya dan sembarangan bikin mall di sana sini tapi penataan yang jelas

      Hapus
  5. emank bagus ya kotanya
    dulu aku cuma lewat aja gak pernah mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesekali mampir mak , keliling sekalian cari inspirasi :)

      Hapus
  6. Hunian yg serba komplit dan konsep ruang tertata apik nan indah..ada ecogreen..ruang terbuka dll.Pokoknya dijamin 100% yg stay di daerah BSD akab nyaman jaya merdeka sentosa ya Mak. Sukses untuk.kontes blognya :)

    BalasHapus
  7. waahh.. bisa betah nih di sini... keren lah pengembang yang tetap memikirkan tata ruang dan kenyamanan penghuni kaya' gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. betah rin tapi keudah gaduh atos ageung beli bumi didinya mah hehe

      Hapus
  8. Tertata rapi dan bagus ya. Pasti asyik banget weekend di BSD :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas bikin ngiler punya rumah di sana mba heheh

      Hapus
  9. Udah sering dengar BSD sih, tapi belum pernah kesana. Pernah ngirim pesanan pelanggan & teman2 aja heheheee. Alamatnya pake "sektor" gitu kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak Lusi , alamatnya pake istilah sektor

      Hapus
  10. enak kalo main yg 'serba ada' gitu ya Rin, jadi semua senang hehehehe

    BalasHapus
  11. Rumah dan lingkungannya asri ya mbak..jalannya lebar, ditanamani tumbuhan hijau jadi nambah asri..kayaknya bakalan betah tinggal disana ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betah krn semua serba ada dan aman

      Hapus
  12. Betaaaahhh banget kalau tinggal di perumahan macam gini.

    BalasHapus
  13. Penasaran sama the Breeze euy...bagus kelihatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus, konsepnya terbuka jadi terasa beda, pas mau foto-foto di dsana di tegur satpam euy katanya harus ada ijin, walaupun udah saya bilang buat lomba sinarmas heheh

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...