Sabtu, 21 Juni 2014

Kreasi Bunga Pansie dengan Sulam Pita

Beginilah kalau gak rajin BW,  tahu ada hajatan seorang teman blogger pas hari DL. Untunglah saat baca itu di timeline fb, si kecil lagi tidur jadilah langsung bongkar kotak prakarya jepret sana sini lalu nulis.


Saya suka craft sejak kecil. Suka liatin tante saya merajut dan bikin topi, tas taplak meja dan sweater. Tante saya juga jago bikin kristik. 

Saat cuti anak pertama saya mengisinya dengan mengambil kursus sulam pita di Bandung, Kebetulan saya berencana melahirkan di rumah ibu di Bandung. Kursus setiap hari kecuali hari minggu, jadi bisa datang setiap hari karena gurunya standby. Tempat kursusnya di jalan Gandapura Bandung, sampai sekarang masih ada tempat kursusnya. Dulunya tempat kursus itu bernama Terrakota kini menjadi Hobby Craft. Selain sulam pita ada banyak kursus lain termasuk clay dan melukis di kain untuk anak-anak.

Karena waktu saya di Bandung hanya sebulan, saya hampir tiap hari datang. Kursus sulam pita di bagi 2 grade, pemula dan mahir, saya ambil dua-duanya. Biaya kursusnya lumayan juga tapi sebanding dengan rasa suka cita saya. Senengnya bisa bikin bunga-bunga cantik warna warni dari pita.

Selesai kursus, kembali ke dunia kerja, sibuk nulis dan ngeblog tak ketinggalan kontes blog hehe sesekali menyentuh pita untuk dibikin bunga, biasanya kalau Azka merengek minta diajaran. Istilahnya Azka bikin kreasi. Berharap suatu hari punya waktu luang untuk bisa membuat sesuatu. Entah taplak meja, sarung bantal kursi atau apapun. Eh, setelah kursus saya sempat bikin tamplak meja, motifnya super sederhana.


Ini ada sedikit tutorial praktis dan singkat membuat bunga Pansie.
Bahan pita satin dengan lebar 1.5 cm, panjang 16 cm pola segitiga, 19 cm untuk pola persegi. Jarum sulam pita dan benang warna senada dengan warna pita.


Gambar kotaknya adalah pita sedangkan garis titik-titiknya adalah benang yang dijahitkan. Setelah selesai di jahit, serut yang kuat lalu matikan jahitan. Kemudian pertemukan kedua ujungnya dan jahit. Bunga akan nampak seperti ini.


Bunga ini bisa diaplikasi di kerudung, pakaian, sarung bantal kursi, hiasan dinding atau taplak meja.


 Tutorial bunga lain bisa saya ajarin kalau ada yang mau mampir ke rumah :)



10 komentar:

  1. sulam pita memang indah banget ya mbak. sudah lama saya punya tutorialnya, tp belum sempat bikin. hihi... sok sibuk nge-flannel

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mba di coba dan variasikan dengan bunga flanel

      Hapus
  2. tiasaan ih, eh ini teh, teh rina yg pernah kerja di kimia bdg kan, masih inget dina ;). hebat pisan jadi penulis lepas, masih kerjakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya orang kimia, ini dina mana ya...dina lipi, bukan, iya dulu saya sempat di kimia lipi. wow dina keren handmadenya saya baru sebatas pengen...blm banyak do it hehhe

      Hapus
  3. Balasan
    1. thank u mba rosalia, salam kenal...:)

      Hapus
  4. Seneng banget ada kursusan gitu. Ditempat saya paling menjahit saja. Enggak ada tempat kursus sulam.


    Mba Rin ikut Giveaway di blog saya juga dongs. Bercerita sesuai tema saja, plus dikaitkan dfmg fitur live tiles. Yapi, enggak harus punya produknya. :D

    Cek di idahceris.com, yes.

    BalasHapus
  5. cantikbanget hasilnya mbak, kreatif dan butuh kesabaran ya membuatnya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...