Minggu, 04 Mei 2014

Belajar dan Bermain Gadget Cerdas dan Aman dengan Aplikasi Anak Cerdas dari Acer

Anak-anak Digital
Karena teknologi seolah dunia dalam genggaman, bisa mengakses informasi kapan dan di manapun, bukan lagi sekedar jargon. Yap,  teknologi sudah menjadi ‘sahabat baru’, terutama di kota-kota besar dan bukan hanya oleh orang dewasa juga anak-anak dan balita. Ada sisi positif anak dan balita berinteraksi dengan teknologi seperti smartphone atau tab, jika di bimbing dengan bijak dan cerdas oleh orangtuanya,  mereka  akan tumbuh menjadi generasi yang melek informasi dan teknologi, cerdas  dan percaya diri.  

Namun begitu, membatasi interaksi anak dan balita dengan teknologi adalah keharusan, karena  ada kecerdasan lain yang perlu di  stimulasi salah satunya adalah kecerdasan kinestetik yaitu dengan membuat mereka bergerak aktif dan mereka (terutama balita) harus melihat benda dalam bentuk sebenarnya, tidak sekedar dalam bentuk gambar. Mengawasi dan memastikan aplikasi yang diakses di kecil aman adalah kewajiban, karena ada konten yang dibuat oknum tak bertanggung jawab, dengan kemasan untuk anak tapi isinya pornograpi dan kekerasan.

Jadi biasanya, saya memberikan kedua anak  bermain gadget tidak lebih dari dua jam sehari. Sedangkan untuk memastikan keamanan dan agar aplikasi yang dimainkan mereka terserap maksimal untuk tumbuh kembangnya, saya mendampingi mereka dan mengunduhkan aplikasi yang sesuai. Jadi mereka tinggal klik ikon aplikasi yang sudah kami, saya atau suami unduh.

Untuk mencari aplikasi yang aman untuk si kecil, biasanya saya mencarinya dengan menuliskan kata kunci di penyedia aplikasi seperti google play store.Butuh waktu yang cukup lama, untuk menscreeningnya. Tapi itu cara aman dibanding membuat anak mencari sendiri kan? 


Aplikasi Anak Cerdas
Namun, kini kami tak perlu ribet mencari dengan kata kunci,  setelah tahu Acer Indonesia menyediakan Aplikasi  Anak Cerdas dalam bahasa Indonesia dengan konten yang sesuai materi pendidikan yang diajarkan di sekolah. Satu genggaman tersedia puluhan aplikasi aman. Dilengkapi dengan fitur yang memastikan keamaan anak saat bermain sekaligus belajar dengan gadgetnya. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di google play store.

Spesifikasi tablet atau smartphone untuk mengunduh Aplikasi Android Anak Cerdas adalah; memiliki minimal OS Android 4.0 Ice Cream (ICS), layar minimal 4.7 inch - layar yang besar membuat penglihatan anak nyaman-, RAM 512MB, kapasitas penyimpanan 1GB dan harus terkoneksi internet untuk aktivasi awal, pendaftaran pengguna, download update dan membaca dunia tekno.

Secerdas apa sih, Aplikasi Anak Cerdas ini? Saya mencoba mereviewnya berdasarkan pengalaman menggunakannya bersama kedua si kecil saya, Azka dan Khalifah.




Mari Bermain

Katagori Edukasi terdiri dari banyak aplikasi yang kontennya merupakan ilmu pengetahuan untuk si kecil. 



Si bungsu kami Khalifah (2y6m), suka sekali saya bacakan aplikasi ensiklopedi mini Dinosaurus yang terdiri dari 40 an halaman digital . Pengetahuan baru juga untuk saya,  ternyata spesies Dinosaurus ada lebih dari 40.  



Dari katagori edukasi  saya mengenalkan Azka (6y) pada tokoh-tokoh nasional dan dunia. Yang tak kalah seru adalah mengajarkan kaka Azka berhitung dengan beragam cara yang fun. Selain  doa harian anak muslim, belajar bahasa Inggris dan mengenal rambu-rambu lalu lintas. Yang terakhir sangat membantu saya lho yang suka lupa arti penanda jalan saat berkendara.



Di Katagori Buku Cerita ada puluhan aplikasi cerita dalam bentuk e-book, cerita interaktif, dari seri dongeng anak-anak dunia seperti Grims bersaudara, kisah para Nabi sampai dongeng nusantara.



Kedua si kecil saya sangat suka dengan cerita model interaktif. Cerita interaktif adalah cerita yang terdiri dari beberapa slide gambar yang dilengkapi suara dan akan bercerita dari satu gambar ke gambar lain secara otomatis dan setiap gambar akan mengelurkan bunyi atau bergerak ketika di sentuh . Ini sangat membantu saya, jika mulut mulai pegal setelah membacakan beberapa cerita pada kaka Azka dan Khalifah sebelum tidur atau dalam kendaraan di perjalanan.

cerita Malin Kundang dari  Sumatra Barat 

Katagori Pemainan, ini mungkin yang paling di minati anak-anak tapi tak perlu khawatir karena permainan bisa bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang si kecil asal  sesuai dengan usianya dan mengandung unsur yang mengasah logika si kecil. Permainan  seperti apa? Bisa di cek di aplikasi anak cerdas katagori permainan dan ada banyak pilihan sesuai usia anak.



Setiap katagori terdiri dari banyak sekali aplikasi, bukan hanya enam seperti terlihat pada gambar di atas lho. Ada ratusan aplikasi, tinggal di scrool ke bawah, dan bisa diundah sesuai kebutuhan yang disesuaikan dengan usia dan minat si kecil.

Aplikasi yang sudah diundah akan tercantum di aplikasi terinstal dan si kecil bisa memainkannya tanpa terhubung internet.



Bagaimana aplikasi diunduh? 
Sangat mudah dan cepat. Tinggal tekan tulisan lihat makan akan muncul seperti gambar di bawah ini berikut gambar dan keterangan secara garis besar isi aplikasi. Jika cocok dan sesuai kebutuhan tinggal  tekan instal dan tunggu sampai terinstal sempurna. Aplikasi akan secara otomatis tersimpan.

salah satu permaian yang disukai kaka Azka


Latihan Yuk! Berisi soal-soal latihan matematika, sains, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sangat cocok untuk anak-anak yang duduk di sekolah dasar. Orangtua bisa meminta anak mengerjakan soal-soal di sini dan mencek skornya, sehingga bisa melihat sudah sejauh mana persiapan anak menjelang ulangan. Ada fitur ini juga membuat anak bisa belajar kapan dan di manapun, tak harus selalu duduk manis di meja belajarnya, bisa di taman atau teras sekalin refreshing :)

Tapi untuk soal kelas 1, iseng-iseng saya uji cobakan pada kaka Azka yang baru tahun ini mau masuk sekolah dasar dan beberapa soal dia bisa mengerjakan karena soalnya bersifat umum dan aplikatif, tidak hanya hapalan.



Dunia Tekno Berisi informasi, beragam tips dan trik penggunaan  teknologi terkini khususnya gadget, cocok untuk para orangtua yang wajib menjadi smart digital parents sebelum membiarkan si kecil berinteraksi dengan gadget.



Pengaturan Adalah salah satu bentuk proteksi dan pemantauan orangtua terhadap penggunaan aplikasi anak cerdas yang dilakukan anak. 



Untuk melihat seberapa sering aplikasi di gunakan anak, aktifkan laporan penggunaan dengan posisi on dan pilih kirim ke email, cara ini sangat cocok untuk para ibu bekerja, yang tidak bisa setiap saat mengontrol aktivitas si kecil.

Dan dengan fitur akses dan proteksi, orangtua bisa mengatur apakah si kecil dibiarkan mengunduh sendiri setiap aplikasi atau  mengunduhkan dan menyimpannya di dekstop yaitu dengan penggunaan password.

Saya sudah mencoba dan merasakan manfaat Aplikasi Anak Cerdas, benar-benar membantu saya menjadi orangtua cerdas digital. Tak khawatir karena aplikasi aman untuk anak-anak.

Dan ini adalah gambar kaka Azka hasil belajar dari aplikasi How to Draw yang ada di katagori edukasi.
Oh ya tapi ada aplikasi yang saat akan saya instal, muncul tulisan belum tersedia. Saya kurang paham maksudnya, apa memang belum tersedia atau bagaimana. Tapi jika memang belum tersedia harusnya jangan di cantumkan.




Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia


referensi tulisan
www.anakcerdas.co
www.acerid.com

18 komentar:

  1. seru ya mak,komplit bangettt...anak2 pasti seneng,lha saya aja seneng lihatnya hehe

    BalasHapus
  2. aplikasinya emang mantap ya mbak :) bisa jadi homeschooling ala aplikasi anak cerdas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul beberapa pengetahunnya bisa diterapkan unt bahan hs

      Hapus
  3. wah keren nih.. moga menang ya mak

    BalasHapus
  4. anak2 jadi tambah seneng megang gadget ya, karena ada aplikasi ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kesenengan kalau gak di stop gak mau brhenti heheh

      Hapus
  5. wah ternyata suka menggambar juga ya, sama mbak aku juga bahs tentang menggambar nih

    BalasHapus
  6. seneng banget ya mak, ada aplikasi yg mencerdaskan :-)

    BalasHapus
  7. ternyata ada gamenya juga dan bagus2. Saya baru sebatas belajarnya aja. Coba liat lagi, ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dilihat dan dipilih mak hehehe

      Hapus
  8. seru ya, aplikatif sekali untuk orgtua dan anak2 :) gambar kupu2nya bagus kaka Azka :)

    BalasHapus
  9. Azka, tante mau dong dibikinin gambar bunga dan kupu2, dikasih tulisan "buat tante arin yang cantik" hehehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...