Rabu, 11 Desember 2013

Kopdar, di mana pun seru yang penting happy

Kopdar alias bertemu teman-teman yang selama ini kenal di dunia maya, baik teman medsos maupun blogger, selalu saya tunggu - tunggu. Jika waktunya pas – saya suka jika kopdar diadakan week end - tempatnya ok, terutama tempat yang memungkinkan saya membawa serta suami dan anak-anak, kemungkinan besar saya datang.

kopdar bersama teman medsos. Foto milik Murtiyarini
Agak repot memang harus membawa anak-anak tapi saya menikmatinya, kopdar membawa keluarga itu seperti menyelam sambil minum air.
Me time nya dapat, waktu untuk keluarga  tidak hilang.  Jadi biasanya, saat saya asik ngobrol/kopdar sama teman-teman, anak-anak di jaga suami main di play ground mall. Kebanyakan tempat kopdar yang selama ini saya hadiri memang mall dan atau cafe dekat mall. Alasannya akses mudah, pilihan tempat makan beragam (sesi kopdar biasanya diakhiri atau diawali dengan maksi hehe) dan untuk orang yang sudah berkeluarga seperti saya pilihan di mall keuntungannya, ada tempat tepat untuk anak-anak menunggu tanpa rasa bosan.
kopdar bersama kelompok emak2 blogger (KEB)
foto milik mak Dey KEB
Tapi saya pernah juga kopdar di tempat selain mall dan ternyata seru, yaitu di TMII dan ballroom hotel berbintang.

Kopdar di TMII
Sekitar setahun lalu saya kopdar di tempat TMII, bukan kopdar murni sebenarnya, tapi undangan komunitas blogger reporter dari sebuah brand dalam rangka peluncuran produk barunya. Pertama kali ngerasain kopdar bersponsor; gratis dapat maksi, snack dan bertabur hadiah. Yang lebih penting boleh bawa anggota keluarga.

blogger reporter di TMII
foto milik blogger reporter
Selain asik dan seru kopdar di TMII jadi tempat ajang edukasi untuk saya sendiri dan si kecil. Walaupun awalnya sempat khawatir. Bawa anak ke musiem Indonesia yang isinya beragam artepak dan manikem dengan beragam baju daerah, apa si kecil gak akan bosan? 

Tapi ternyata dugaan saya keliru. Si kecil kami, Azka Zahra (5y3m) malah tertarik dan antusias. Bertanya ini itu dan mendengarkan penjelasan kami dengan serius.

kopdar bawa keluarga
Bisa dibilang ini jadi terapi ‘shock kultur’ yang kerap Azka alami jika berlibur ke rumah neneknya di Bandung di mana semua penghuni rumah dan tetangga  berbahasa sunda, bahasa yang tidak didengarnya selama di rumah. Atau saat Azka mengunjungi kerabat Papanya di Jakarta yang berbicara dengan bahasa, intonasi  dan logat yang lagi-lagi membuatnya bertanya,”Kenapa ngomongnya begitu? Bahasa Inggris bukan, Ma?” keluarga Papanya orang padang. Azka terheran-heran juga mendengarkan utinya (neneknya, ibu saya) berbicara dalam bahasa Jawa. Di TMII Azka melihat akar budaya yang melahirkan dan membesarkan papa, mama dan melahirkan dirinya.

Kopdar seru tak sekedar bertemu dan say hai, saya dapat banyak inspirasi dari teman-teman yang baru saya temui secara langsung, si kecil pun dapat ilmu berharga. Begitupun Papanya, belajar sabar ‘ngasuh’ anak heeh

Kopdar di Hotel
Kopdar di ballroom hotel berbintang? Pernah donk, tepatnya di ballroom hotel  Ritz Carlton Jakarta. Berawal dari sebuah kontes menulis yang adakan sebuah tabloid wanita dan pabrikan farmasi. Dari 50 peserta yang diundang pada puncak acara yaitu pengumuman pemenang plus workshop, 7 diantara peserta adalah teman-teman saya di dunia maya. Sesama mama yang suka ngeblog, suka menuliskan hal-hal bertema parenting dan keseharian anak-anak.

kopdar 'bersponsor' emang paling asik 
Secara gak langsung jadi ajang kopdar buat kami. Walaupun di event lomba ini saya tidak jadi pemenang tapi happy dan bawa pulang banyak goody bag.

Ide Tempat Kopdar Seru di Jakarta selain Mall
Perpustakaan
Jakarta punya beberapa tempat perpustakaan keren nah kenapa tidak coba kopdar di sana. Tapi karena tempatnya khusus tentunya kopdarnya akan lebih baik jika berbarengan mengadakan acara yang sesuai misal, launching, diskusi atau bedah buku.
Si kecil  tentu bisa tetap  diajak, jika perpustkaan tidak menyediakan buku anak, mama  dan papa membawanya dari rumah.
Berikut beberapa perpustakaan nyaman di Jakarta, foto saya ambil dari google*

reading room
sumber foto tripadvisor.com
freedom institute
Taman Kota
Seru juga lho kopdar di taman kota Jakarta ; menggelar tiker, buka bekal dan sharing.


sumber foto okezone.com
Di Ragunan
Menurut saya tempat wisata yang gak ada matinya kebun binatang hehe apalagi buat keluarga. Nah, kenapa gak coba kopdar di Ragunan. Tentu saja sambil maksi, bawa bekal dan menggelar tikar lebih seru, paling dikatain orang ndeso hahaha

ragunan. sumber foto tripadvisor.com

Menurut saya kopdar seru itu bisa dimanapun terlebih jika ada sponsor haha dan tempatnya memberi nilai lebih seperti edukatif selain menghibur pada semua peserta kopdar.

Yuk, kopdar....


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Ulang Tahun Ke 5 Kopdar Jakarta





14 komentar:

  1. Kopdar seru ya...sayang aku sering melewatkannya *

    BalasHapus
  2. Semoga kita nantinya bisa kopdr ya mbak.
    Kopdar blogger itu adalah pengukuhan keakraban. dan di detik pertama bertemu, biasanya sudah tahu apa yang harus dikatakan karena berasa sudah sangat mengenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin mba susi, ayo kapan ke jakarta....eh saya kapan ke jateng ya heheh

      Hapus
  3. Balasan
    1. iya kapan nich mba lidya kita kopdar...

      Hapus
  4. Mau dong kopdar sama Mbak Rina :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mau kopdar sama mba esti, sekalian tukar pinjam buku ya heheh

      Hapus
  5. Banyaaak yaa tempat yg bisa dijadiin tempat kopdar.. :D
    asik asik lg tempatnyaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang belum kesampaian kodar di perpustakaan yang saya sebutin di atas...n pengen

      Hapus
  6. Ma Rina, yuk kopdaran lagi yuk ^^ Mak Asti, mak Esti aku juga ingin kopdaran denganmu, biar kenal langsung ga cuma colak-colekan di dumay ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo sekalian ajarin saya bikinin bento heheh

      Hapus
  7. Tapi sebenarnya lebih menyenangkan kopdar tanpa sponsor sih, ga terikat acara :))

    BalasHapus
  8. Sama ni Mak, aku bisa kopdar kalau bisa bawa suami & anak, seperti yang di Plaza Semanggi itu. Sepaket dibawa semua, hehe..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...