Senin, 13 Mei 2013

Menjadi Srikandi


Pemilihan dan Penganugrahan Srikandi Blogger yang diadakan komunitas Kelompok Emak-Emak Blogger baru usai. Tepatnya tanggal 28 april 2013, di Gedung F Kemendiknas, Jl. Sudirman Jakarta.  Acara ini disponsori oleh Acer Indonesia, ditergen Rinso, dan kosmetik Wardah. Namun sayang saya tidak bisa hadir di acara ini karena keperluan keluarga yang urgent dan mendadak.


Duduk di tengah berbaju biru adalah srikandi KEB, Mira Sahid


Sebuah event untuk memilih perempuan blogger yang inspiratif dan menginspirasi. Walaupun saya tidak terlalu tahu dengan tepat kriteria panitia dalam memilih Srikandi Blogger tapi saya melihat Srikandi Blogger terpilih mempresentasikan ratusan mungkin ribuan blogger perempuan lain, mampu meluangkan waktu untuk menuliskan gagasan dan idenya di tengah kesibukannya yang multiperan. Sebagai seorang mama, istri, dan pekerja. Seperti halnya pemilihan nama Srikandi, yang diambil dari seorang tokoh pewayangan dalam kisah Mahabrata, Srikandi adalah seorang perempuan namun bisa melakukan banyak hal termasuk yang biasanya dilakukan laki-laki. Dan dalam kisah Mahabrata dia adalah seorang pahlawan. 

Acer Srikandi Blogger diraih oleh Alaika Abdullah, seorang working mom blognya bisa diintip di sini.  Acer Srikandi Persahabatan diraih oleh Myra Anastasia, seorang mama dari sepasang anak yang lebih suka menyimpan kenangannya di sini. Acer Srikandi Favorit diraih oleh Anazkia seorang working women jejaknya bisa dilihat di anazkia.

Blogger inspiratif oleh Haya Aliya Zaki, seorang editor lepas, mama dari tiga anak, penulis lepas dan dosen. Berbagi inspirasinya di sini . Blogger Life Time Achievement yang memang layak disandang oleh Yati Rachmat, karena mungkin beliaulah satu-satu blogger perempuan dengan usia tertua di Indonesia. Tulisan bunda kita ini bisa dilihat di sini.

Kelimanya memperlihatkan bahwa tidak alasan untuk seorang perempuan bisa berbuat lebih. Terlebih saat ini akses teknologi semakin terjangkau harganya. Bandingkan dengan 5 atau 6 tahun lalu, saat harga sebuah komputer apalagi laptop mahal begitupun akses internet. Kini, bahkan sebuah tablet  dengan kualitas dan spesifikasi baik, Acer Iconia B1 bisa di dapat dengan harga.  Tablet yang dikeluarkan Acer. 

Srikandi Blogger 2013 terpilih

Kemajuan teknologi pun menghapus sekat  ruang dan waktu, sehingga para perempuan kini mampu berkolaborasi dan mengaktualisasikan ide, gagasan dan berkolaborasi tanpa melepaskan peran utamanya bahkan tanpa harus beranjak dari depan meja komputer atau tablet dalam genggaman. Platfom blog hanya salah satu caranya, dengan keuntungan jangkauan akses yang luas, murah dan cepat. 

Walaupun banyak perempuan blogger awalnya hanya sekedar menuliskan cerita keseharian, pendapat terhadap topik yang berkembang di masyarakat atau curhat, namun dari tulisan – tulisan itulah  tertuai hikmah dan kebijakan yang dapat menginspirasi orang lain. Yang membuat  menulis di blog bukan lagi sekedar eksistensi tapi kebutuhan, ruang untuk menuangkan gagasan dan ide yang sederhana tapi ternyata bisa menginpirasi orang lain.  

Salah satu alasan kenapa perempuan perlu ruang untuk mengaktualisasikan diri karena kemampuan multitasking mereka. Sebagai seorang ibu atau calon ibu yang kelak melahirkan agen-agen perubahan di setiap jaman. Peran yang menuntut para perempuan untuk pintar, bijak  dan meng up grade pengetahuannya sesuai perkembangan jaman karena merekalah sekolah pertama untuk anak-anaknya. Peran sebagai perempuan bekerja, yang menuntut untuk profesional. Kedua peran tersebut mengharuskan perempuan  mampu menuangkan ide dan gagasan positifnya. Dan dibutuhkan komunitas untuk saling berbagi dan mendukung karena ide dan gagasan tidak bisa berjalan sendirian. 

Saya hanya masuk sebagai 50 unggulan lalu kandas di putaran sepuluh besar dan tidak sempat hadir di acara penganugrahannya, sebagai bagian dari komunitas emak-emak blogger dan calon unggulan 50 Srikandi Blogger, saya bangga.  

Ajang Srikandi Blogger sebagai bentuk apresiasi terhadap aktualisasi perempuan di era digital bagi saya adalah bentuk motivasi agar semua perempuan mampu berbuat lebih, berdaya dan menularkan energi positif. Menjadi  srikandi untuk dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya. 

Saya srikandi begitu juga anda para perempuan di manapun berada

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Srikandi Blogger 2013

11 komentar:

  1. Semoga makin banyak agi srikandi yang muncul ya didunia blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin banyak dan bermanfaat :)

      Hapus
  2. sama2 srikandi yang terus mengasah kemampuan ya mbak. Sukses buat lombanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin. semoga kita menang ya...:)

      Hapus
  3. tahun depan dicoba lagi mak...semoga menang :)

    BalasHapus
  4. KEB memang memberikan ruang untuk para ibu-ibu yang dikenal dengan panggilan emak menjadi wanita yang mampu mengaktualisasikan diri, hidup para srikandi

    BalasHapus
  5. Setuju mak.. Kita smua adalah srikandi blogger.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena perempuanitu multitasking dan multitalenta

      Hapus
  6. Selamat malam. Jury visit. Semoga sukses Mak :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...