Selasa, 23 April 2013

Soneta XVII


Puisi ini saya ‘temukan’ sekitar 10 tahun lalu dan menyalinnya di sebuah buku dan buku itu hilang entah kemana. Beberapa waktu lalu saya sempat mencari-cari puisi ini via googling , tapi tak ketemu....lalu tanpa di duga, sekitar dua minggu lalu  seorang teman menuliskan ini sebagai statusya di fb. Duh, senangnya...thank u ya, Wid.

aku mencintaimu tanpa tahu mengapa, atau kapan, atau darimana
aku mencintaimu lurus, tanpa macam-macam tanpa kebanggaan;
demikianlah aku mencintaimu karena aku tak tahu cara lainnya

beginilah: dimana aku tiada, juga kau,
begitu dekat sehingga tanganmu di dadaku adalah tanganku,
begitu dekat sehingga ketika matamu terpejam akupun jatuh tertidur.

(Soneta XVII – Pablo Neruda)


Pablo Neruda adalah nama samaran dari penulis Chilli Ricardo Eliecer Neftalí Reyes Basoalto yang lahir di Parral, sebuah kota sekitar 300 km di selatan Santiago, Chilli, 12 juni 1904 dan meninggal 23 september 1973 pada umur 69 tahun.


Neruda yang dianggap sebagai salah satu penyair terbesar pada abda ke -20 dan  seorang penulis yang produktif. Tulisan-tulisannya merentang dari puisi-puisi cinta yang erotik, puisi surealis, epos sejarah, puisi politik, hingga puisi-puisi tentang hal-hal yang biasa, seperti alam dan laut. Pada   1971, Neruda dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Sastra.

Neruda terkenal karena keyakinan politiknya. Sebagai seorang komunis yang vokal, ia pernah sebentar menjadi senator untuk Partai Komunis Chili di Kongres Chili sebelum terpaksa mengasingkan diri.

Nama samaran Neruda diambil dari nama penulis dan penyair   Ceko, Jan Neruda, belakangan nama ini menjadi nama resminya.

6 komentar:

  1. Puisinya..... cocok banget denganku yang sederhana saja.

    BalasHapus
  2. Neruda, ones of my fav writer :)

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah baca karya Neruda. Makasih udah sharing ya mbak :)

    BalasHapus
  4. Aku ĵµƍα baru tahu ini tentang neruda. Puisi terjemahan dong ya mbak yg aslinya gimana ya? Bagus ĵµƍα dong.atau lebih bagus ya. Makasih infonya mbak :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...