Rabu, 25 April 2012

Tulisan di Tolak, di Buang Sayang....


Bagi saya menerima email penolakan atas tulisan yang saya kirim itu biasa yang luar biasa ya dimuat heheh. Tapi masih mending menerima surat penolakan, lebih seringnya tanpa kabar walaupun sudah kita email menanyakan kemungkinan dimuat atau tidak. Ada juga penolakan secara halus, ‘....tunggu 4 bulan untuk mengetahui kabar dimuat atau tidaknya tulisan’. Tapi tunggu punya tunggu sampai lebih dari 4 bulan tidak ada kabar berita.
Atau jawaban seperti ini; ‘naskah di tampung, kami belum memiliki rencana kapan dimuatnya’. Kalau ini jawaban yang menggantungkan harapan. Jadi berharap-harap cemas.

Sempat menyerah untuk kirim tulisan ke media tapi sayang kalau hanya numpuk di file laptop atau mejeng di blog. Jadi ya nothing to lose lah kalau kirim ke media.

Banyaknya tolakan membuat saya belajar banyak, salah satunya, tidak selalu tulisan yang ditolak karena tulisan kita jelek. Bisa jadi tulisan yang kita buat tidak sesuai dengan segmen pembaca media yang kita kirim. Tulisan yang sesuai dengan segmen pembaca media yang kita sasar, dari segi thema dan gaya  bahasa punya lebih besar peluang untuk dimuat, artinya ditolak satu media belum tentu di tolak media lain. 

Yang saya lakukan kalau tulisan saya ditolak, dibaca ulang dan direvisi, lalu dicoba kirim ke media lain, media non komersil (tanpa honor) adalah alternatif terakhir –ketahuan dech matrenya hehehe.

Salah satu contohnya cerpen saya yang dimuat di majalah Noor bulan April ini adalah naskah yang ditolak media lain.



So, keep writing  dan nikmati manisnya honor :D

11 komentar:

  1. Wah selamat ya mbak.... jadi iri :-( nasehatnya tepat banget buat aku saat ini, karena aku baru dapat penolakan cerpen yang aku kirim, awalnya mau tak diemin... sekarang jadi pingin direvisi :)

    Sekali lagi selamat mbak :) :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank u ...ayo revisi dan kirim ke majalah lain...semangat!

      Hapus
  2. blog emang media yang gak bakalan nolak menampung dan menayangkan tulisan pemiliknya hehehe..

    BalasHapus
  3. pengeeeeeennnn bgt bisa kyk gitu.. Cuma kyknya hrs siap mental juga ya.. Soalnya suka langsung patah semangat kl di tolak.. Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat mba...tepat hari ini sy menerima surat tolakan lagi hehehe

      Hapus
  4. selamat ya mba...itu aja udah top loooh hehehe
    jgn patah semangat ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah gak patah semangat..hehehe

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...