Senin, 30 April 2012

Oleh-oleh Workshop dan Kompetisi Menulis Gado-Gado Femina

Sabtu tgl 21 April 2012 lalu saya berkesempatan memenangkan sayembara yang hadiahnya ikut workshop dan kompetisi menulis rubrik gado-gado yang diadakan majalah Femina.

Pembaca Femina tentu tahu rabrik yang satu ini. Rubrik yang walaupun hanya satu halaman tapi punya tempat tersendiri di hati pembacanya. Termasuk saya yang tidak pernah melewatkan membaca rubrik ini. Karena sering membaca sayapun mencoba mengirimkan tulisan untuk rubrik ini tapi tidak pernah tembus untuk dimuat, padahal tidak sekali dua kali saya mengirim, mungkin ada sepuluh atau malah lebih.
Padahal menurut saya tulisan saya lumayan lucu walaupun nggak bikin ngakak. Tapi itu jelas penilaian subjektif. Setelah ikut worshop ini jadi tahu, kenapa tulisan saya tidak dimuat hehehe.

Workshop ini dipandu langsung oleh mba Angela H. Wahyuningsih redaktur eksekutif Femina.
Ini dia bocorannya;
1.       Cari dan memilih topik
a.       Fakta dan buka rekaan
b.      Menarik, jenaka dan mengandung humor tapi juga menyentuh perasaan
c.       Inspirasi, diri sendiri, orang terdekat, orang lain
d.      Sumber topik, pengalaman sendiri, perjalanan, obrolan dengan orang lain, persoalan aktual dan hangat di masyarakat dan lain-lain.
2.       Buat Outline
a.       Susun alur untuk pembuka, isi, penutup
b.      Pilih pola; puncak cerita di depan atau di belakang
3.       Membuat judul
Singkat, eye catchy dan menggambarkan isi tulisan
Contoh ; Pengantin Baru , tentang kaku dan kagok malam pertama
4.       Membuat Cathcer
Terpenting kedua setelah judul, untuk menarik pembaca menyelesaikan membaca keseluruhan artikel.
Contoh; ‘Sambil antre aku sibuk menilai orang; melihat wanita muda hamil; karena kawin muda, perjodohan atau...?”
5.       Menulis Cerita
Maksimal 1.5 halaman 1 spasi, arial 12 karakter no space 4300.
Satu paragrap maksimal 3 kalimat . satu kalimat 15 kata, maksimal
Tidak ada sub judul.
Jaga alur sambung menyambung antar paragraf
Sisipkan kata ekspresi; duh! Dsb perkuat deskripsi.

Selain rubrik gado-gado Femina menerima cerpen, cerber dan oleh-oleh (perjalanan atau wisata) dari pembacanya.  Soal honor, seperti di katakan mba Angela, honor grup Femina lebih tinggi diantara media serupa. Saya percaya karena pernah merasakannya J
Selamat mencoba menulis.

13 komentar:

  1. Wah, infonya menaris sekali, mbak. TFS ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba menulis mbak susi...

      Hapus
  2. betul mba Rina, rubrik ini memang menarik. Makasih infonya ya.. mau belajar menulis ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak....saya jug abaru mau mulai menulis lagi...

      Hapus
  3. wah keren acaranya mba...

    jadi dapet ilmu beru...
    kalo ada di Bandung aku pengen ikutan deh :)

    aku gak bisa masukin akun aku yang detik nih mba..
    http://erryandriyati.blogdetik.com/

    BalasHapus
  4. makasih byk ya udh berbagi bocoran.. infonya menarik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama...ayo semangat nulis...heheh

      Hapus
  5. Wow .. info yang menarik mbak. Saya izin save yah :)

    BalasHapus
  6. silahkan mba....n jangan lupa kirim tulisan ke gado-gado heheh

    BalasHapus
  7. wah..saya juga beberapa kali ngirim gado-gado.tp nggak pernah tembus. makasih infonya. BErguna banget nih..Thanks ya, Mbak..

    BalasHapus
  8. Menemukan ini ketika aku googling. Manfaat Rina.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...